Baru baru ini mata uang kripto menjadi topik perbincangan banyak orang dan media yang membicarakan mata uang kripto dilarang memasuki beberapa negara.  Mulai dari berita yang baik hingga berita tentang mengenai kehancuran mata uang kripto tersebut.

Pergerakan harga tersebut dinilai melampaui jika dibandingkan dengan investasi lain seperti saham. Perdagangan saham memiliki pengaturan yang otomatis memberhentikan transaksi untuk sementara waktu. Dengan cara tersebut pun kemungkinan harga saham naik dan turun secara drastis bisa dihindari.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah meresmikan untuk mengharamkannya penggunaan mata uang kripto sebagai mata uang,  dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengharamkan mata uang kripto sebagai alat tukar atau transaksi jual-beli.

Dan ternyata bukan cuma hanya di negara Indonesia saja yang telah melarang dan membatasi penggunaan mata uang kripto sebagai alat tukar atau transaksi jual-beli. 

Beberapa negara lainnya juga sama dengan Indonesia dan telah memberlakukan aturan yang sama, bahkan melarang sepenuhnya kegiatan yang berkaitan dengan mata uang kripto.

Berikut beberapa negara yang melarang masuknya mata uang kripto:


1. China

Pemerintah China telah membatasi penggunaan mata uang kripto sejak tahun 2013 melalui berbagai tindakan pembatasan. Pada saat tersebut pembatasan baru dilakukan sebagian dan masih secara bertahap, belum menyeluruh.

Dan sampai pada akhirnya, pada September 2021, negara China telah resmi melarang penggunaan mata uang kripto. Padahal, negara China adalah salah satu negara dengan pasar kripto terbesar dunia.

Kegiatan traksaksi kripto telah ditetapkan sebagai aktivitas yang ilegal dan masih tidak diizinkan oleh pemerintahan China. Dampaknya, beberapa layanan penukaran uang tidak memberikan jalan akses layanannya untuk ke masyarakat China.  

Perwakilan dari Bank Rakyat China menyatakan, kripto bisa mengancam keamanan aset warga-warganya.

2. Algeria

Algeria mengharamkan seluruhnya kegiatan dan mata uang kripto pada tahun 2018 silam. Pemerintah Algeria telah membuat peraturan mengenai semua aktivitas yang telah berkaitan dengan "mata uang kripto" dan dilarang oleh negara Algeria.

Menurut pandangan pemerintah Algeria, mata uang yang disebut virtual ketika tidak bisa di support atau diganti dengan mata uang fisik atau dokumen, seperti cek, koin, atau kartu debit. Siapa pun yang melakukan atau melanggar aturan tersebut akan dituntut dengan undang-undang hukum keuangan di Algeria.

3. Vietnam 

Negara Vietnam berbeda dari beberapa negara sebelumnya seperti China dan Algeria, mata uang kripto hanya sebatas dibatasi di Vietnam.

Di Vietnam, aktivitas penambangan kripto dan penggunaan teknologi blockchain masih bercap legal di Vietnam.

Tapi untuk hal jenis seperti perdagangan atau aktivitas jual-beli yang menggunakan mata uang kripto, tidak diperbolehkan oleh negara tersebut. Belum diketahui alasan yang jelas mengapa pemerintahan Vietnam memberlakukan batasan tersebut. 

Beberapa perspektif menyebutkan bahwa alasan pemerintahan Vietnam memberlakukan batasan untuk mata uang kripto, karena mengikuti kebijakan dari pemerintahan China untuk menghindarkan mata uang yang tidak bisa dikontrol oleh pemerintah.

4. Rusia 

Pemerintahan Rusia tidak sepenuhnya melarang adanya mata uang kripto di negara nya. Hanya saja, ada beberapa peraturan yang digulirkan terkait mata uang kripto. Pada bulan Juli 2020 silam misalnya, Rusia memperbolehkan aturan pemajakan mata uang kripto.

Akan tetapi, penggunaan mata uang kripto sebagai metode transaksi pembayaran dilarang di Rusia.

Salah satu alasan yang disuarakan adalah, penggunaan mata uang kripto sebagai alat transaksi di Rusia dikata kan bisa mengganggu perputaran uang di negara tersebut. 

5. Bangladesh 

Saat ini, pemerintahan negara Bangladesh tidak mengizinkan adanya perdagangan mata uang kripto dikarenakan bertentangan dengan peraturan dan hukum keuangan di negara Bangladesh. 

Apalagi, menurut pemerintahan Bangladesh menilai penggunaan mata uang kripto tersebut memiliki risiko ekstrem dikarenakan tidak memiliki sifat sentralisasi. 

Sebagai itu lah mengenai pembayaran dan perdagangan mata uang kripto telah dilarang di Bangladesh. 

6. Mesir

Persoalan masalah di negara Mesir ini mirip dengan kasus di  Indonesia.  Kripto tidak sepenuhnya dilarang di negara Mesir. Melainkan hukum agama di sana melarang penggunaanya mata uang kripto. 

Parlemen Muslim di Mesir mengatakan bahwa keberadaannya mata uang kripto bisa mengancam keamanan nasional. Bisa jadi, ada sebagian pemerintah Mesir yang mendukung mata uang kripto. 

Namun menurut pandangan parlemen muslim di Rusia, pemerintah yang mendukung transaksi dan perdagangan mata uang kripto itulah yang justru bisa membahayakan ekonomi negara.

Meskipun adanya larangan untuk batasan mata uang kripto, hal tersebut tetap dilakukan warga Mesir untuk tidak menghentikan pembelian dan menggunakan mata uang kripto.

7. Turki 

Pada April 2020 lalu, pemerintah Turki melarang adanya penggunaan crypto currency sebagai alat transaksi dikarenakan dinilai berisiko tinggi untuk negara nya. 

Presiden Turki menyatakan bahwa dirinya ingin mengontrol kegiatan penggunaan mata uang kripto di negaranya tersebut dengan memberlakukan peraturan yang khusus.

Aturan tersebut saat ini masih dalam rencana dan belum diketahui jelas kapan undang undang itu akan di berlakukan di negara Turki.

Meskipun mata yang kripto memiliki hal negatif, mata uang kripto dinilai lebih menonjol ke hal positif. Seperti untuk investasi, transfer melalui kripto, transaksi antar negara, dll.

Mata uang kripto atau yang disebut crypto currency dinilai sebagai mata uang yang mendorong adanya kemajuan diteknologi. 


Referensi :

10 Negara yang melarang dan membatasi mata uang kripto https://tekno.kompas.com/read/2021/11/13/19030027/10-negara-yang-melarang-dan-membatasi-mata-uang-kripto 

Semakin banyak negara yang melarang uang kripto bitcoin, ethereum, degocoin, dll https://newssetup.kontan.co.id/news/semakin-banyak-negara-yang-melarang-uang-kripto-bitcoin-ethereum-degocoin-dll 

Ini Daftar Negara Dunia yang Menerima dan Menolak Bitcoin, Mana Saja?https://www.idxchannel.com/market-news/ini-daftar-negara-dunia-yang-menerima-dan-menolak-bitcoin-mana-saja