Mahasiswa
6 bulan lalu · 161 view · 3 menit baca · Sosok 42559_75795.jpg
Washington Examiner

Margaret Thatcher, Kucing Manis Bertaring Singa

Margaret Thatcher lahir pada 13 Oktober 1925 di Grahtham, Lincolnshire, Inggris. Maggie, sebagaimana panggilan akrabnya, telah mencatatkan namanya dalam sejarah Britania Raya sebagai seorang wanita "baja" yang berhasil menjadi salah satu Perdana Menteri Inggris yang sangat disegani. 

Meski telah lama tiada, kita layaknya generasi muda dapat mengetahui cerita heroik Maggie melalui film Hollywood The Iron Lady yang diperankan oleh Meryl Streep.

Margaret Thatcher atau yang sering juga dipanggil Thatch adalah seorang wanita yang luar biasa. Anak gadis dari seorang pemilik toko grosir di Grantham ini mengambil program studi Kimia di Oxford dan kemudian belajar menjadi seorang Barista.

Dia memenangkan satu kursi konservatif dalam pemilihan umum 1959 dan naik menjadi sekretaris pendidikan pada 1970. Di sini ia mendapat sebuah julukan baru, Thatcher si Maling Susu. Julukan ini diberikan padanya atas keputusan kontroversialnya menarik kembali pemberian susu gratis bagi sekolah dasar pada saat itu. Hal tersebut menjadi perhatian banyak orang mengingat bahwasanya apa yang ia lakukan berdampak bagi seluruh pelajar pada saat itu. 

Pada 1975, Thatcher menjadi wanita pertama yang memimpin pesta politik Inggris, dan pada 1979 dia memenangkan pemilihan umum yang merupakan satu dari tiga kemenangan yang ia raih. Dia memerintah untuk sepuluh tahun ke depannya, tahun-tahun yang menunjukkan peningkatan yang luar biasa dari penerimaan dirinya bagi publik Britania Raya.

Pada satu titik, Thatcher menjadi perdana menteri yang paling populer dalam sejarah. Magie! Magie! Magie! Out! Out! Out! menjadi nyanyian populer pada saat itu atas kebijakan ekonominya yang menyebabkan meningkatnya tingkat pengangguran. Dia "bertarung" dengan serikat penambang dengan sangat sengit, memenangkan peperangan dengan Argentina di pulau Falkland di Atlantik Selatan, dan bahkan selamat dari pencobaan-pencobaan pembunuhan terhadap dirinya.

Terlewat dari semua itu, kekuatannya yang tidak dapat dihancurkan membuatnya memperoleh gelar baru, Wanita Besi, yang mana secara sempurna mendeskripsikan pandangan publik terhadap dirinya. Thatcher memiliki semacam aura dan image kuat, sehingga, bahkan jika orang-orang tidak setuju dengan ketentuan-ketentuannya, terkadang tetap mendukungnya dengan dasar "dia salah, tapi dia kuat". 

Bagian dari aura mistiknya adalah penampilannya. Perdana Menteri Prancis, Francois Mitterrand, menggambarkan Thatcher layaknya ia memiliki mata dari Caligula dan mulut dari Maryln Monroe.

Meski badannya kecil, ia tidak pernah kelihatan demikian dengan rambut emasnya yang bulat kembang bagai matahari. Penampilannya selalu menarik, dan stylish dengan tas tangannya yang selalu mendampinginya seolah akan melabrak setiap mereka yang tidak sepaham dengannya. 

Menjadi seorang perdana menteri bukan berarti dia memiliki bakat berbicara sedari awal. Maggie mendapat pelatihan vokal pada saat ia remaja. "Suara alaminya tidaklah lebih baik dari suara seekor kucing yang tertimpa papan tulis," tutur Clives James, komedian terkemuka saat itu.

Hasil dari pelatihan vokalnya sangatlah mengesankan. Laksana kucing cantik yang menjadi singa perkasa, ia datang untuk menerkam setiap lawan yang menantangnya.

Maggie mendapat dukungan penuh dari suaminya, Dennis. Dennis adalah seorang pebisnis dermawan yang mendedikasikan hidupnya di Inggris. Menurut beberapa sumber, ia sering menghabiskan waktunya dengan bermain golf dan minum gin. Dennis memanggil istrinya dengan sebutan Boss dan terlahir ibarat seseorang yang ditakdirkan untuk berperan aktif bagi seorang isteri "high profile".

Banyak orang yang berpendapat bahwa segala karier politik akan berakhir pada kegagalan. Dan akhir bagi Maggie ialah pada tahun 1990. Dia membuat sebuah kesalahan dengan memperkenalkan sistem pool tax, sebuah sistem perpajakan dengan tanggungan yang setara pada setiap masyarakat, terlepas dari penghasilannya. 

Dengan kata lain, tidak peduli apa pun pekerjaan dan penghasilannya, setiap warga memiliki beban tanggungan pajak yang sama. Hal ini mengakibatkan kemarahan besar masyarakat Skotlandia, sebab pool tax ini untuk pertama kali diperkenalkan di Skotlandia. 

Kepemimpinannya mulai rapuh dan mendapat banyak tantangan yang pada akhirnya membuatnya mengundurkan diri. Pada tahun 2007, enam tahun sebelum ia wafat, Margaret Thatcher menjadi perdana menteri yang pertama yang diberi penghargaan dengan berdirinya patung beliau di Rumah Parlemen. 

Satu hal yang cukup mengecewakan dan mungkin menyakitkan hati beliau adalah patung tersebut bukannya terbuat dari besi, namun perunggu. Sedikit tidak sesuai dengan panggilannya saat itu sebagai "Wanita Besi".

Thatcher memegang gelar bangsawan seumur hidup sebagai "Baronese Thatcher dari Kesteven di County Lincolnshire". Gelar ini memberinya tempat di majelis tinggi. 

Thatcher mengalami penurunan kesehatan yang luar biasa selama beberapa tahun sebelum kematiannya. Banyak berita beredar bahwa ia mengalami stroke dan mulai jarang terlihat semenjak mendapat perawatan intensif pada 2002. Thatcher meninggal dunia di London, 8 April 2013.