Tidur buat sebagian orang adalah aktivitas jemu yang hanya buang-buang waktu. Tidak sedikit juga yang yakin dan percaya kalau semakin sedikit waktu untuk tidur, semakin banyak waktu untu bekerja, yang artinya hidup makin produktif! Hidup di era modern ini, tidur teratur menjadi tantangan tersendiri. Coba liat saja, betapa banyak yang mengalami insomnia padahal usianya masih amat belia.

Yang terparah adalah waktu tidur yang terganggu ini disebabkan oleh kecanduan gawai! Iya, niatnya cuman nonton 1 video saja, tetapi keterusan sampai berjam-jam. Awalnya berniat hanya kirim dm saja ke teman eh berakhir scroll terus ke bawah hingga berlarut-larut. Ayo, mengaku mengaku siapa yang seperti ini? Belum lagi yang terparah adalah marathon nonton film sampai subuh. Puas sih emang, seneng, tapi coba liat, paginya dijamin enggak fit dan bugar!

Sadar enggak sih, kebiasan tidur berantakan seperti ini bisa berakibat buruk pada hidup kita! Hidup lho guys, bukan sekedar cuman kesehatan belaka! Efek buruk dari less sleep ini  antara lain membuat tubuh tidak sehat bugar, kelihatan cepat tua, otak jadi makin lemot dan letoy juga. Jadi alih-alih begadang nonton berbagai video tutorial biar makin cerdas, eh malah otak kita jadi melambat!

Bukankah Allah SWT menciptakan malam hari untuk beristirahat? Karena itu cobalah untuk hidup sesuai dengan aturan Sang Maha Pencipta. Kalo malam, ya tidur. Terus bangun pagi, jangan lupa mengucap syukur dulu pada Yang Maha Kuasa sebelum memulai aktivitasmu, bekerja dan berkaryalah dengan optimal pada siang hari.

Jadi kalau kalian ingin hidup lebih happy, energik, dan produktif, yuk mulai benahi waktu tidur.

Life Tips untuk Meningkatkan Kualitas Tidur.

Tidur cukup berasosiasi erat dengan tidur yang berkualitas. Orang dewasa bisa  tidur dengan berkualitas dengan 4-7 jam tidur sehari. Kalau kalian masih remaja usia 15 hingga 25 tahun tidur 8 jam sehari juga sangat membantu mengoptimalkan tumbuh kembang kalian. Thomas Alva Edison, selalu menyempatkan tidur beberapa jam saat siang dan tidur cepat saat malam untuk meningkatkan kreativitasnya dan daya imajinasinya lho. Jadi kalau kalian mau kreatif dan produktif coba amalkan life tips berikut:

  • 1. Jauhkan gadget paling tidak sejam sebelum tidur!

Perhatikan screen time kalian yah, saat mau tidur sudahi penggunaan gadget kalian. Taruh jauh-jauh dari tempat tidur. Minimal taruh di meja jangan dibawah bantal! Gadget ini bisa sangat candu dan membuat pola tidur kita berantakan. Sudahi stalking mantan atau teman di media social. Sudahi marathon nonton drakor atau Netflix tengah malam. Pokoknya keep your gadget away at least an hour before you go to bed. Kalau perlu matiin aja. Shut down! Kalian juga bisa mencoba mengisi waktu sebelum tidur dengan membersihkan diri, menulis jurnal, atau berdoa bersyukur pada Sang Pencipta atas segala berkah yang diterima pada hari itu.

  • 2. Tetapkan waktu tidur secara rutin

Coba untuk mengatur jadwal tidur yang lebih regular. Paling tidak jangan tidur melewati tengah malam. Lebih cepat lebih baik. Buat yang muslim nih, Rasulullah SAW mencontohnya beristirahat selepas waktu isya dan bangun lebih pagi sebelum matahari terbit. Yah paling tidak cobalah untuk mendekati sunnah tersebut, kalau bisa tidur jam 8 atau 9 malam, lalu hitung berapa jam yang kamu butuhkan untuk istirahat, dan katakan ke dirimu sendiri untuk bangun pada waktu tertentu. Kamu juga bisa pake alarm dari HP yang di taruh jauh dari tempat tidurmu yah. Membangun waktu tidur yang rutin membantu tubuh kamu untuk lebih kuat dan bugar.

  • 3. Ciptakan suasana ruang tidur yang nyaman

Atur suhu ruangan, tingkat kebisingan, dan pencahayaan di ruang tidur agar tidurmu benar-benar optimal. Jika dikamar kalian ada AC, setting suhu kamar kalian di temperatur yang nyaman, sekitar 250 C atau sesuai dengan tingkat kenyamanan kamu aja. Pastikan ruang tidur kamu tidak berisik juga, dan atur pencahayaan yang redup biar terasa lebih rileks. Bisa juga pakai lampu tidur yang menenangkan. Beberapa orang juga memasang diffuser di kamar tidur mereka agar bisa mencium aroma terapi yang bisa buat tubuh, hati, dan otak kita jadi rileks. Nah, bisa banget nih di coba.

  • 4. Jangan mengkonsumsi Cafein dan Makanan Tinggi Gula sejak sore

Bagi pecinta kopi dan boba drink, udahlah puasa dulu dari jam 7 malam. Pokoknya no caffein after dinner. Jadikan ngopi dan ngeboba itu saat pagi atau siang hari. Menghindari cafein sebelum tidur membantu tubuh kita untuk lebih cepat rileks dan santai. Hindari makan dan minuman tinggi gula juga membantu meringankan beban tubuh untuk mendetoksifikasi racun dalam tubuh kita saat tidur.

  • Jika perlu mandi air hangat dan regangkan badan sejenak agar lebih rileks

Intinya adalah membersihkan diri sebelum mandi. Kalau memang udah mandi dua kali, kamu bisa merutinkan cuci tangan, cuci kaki, cuci muka sebelum tidur. Kalau mau lebih nyaman dengan air hangat, tetapi jika tidak pun tak masalah. Pastikan kamu mengganti baju dan membersihkan diri sebelum tidur, biar bobonya nyenyak dan nyaman.

  • 5. Atur tempat tidurmu dengan menarik, jangan lupa ambil selimut favoritmu!

Nah ini faktanya, ketika tempat tidur kita rapi bersih dan nyaman kita akan lebih tertarik untuk rebahan dan guling-guling dikasur, iya kan? Coba aja kalau tempat tidur berantakan, penuh dengan bekas makanan atau kertas-kertas pekerjaan berceceran, pasti rasanya mau tidur malah bete. Karena itu penting juga lho buat merapikan dan membersihkan tenpat tidur kita. Kalau mau lebih menarik, coba pasangkan sprei-sprei dengan tone warna atau gambar yang kita sukai. Sekarang kan banyak banget video tutorial dekorasi kamar low budget yang bisa bikin kamu kangen sama tempat tidurmu ?. Nah silakan dicoba deh.

Ingat guys, kalau tidur kita cukup dan berkualitas tidak cuman tubuh kita aja yang sehat, tetapi hati dan pikiran kita jadi ikutan riang gembira. Enggak gampang bete atau bad mood, lebih sabar, lebih percaya diri, dan yang paling disukai adalah membuat wajah kita lebih muda! Secara tidak ada kantong hitam dibawah mata, haha! Kulit jadi lebih kenyal juga. Otak jadi fresh dan smart pastinya. Tuh kan, ternyata tidur itu tidak se-sepele itu yah.

Tidur cukup dan berkualitas ternyata penting banget biar hidup makin yahut! Kalau kalian ketemu orang sering marah-marah atau gampang bete, coba cek, mungkin ada yang salah dalam rutinitas tidurnya. Jadi, hayuk, get a better sleep to lift our life ?