Coba pikirkan, apa yang dimaksud dengan budaya? Budaya dapat dikatakan suatu hal yang memiliki kesan seni, dan bernilai. Budaya juga dapat dikatakan suatu kebiasaan positif yan dilakukan oleh sebuah kelompok masyarakat. Jadi, apa sebenarnya budaya itu?

Kalau ditinjau dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, budaya adalah 1pikiran; akal budi, 2adat istiadat, 3sesuatu mengenai kebudayaan yang sudah berkembang (beradab, maju), dan 4sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan yang sudah sukar diubah. Menurut  kamu, apakah Indonesia punya budaya? Ya, Indonesia yang kaya akan suku memiliki budaya yang beragam. Coba kamu pikirkan satu budaya yang ada di lingkunganmu dan telah kamu kembangkan!

Apakah budaya harus dikembangkan dan dilestarikan? Ya, harus. Hal ini cukup sulit, tidak semudah membalik telapak tangan. Tapi, hal ini sangat penting dan harus kamu lakukan, apalagi kita adalah generasi muda penerus bangsa. Budaya yang ada di Indonesia adalah hal kecil yang sangat penting. Kelihatannya kecil, namun keberagaman Indonesia membuat budaya sangat  kompleks.

Mengapa budaya harus dikembangkan dan dilestarikan? Karena, setelah kita tidak hidup di dunia ini, ketahuilah bahwa masih ada generasi lain yang menduduki Indonesia. Nah, kita harus melestarikan budaya agar budaya Indonesia tidak punah. Bayangkan bila kepunahan budaya ini, dapat membuat budaya Indonesia diakui oleh negara lain karena dirasa tidak ada negara yang mematenkannya.

Budaya adalah data diri suatu negara. Ibarat diri kamu bila tidak memiliki hobi atau keistimewaan diri kamu yang unik dan hal tersebut terasa kurang lengkap [terasa afdol]. Selain itu, coba bayangkan siapa yang dapat memiliki niat untuk ingin tahu dan ingin melestarikan budaya Indonesia kalau bukan orang Indonesia itu sendiri.

Orang negara lain tentu melestarikan budaya negaranya sendiri. Maka dari itu, kita yang adalah orang Indonesia harus mempertahankan dan melestarikan budaya Indonesia.

Lalu, bagaimana cara mengembangkan dan melestarikan budaya? Banyak sekali caranya. Mulai dari yang sederhana atau simple saja. Misalkan, saat  mempelajari pelajaran budaya di daerah setempat, maka kita harus memperhatikan dengan baik setiap isi pelajaran tersebut sehingga, setidaknya kita tahu sedikit mengenai budaya daerah tersebut. Lalu, kita juga dapat bertanya atau mencari tahu setidaknya 1 budaya.

Cara ini cukup membosankan dan berkesan tidak penting. Namun, dapat kamu kemas dengan baik sehingga terlihat menarik. Ibarat suatu majalah yang terkesan membosankan namun dihias semenarik mungkin dan diberi bonus yang bagus akan menyita konsumen untuk mau membaca.

Sama halnya dengan cara ini, kamu bisa belajar tari tradisional dengan dikolaborasikan dengan tarian moderen. Atau coba membuat pattern atau pola batik dengan dicampur gambar tokoh atau karakter yang kamu sukai. Atau coba menyanyikan lagu tradisional dengan di-medley atau di-mashup dengan lagu modern.

Kamu juga dapat mendesain baju tradisional dengan style baju sekarang. Dan kamu bisa remix lagu tradisional dengan sambil memainkan alat musik tradisional. Pasti menarik!

Apa saja, ya contoh budaya Indonesia? Ada tari-tarian, lagu daerah, baju tradisional, jenis-jenis kain, alat musik tradisional, dan sebagainya. Dan apakah keuntungan dari melestarikan budaya Indonesia? Kamu dapat mengenal budaya Indonesia dan bila ada orang yang tidak tahu, dapat kamu ajarkan. Melestarikan budaya juga meningkatkan sifat toleransi kamu dalam menjadi masyarakat Indonesia.

Sebagai penutup, biarlah kita semakin mencintai budaya Indonesia dimulai dari daerah kita terlebih dahulu dan biarlah kita memiliki keinginan untuk mencoba dan mendalami budaya kita sendiri. “Budaya Indonesia: Budayamu, Budayaku, Budaya Kita Semua! Lestarikan Budaya Indonesia bersama. Kalau bukan kita, siapa lagi?”