Peneliti
2 tahun lalu · 68 view · 5 menit baca · Lainnya 2009.jpg

Maret Dua Ribu Sembilan

30 Catatan Pendek

Berebut Kebenaran

Di manakah letak kebenaran itu? Siapa yang berhak mutlak menentukan kebenaran tersebut? Apakah kebenaran ada di tangan kyai, pastur, pendeta, petinggi negara, imam, ayatullah atau siapa? Kenapa harus terjadi kekerasan, perang, pembantaian, permusuhan hingga perselingkuhan yang mengatasnamakan agama? Bukankah agama mengajarkan kita untuk menyayangi sesama tanpa membedakan warna kulit, etnis, agama atau embel-embel lain? Aku yakin jika semua permasalahan apa pun dikembalikan kepada Yang Maha Kuasa pasti akan ada solusi kedamaian yang didapat.

Prodi BSA ’99 FBS UNJ

Aku sedang mengingat-ingat angkatan ’99 Prodi BSA FBS UNJ: Akmal “Medan” Walad, Syarif ‘Gadung’, Syarif ‘Dayat’ Bonjer, Syarif ‘Klender’, Nurul ‘Pemalang’ Huda, Johansyah SMP ‘Bekasi’, Ade Firmansyah, Agus Kurniawan, Aris Munandar, Irma ‘Pasar Rebo’, Eti Maluku, Siti ‘Langsing’ Salmah,  Mubien ‘Pasar Gembrong’, Musa ‘ngaku Habib’ al-Jon, Lili ‘Karawang’ Gojali, Marzuki Nasution, Ahmad Marzuq, Zilpiah, Fahmi ‘Bogor’, Abshar ‘Badag, Andi ‘Jangkung’ Imran, Erni ‘Islamic Village’, Cahyadi ‘Caper’, Ali ‘Brebes’ Ahmed, Kastori ‘Inquiri’, Yudi ‘Itali’, Wiwi ‘Tanah Abang’, Sucia ‘Lembut’, Erna ‘Qifti’, Pupun ‘Qoshirah’, Fuji ‘Boyos’, Jamilah ‘Indramayu’, Yustika ‘Senen’, Imelda ‘Proklamasi’, Hairona ‘Condet’, Hisyam ‘Klender’, Lilis ‘Ati Ayam’, Hadi ‘ Dingin’ Ismanto, Laksmi ‘Rusun’, Novita ‘Katkut’, Ade Rumaida ‘Akbar Tanjung’. Beberapa nama lainnya aku lupa, tapi sebagian dari mereka masih kuingat raut wajah, aliran pemikiran serta ijtihad organisasinya.

Membeli Tas

Tas gendong baruku bermerek eiger, (baca: Rp. 159.000,- pas, tak kurang tak lebih), hitam warnanya. Sore ini baru saja kubeli dari Gramedia Mall Lippo Karawaci Tangerang. Lumayan mahal, menurutku, tapi itu harga paling murah diantara yang lain.

Teori Kausalitas

Air dan tanah sangat beragam manfaat bagi manusia pun sebaliknya, mendatangkan madharat. Lihat saja di media massa baik tv maupun koran, akhir-akhir ini terjadi banjir dan tanah longsor di beberapa daerah belahan Indonesia. Harus diakui semua itu adalah akibat ulah tangan manusia terhadap alam. Wajar saja jika alam tak mau lagi bersahabat dengan manusia. Disanalah letak teori kausalitas berlaku!

Euforia Obama

Barack Obama yang dilantik 21 Januari kemarin itu hanya euforia saja, tak lama lagi, menurutku, akan segera “mengundang” sinis seluruh dunia kepadanya.

Soal Menikah

Aku ingin segera menikah, tapi tak mau membebani orang tua. Dilematis dalam kondisi menganggur begini.

PSSI Mandul

Tak seperti di Eropa, sepak bola di tanah air belum menjadi agama baru. Sebanding dengan prestasinya yang semakin terpuruk di tingkat dunia. Di Asia Tenggara saja masih malu-malu untuk berprestasi. Apa kabar PSSI, apa kabar Bung Bendol?

Channel Televisi

TVRI Nasional, RCTI, SCTV, TPI, Indosiar, antv, metrotv, transtv, trans7 (d/h. tv7), globaltv, jaktv, spacetonetv, tvone (d/h. Lativi), DAAItv, Elshintatv ditambah beberapa tv lokal yang tersebar di propinsi masing-masing di nusantara. Mana diantara stasiun televisi tersebut yang mencerdaskan bangsa atau sekedar mencari keuntungan ekonomi tanpa memikirkan moral sebuah bangsa? Sudah saatnya kita cerdas memilah pula memilih program tontonan berkualitas yang disuguhkannya.

Belajar dari Sejarah

Jika semua anak bangsa belajar sejarah secara objektif dalam kesadaran penuh dari para leluhurnya, niscaya Indonesia akan tetap dalam bingkai bhineka tunggal ika. Dijamin tak akan pernah ada yang ingin lepas darinya. Bangsa yang besar, bermartabat juga terhormat adalah bangsa yang mengindahkan sejarah dan belajar banyak darinya.

Mengecap Pendidikan Pertama

SDN INPRES Barengkok II dan MI Persis 72, dua lembaga pendidikan bagi anak kaum petani desa yang masih terbelakang. Dari sanalah membaca, menghitung, menulis, mengaji, beragama, berkesenian, berketerampilan dan lain sebagainya aku ditempa pertama kali. Terimakasih guru-guru terbaikku. Doa dan berkahNya selalu mengiringimu.

Utopia

Aku ingin menjadi bagian sejarah “emas” dari bangsa besar Indonesia. Mimpi besar ini tidak terlalu utopis, kan?

Saya Protes, Pak Presiden!

Apakah klaim angka pengangguran dan kemiskinan mengalami pengurangan di bawah rezim tertentu  jika jumlah kriminalitas atau harga beras semakin hari terus meningkat? Angka keberhasilan bukan tertera atau diiklankan di koran nasional sekaligus sebagai komoditas kampanye, tapi di perut dan jiwa seluruh rakyatmu, Pak Presiden! 

Mancing Mania, Mantap !

“Mancing Mania” yang diasuh Dudit Widodo dan Bayu Noer adalah salahsatu acara keren di stasiun televisi swasta, yang ditayangkan saban sabtu dan minggu pukul 16.00 wib itu membawa pemahaman baruku dalam dunia perikanan juga kode etik mancing yang berlaku di laut, sungai atau rawa. Rugi rasanya untuk melewatkannya. 

Penghargaan Achmad Bakrie 2009

Aku harus banyak belajar sosial sejarah dari Taufik Abdullah, belajar kesusasteraan dari Sutardji Calzoum Bachri, belajar kedokteran dari Mulyanto, belajar sains dari Laksana Tri Handoko dan  juga belajar banyak dari Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Medan sebagai pilar industri kelapa sawit nasional.

Kategori Non-Pribumi

Kita yang lahir dan asli keturunan suku bangsa Indonesia pun bisa disebut non-pribumi jika masih suka korupsi dan pungli. Begitu penggalan kalimat yang dikatakan Laksamana Muda John Lie di bukunya.

Jalan Madrasah, Kebon Jeruk

Patung monyet di jalan madrasah itu masih kuingat terus hingga kini, masihkah ia bertengger tegak disana?

Komputer yang Kumatikan

Saat ini tepat pukul 19:25 wib, diiringi lantunan lagu religi ‘Gigi’. Lalu kumatikan komputer! 

Fatsoen Politik

Sungguh, fatsoen politik para politisi kita masih rendah. Lihat saja iklan kampanye mereka di televisi atau koran, semuanya saling mendiskreditkan, persis anak kecil saat berselisih sesama temannya. Dimana pendidikan politik yang cerdas, elegan dan sehat untuk rakyatnya?  

Namanya Juga Gusdur!

Gusdur memang punya “gen kesempurnaan” dalam sudut tertentu, tapi beliau juga seharusnya sedikit cerdas membaca gelagat alam. Kenapa tak berguru pada filosofi buah padi, Gus?   

Khutbah Jumat

Khutbah jumat itu adalah media penyampai nilai-nilai religius (baca: nasihat yang berisi perintah dan larangan Gusti Allah) bagi jema’ahnya. Apa jadinya jika materi khutbah yang disampaikan sang khotib memakai bahasa Arab sedangkan mustami’ sidang jum’atnya berbahasa lokal dalam kesehariannya. Bukankah minyak dan air tak akan menyatu hingga kiamat pun?

Efek Besar Korupsi

Jika hasil hutan, laut dan SDA lain dikorupsi para pejabat negara kita, Indonesia dalam waktu dekat akan segera MERDEKA!           

Gula dan Semut

Gula yang disimpan di kotak plastik itu kurasa sudah cukup rapat ditutup, tapi masih saja harus kubersihkan dari semut merah setiap hari. Rupanya semut masuk dari celah-celah kecil penutupnya. Ada Gula Ada Semut tak lagi sekedar peribahasa.

Nasionalis

Aku ini seorang nasionalis sejati. Satu bukti, aku punya sekumpulan lagu-lagu nasional yang setiap hari diputar di komputerku, walau masih belum hafal.

Jiwa Raga

Jiwa yang mengatur dimensi raga bukan sebaliknya, sekali lagi, bukan!

Tanggungjawab Negara

Orang-orang gila di pinggir jalan, anak- anak kecil jalanan, para pengemis dan sejenisnya adalah pekerjaan rumah sang kepala negara yang akan diminta pertanggungjawaban di hadapan-Nya kelak. Itu pasti, tak mungkin luput!

Luar Dalam

Coba lihat keluar, pasti kau akan temukan yang tak ada di dalam!

Restart

Komputer yang sedang kupakai ini kadangkala bahkan seringkali mati mendadak di tengah jalan. Ternyata jalan yang kita tempuh tak selalu mulus dan utuh. Restart menjadi kunci penakluknya.

Regulasi

Bisa saja aku menjadi caleg DPR, syaratnya tak dengan money politic. Aku sanggup bersaing dengan caleg-caleg lain jika demikian aturan mainnya.   

Domestifikasi

Pendidikan itu bukan sekedar transfer of knowledge an sich. Ia adalah proses pemerdekaan bukan domestifikasi!

Teman Pondok PPI 67 Benda

Bunyanun, orang Banjaran Bandung, itu ibarat air bening bahkan lebih dari itu, tapi aku tak tahu sekarang, masih jadi air beningkah?