Ketika memasuki dunia perkuliahan, para mahasiswa pasti memiliki jadwal yang cukup padat. Entah karena mengikuti banyak kegiatan organisasi kampus ataupun memang karena full dengan jadwal kuliah. Akan tetapi hal tersebut tidak menghalangi mahasiswa untuk melakukan kerja part time.

Para mahasiswa pasti tidak merasa asing dengan istilah kerja part time. Kerja part time dapat disebut juga dengan kerja paruh waktu. Kerja part time dapat diartikan dengan kerja yang dilakukan tidak sepenuhnya dari pagi hingga sore hari. Biasanya kerja part time ini dilakukan dengan tujuan untuk menambah pendapatan.

Kerja part time tidak dilakukan setiap hari layaknya pekerja tetap. Namun, hanya dilakukan sesuai dengan job yang tersedia. Beberapa jenis dari kerja part time juga tidak mewajibkan para pekerjanya untuk datang secara langsung ke tempat kerja melainkan bisa secara online.

Manfaat Yang Kita Dapatkan Dengan Melakukan Kerja Part Time

1. Menambah penghasilan

Dalam menempuh pendidikan pasti ada saja keperluan yang mengharuskan kita untuk mengeluarkan uang. Dengan melakukan kerja part time kita sudah memiliki penghasilan sendiri. Walaupun penghasilan yang didapat tidak dalam jumlah yang besar. Namun, penghasilan tersebut dapat menambah uang saku bulanan terutama bagi mahasiswa yang merantau. Sehingga kita bisa membayar beberapa keperluan selama berkuliah dengan uang hasil kerja part time.

2. Belajar mengenai hal baru

Selain menambah penghasilan, melakukan kerja part time bisa membuat kita belajar mengenai hal-hal baru. Rutinitas harian mahasiswa biasanya hanya belajar pada bidang akademik. Dengan kerja part time kita bisa belajar hal-hal yang belum pernah kita lakukan sebelumnya. Seperti, kita menjadi tahu mengenai dunia kerja, bagaimana rasanya memiliki seorang atasan, bagaimana kita harus melakukan komunikasi dengan rekan senior  maupun atasan. Dimana hal-hal tersebut tidak kita dapatkan di kampus.

3. Belajar memanajemen waktu

Saat ini pasti masih banyak mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam manajemen waktu. Ketika kita kerja part time mau tidak mau kita harus bisa mengatur waktu dengan baik. Apabila kita tidak mampu melakukannya maka semuanya akan menjadi kacau. Dan hal tersebut menyebabkan aktivitas utama kita akan terganggu.

4. Dapat melatih skill 

Selanjutnya ada melatih skill yang kita miliki. Di saat kita melakukan kerja part time  dibidang yang kita gemari. Ini akan membantu kita dalam melatih skill yang sudah dimiliki. Sehingga terjadi peningkatan skill yang bisa dimanfaatkan untuk ke depannya. Selain mengasah skill yang terpendam kita juga bisa mendapatkan skill baru.

5. Networking

Membangun sebuah jaringan sangat diperlukan oleh mahasiswa. Dengan bekerja part time kita akan memiliki banyak kenalan. Ketika kita mengenal banyak orang dengan latar belakang dan usia yang berbeda. Maka semakin luas koneksi yang kita miliki, hal ini akan meningkatkan kesempatan yang kita miliki.

Jenis Kerja Part Time Yang Sesuai Untuk Mahasiswa

Sebelum menentukan untuk melamar pekerjaan, tentu kita harus mencari pekerjaan yang sesuai dengan jurusan yang kita ambil. Selain itu, pekerjaan tersebut harus sesuai passion yang kita miliki dan juga mampu untuk membuat kita berkembang. Di bawah ini terdapat beberapa jenis kerja part time yang bisa dilakukan oleh mahasiswa, misalnya:

1. Barista

Sekarang sangat banyak terdapat kafe, Coffe Shop, dan restoran diberbagai daerah. Dengan begitu lowongan pekerjaan sebagai peracik kopi banyak tersedia. Biasanya pekerjaan ini terbagi menjadi beberapa shift, dengan begitu kita dapat menyesuaikan sesuai dengan jadwal kuliah kita.

2. Penerjemah

Saat ini sudah banyak tersedia lowongan pekerjaan penerjemah yang bisa dilakukan secara freelance. Pekerjaan penerjemah hanya memerlukan laptop atau komputer, jaringan internet, serta kemampuan berbahasa asing untuk menerjemahkan. Penerjemah dapat berupa penerjemah film dan penerjemah buku atau novel.

3. Online Shop Admin 

Selanjutnya ada online shop admin. Bagi kalian yang rajin bermain sosial media, kita bisa memanfaatkannya agar bisa menghasilkan uang. Dengan menjadi online shop admin kita harus bisa mengasah kemampuan untuk melakukan interaksi yang baik terhadap customer. Dengan begitu kita telah memanfaatkan hobby kita dengan baik.

4. Guru les

Untuk kalian yang memiliki ketertarikan didunia mengajar, kalian bisa melakukan pekerjaan ini. Dengan memanfaatkan ilmu yang telah didapat selama bersekolah kita dapat membuka jasa les privat ataupun bergabung dengan bimbel. Dengan begitu kita dapat menjual jasa kita, dan bisa menarik tarif sesuai yang kita mau.

Tips Mengatur Waktu Antara Kuliah Dengan Kerja 

1. Mampu memanajemen waktu dengan baik

Ketika kita telah memutuskan untuk bekerja meskipun masih menyandang status sebagai seorang mahasiswa. Maka kita harus sanggup untuk mengorbankan beberapa hal. Seperti: mengurangi waktu untuk bermain dengan teman, menonton drama, bermain game, ataupun bermalas-malasan.

Kita harus memanfaatkan waktu kita dengan baik untuk menyelesaikan semua tugas kuliah sebelum bekerja. Jangan sampai kita menunda mengerjakan tugas karena melakukan sesuatu yang tidak penting. Kita harus memastikan jadwal kuliah tidak bersamaan dengan jadwal bekerja. Oleh karena itu, usahakan mencari pekerjaan yang menggunakan sistem shiff.

2. Mempertimbangkan jarak tempat bekerja dengan rumah dan kampus

Pastikan lokasi tempat kita bekerja tidak terlalu jauh dari tempat kampus maupun lokasi tempat tinggal. Lokasi kerja yang jauh akan menguras banyak energi dan menghabiskan waktu hanya untuk perjalanan saja. Dengan lokasi yang tidak terlalu jauh kita bisa menghemat biaya transportasi dan memudahkan kita untuk bolak-balik ke kampus ataupun rumah apabila ada kepentingan yang mendadak.

3. Menjalani kuliah dan kerja dengan sebaik mungkin

Kita harus mampu fokus dalam melakukan kuliah. Jangan sampai karena kita melakukan kerja part time justru kuliah kita menjadi terganggu. Tunjukkan bahwa kita tetap bisa berprestasi. Begitu pula saat kita sedang bekerja. Kita harus bisa membuktikan bahwa walaupun di tengah sibuknya berkuliah kita tetap mampu mengerjakan perkerjaan dengan sebaik mungkin.

Nah, itu tadi informasi mengenai kerja part time yang bisa dilakukan meskipun masih berkuliahJangan takut untuk mencoba  memulai bekerja meskipun masih berkuliah. Percayalah bahwa segala proses pasti akan memberikan hasil yang baik dikemudian hari.  Apabila kita mampu menerapkan strategi yang tepat dan memilih pekerjaan yang sesuai, maka semua akan berjalan dengan baik.

Pengalaman dan juga pendidikan yang kita dapat akan menjadi persiapan yang baik untuk masa depan. Meskipun jalan yang akan dilalui tidaklah mudah, jangan berpikiran untuk menyerah di tengah jalan. Kita pasti bisa mencapai impian kita apabila mau belajar dengan sepenuh hati.