Programmer
1 tahun lalu · 521 view · 3 menit baca · Saintek 14649.jpg
bitcoinembassynl.nl

Masih Layakkah Membeli Bitcoin?

"Apakah bitcoin sedang bubble? Kapan akan pecah dan turun harga?"

Di antara sekian cryptocurrency yang saat ini beredar, (Ethereum, Litecoin, Stellar, Bitcoin Cash, etc) bitcoin adalah yang paling susah diketahui sedang bubble atau tidak dan ini adalah hal yang bagus. Ini adalah bentuk lain dari mengatakan: besar kemungkinan valuenya memang sebesar itu dan akan terus naik. Sesuai prediksi saya pada postingan facebook sebelumnya, pagi ini Bitcoin sudah menembus 42jt dan ada indikasi kuat masih akan terus naik dalam waktu singkat. Pergerakan dari angka 35juta hingga 42juta per satu bitcoin berlangsung kurang dari seminggu.

Pertanyaannya adalah, apakah layak bitcoin memang dihargai segitu? Apakah bitcoin sedang bubble? Let's go back to basic.

Harga selalu dipengaruhi oleh supply dan demand. Semakin tinggi permintaan dan semakin sedikit penawaran harga akan naik dan sebaliknya. Dan dalam setiap pasar, selalu ada dua pihak utama yang bermain didalamnya yakni pengguna yakni orang yang benar benar membutuhkan komoditas tersebut, satunya lagi adalah trader/spekulan. 

Semakin besar transaksi dilakukan oleh golongan pertama (pengguna) semakin stabil harganya dan semakin kebal dari 'gorengan' spekulan. Spekulan mengejar keuntungan dengan membeli pada saat harga rendah dan menjualnya saat harga tinggi. Spekulan kelas kakap dengan modal yang besar mampu menggerakkan harga sesuai keinginan. Menimbun komoditas sampai langka di pasaran dan harga naik, lalu dijual. Ini susah dilakukan jika golongan pertama ada dan jauh lebih kuat.

Di bitcoin, golongan pertama (pengguna) sangatlah besar. Jumlah merchant (pihak yang menerima bitcoin sebagai pembayaran) jauh lebih besar dari gabungan seluruh cryptocurrency lainnya. Artinya memang bitcoin memiliki kegunaan yang nyata, dan dibutuhkan orang untuk melakukan transaksi. Contohnya, bitcoin memungkinkan orang untuk melakukan pemindahan uang antar negara dengan cukup liquid, biaya transaksi rendah, dan jauh lebih cepat dari transfer antar bank. 

Tentu saja ibarat pedang bermata dua, bitcoin juga bisa digunakan untuk bertransaksi secara anonim dan sangat susah dilacak pihak berwenang. Bayangkan jika orang ingin menyimpan, mencuci atau memindahkan, uang hasil korupsi atau kejahatan dalam jumlah besar, dia akan membeli bitcoin dalam jumlah besar pula. Jadi kita tau, untuk keperluan legal atau ilegal, demand penggunaan bitcoin sangatlah besar. 

Masalahnya cuma satu, tidak semua orang paham cara menggunakan bitcoin untuk betransaksi, meskipun sebenarnya relatif mudah. Terlalu banyak istilah yang asing untuk mereka. Tapi makin lama makin banyak orang sadar potensi apa yang bisa dilakukan, cara menggunakannya dan akhirnya memutuskan untuk membeli bitcoin. Setiap hari selalu akan ada pengguna dan merchant baru. 

Inilah yang menyebabkan harga bitcoin terus naik sampai pada nilai yang secara praktis tidak terbatas mendekati total uang yang beredar diseluruh dunia, sementara jumlah bitcoin yang beredar di sirkulasi hingga saat ini hanya seputar 16juta bitcoin saja dengan total hanya akan ada 21 juta bitcoin nantinya.

Dari sini kita bisa menggunakannya sebagai indikator sederhana apakah sebuah cryptocurrency sedang undervalue atau overvalue. Jika anda menilai apakah suatu harga saham perusahaan memiliki nilai wajar, anda perlu melakukan analisa laporan keuangan mereka, mencari tau seluruh nilai aset mereka, pendapatan yang dihasilkan , prospek masa depan mereka, dan akhirnya membandingkannya dengan harga pasar saham pada saat ini. 

Dalam menilai cryptocurrency sebagai komoditas, ini bisa dilakukan dengan intuisi sederhana, meskupun tidak mungkin dilakukan prediksi nilai tepatnya. Caranya adalah dengan mencari tau siapa saja pengguna cryptocurrency tersebut, seberapa besar marketnya, dan potensi di kemudian hari.

Ethereum sebagai contoh. Pengguna ether sebagai sebuah currency adalah mereka yang terlibat dalam transaksi aplikasi yang didirikan diatas platform ethereum. Yang saat ini masih muda namun sejauh ini tidak memiliki kompetitor berarti. Ethereum adalah sebuah platform yang memungkinkan programmer untuk lebih mudah membuat aplikasi dengan tekhnologi blockchain tanpa harus memulai dari awal. 

Dalam transaksinya mereka diharuskan menggunakan ether, yakni semacam mata uang digital seperti bitcoin. Bagi pemula, cukup bandingkan dengan android. Android adalah platform yang memungkinkan orang membuat aplikasi mobile didalamnya dan untuk membeli aplikasi tersebut orang harus memiliki google kredit di playstore. Dari sini kita tau bahwa ethereum (yang diperdagangkan dengan kode ETH) memiliki real function dengan potensi ukuran pengguna yang cukup besar.

Cara yang sama bisa digunakan untuk melakukan estimasi apakah sebuah cryptocurrency sedang terjadi bubble. Ini untuk menghindari mereka yang rugi besar pada saat launching bitcoin cash (BCH) tempo hari karena tidak mampu memprediksi bubble.