Halo, mahasiswa rebahan. Gimana nih kabarnya? Hehe. Kali ini kita coba akan bahas mengenai masalah tersembunyi mahasiswa yang tidak disadari menghambat pengembangan potensi. kira-kira apa sih itu? Apa kalian masih ngalamin juga? Yaudah yuk kita bahas bersama.

Layar Mahasiswa

Menurut dari sumber dan pendapat beredar, mahasiswa bisa dikatakan sebagai penerus estafet dan tonggak harapan bangsa. Agak berat ya? Hehe. Karena pikiran, daya nalar, mental, dan fisik teruji saat mahasiswa. Selain memperluas wawasan, mahasiswa juga mempunyai tuntutan atas masa depannya saat lulus.

Tidak heran banyak mahasiswa berlomba-lomba menjadi pribadi unggul dan berintegritas saat di dunia perkuliahan. Mereka banyak mengisi kegiatan lain selain jam mata kuliah, seperti organisasi, kelas seminar, magang, dan lainnya. Tujuannya apa sih? tidak lain tidak bukan mengasah soft skill serta mengembangkan potensi.

Masalah Tersembunyi Mahasiswa

Yaps, Mahasiswa mengambil peranan penting bagi dirinya sendiri bahkan negeri. Mereka mengupayakan segala cara agar pengembangan potensi di perkuliahan dapat dimaksimalkan. Tetapi dibalik itu semua terdapat masalah tersembunyi yang dapat mengganggu pengembangan potensi pada individu mahasiswa. Berikut rangkumannya:

1. Kebingungan

Bukan hal baru ya? Tapi memang ini realitanya. Konteks kebingungan ini mengacu pada Output setelah lulus. Mengapa? Sebab masih banyak mahasiswa yang belum tau arah tujuan saat di perkuliahan selain kuliah itu sendiri. Padahal pengembangan potensi di perkuliahan sangatlah penting untuk mengasah soft skill dan eksplorasi jati diri.

Hal wajar bila mahasiswa baru mengalami kebingungan. Namun perlu hati-hati agar masalah tersebut tidak menjadikan diri pasif di perkuliahan. Karena daruratnya masalah ini menyebabkan banyak mahasiswa pasif dan tidak memaksimalkan potensi diri. Walaupun tidak jarang mahasiswa yang bingung justru mencari jati diri.

2. Insecure

Datang dari mana sih rasa Insecure mahasiswa? Yaps, datang dari sebuah tekanan. Tekanan itu berasal dari lingkungan perkuliahan yang dinilai sangat kompetitif dan saling menunjukkan identitas masing-masing. Mahasiswa yang tidak bisa mengontrol  tekanan tersebut akan menimbulkan rasa insecure pada dirinya atau rasa tidak aman.

Bentuk insecure mahasiswa bermacam-macam sebab, seperti insecure akan asal daerah, finansial keluarga, fisik, kemampuan intelektual, kemampuan berbicara di depan umum, latar belakang prestasi, jiwa kompetitif, dan lain-lain.

Hal yang telah disebutkan sebelumnya merupakan permasalahan yang memengaruhi kepercayaan diri mahasiswa. Buntut panjangnya akan mengarah pada pengembangan potensi diri mahasiswa. Jika insecure menguasai dirinya maka akan sulit mengembangkan potensi sebab ada rasa tidak percaya pada kemampuan yang dipunya.

Apa Ada Dampaknya?

Kebingungan dan rasa insecure mahasiswa yang tidak disikapi positif akan berdampak pada kepercayaan diri selama kuliah. Karena mahasiswa yang larut dalam permasalahan tersebut biasanya cenderung pendiam, sulit mengutarakan pendapat, ragu dalam tujuan yang diraih, pasif, dan terus menyalahi diri sendiri dan keadaan.

Reaksi berbeda juga terjadi jika kebingungan dan rasa insecure mahasiswa disikapi dengan positif, maka mahasiswa tersebut akan terbuka dan menerima kondisinya. Individu mahasiswa seperti ini biasanya fleksibel tergantung kuatnya motivasi atau dorongan yang didapat untuk pengembangan dirinya.

Meskipun terbuka dan positif sudah cukup, mahasiswa juga perlu maju untuk mengembangkan potensi diri di perkuliahan. Lalu, apakah ada solusinya? Ya, ada beberapa solusi agar tujuan pengembangan potensi tercapai tanpa terjebak 2 masalah tadi. Berikut solusinya.

Solusi Masalah Tersembunyi Mahasiswa

1. Mulai dari apa yang disukai

Jika terdapat kesulitan dalam mengenali potensi diri maka mulai dari apa yang disukai. Sehingga, saat terjun ke dunia perkuliahan bisa memutuskan hal apa yang mau ditekuni dan dieksplor lebih jauh.

2. Tentukan tujuan

Penting untuk menentukan tujuan yang ingin di raih. Sebab bisa dijadikan landasan dalam menentukan skala prioritas. Misalnya ingin mempunyai target untuk menjadi pebisnis, maka potensi yang perlu dikembangkan adalah soft skill kewirausahaan. Dengan menentukan tujuan, mahasiswa dapat meminimalisir kebingungan.

3. Stop bandingin diri sendiri

Terlihat sederhana namun sulit dilakukan saat insecure datang. Perlu diingat setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing juga memiliki proses yang berbeda. Fokus lah pada apa yang membuatmu bisa berkembang. 

Mengutip lirik Coboy Junior tak perlu tunggu hebat untuk berani memulai apa yang kau impikan, hanya perlu memulai untuk menjadi hebat raih yang kau impikan.  

Hmmm.. Gimana nih mahasiswa rebahan? Sangat relateable ga nih? Atau sudah berhasil menangani masalah serupa? Hehe. Penjelasan di atas sudah secara gamblang menggambarkan masalah tersembunyi mahasiswa yang ternyata menghambat pengembangan potensi.

Jika teman-teman mahasiswa sedang atau bahkan terjebak pada masalah tersebut bisa juga menggunakan solusi dari yang telah di paparkan. Semoga sebagai individu kita bisa terus semangat dan tidak pantang menyerah. 

Ingat! Kuliah seperti membeli pengalaman dan ujian sebenarnya adalah dunia pekerjaan. Jangan terjebak dalam kebingungan dan rasa insecure. Tentukan tujuanmu sekarang sebelum terlambat. See u on top !