Telur entok memiliki cangkang berwarna biru kehijauan dan memiliki ukuran lebih besar dari telur ayam. Telur entok mengandung sedikit air sehingga lebih kental dari telur ayam. Jika dibandingkan dengan telur ayam, telur entok memang tidak terlalu populer dikonsumsi. Akan tetapi mengonsumsi telur entok ini baik bagi kesehatan karena kandungan gizi yang terdapat di dalamnya sangatlah tinggi sebab tinggi akan protein, lemak dan karbohidrat.

Selain itu, telur entok juga mengandung energi yang merupakan sumber nutrisi penting untuk tubuh. Nutrisi yang terkandung di dalam telur entok: 130 kalori, 10 gr lemak, 619 mg kolesterol, 102 sodium,  9 gr protein, dan 1 gr karbohidrat.

Telur entok juga mengandung beberapa jenis mineral dan vitamin seperti vitamin A, vitamin B, vitamin E, vitamin B12, tiamin, folat, riboflavin, zat besi, kalium fosfor, seng dan juga natrium. Sehingga sangat baik dikonsumsi dalam jumlah yang seimbang. 

Biasanya telur entok diawetkan dengan teknik pengasinan. Pori-pori telur entok yang besar, sangat memudahkan proses masuknya garam ke dalam telur. Pengasinan bertujuan untuk memperpanjang masa simpan dan meningkatkan cita rasa. Untuk mengetahui apa saja manfaat telur entok, silahkan simak artikel berikut:

1. Mata Lebih Sehat 

Kandungan vitamin A yang terdapat di dalam telur entok dapat memenuhi asupan vitamin A yang dapat menyehatkan mata, dengan mengonsumsi 1 telur entok per hari akan memenuhi 100% kebutuhan vitamin A kamu. Dan ditunjang dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A lainnya seperti wortel.

2. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Selain manfaat vitamin A baik untuk kesehatan mata, vitamin A juga dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi atau memperkuat tulang dan gigi. Jadi tulang dan gigi dapat terhindar dari keropos.

3. Melancarkan Sistem Metabolisme

Sebutir telur entok mengandung sekitar 3% vitamin E yang dapat membantu mengurangi lemak dalam tubuh kamu. Vitamin E yang tercukupi memastikan metabolisme tubuh kamu berjalan dengan lancar. 

4. Memiliki Kandungan Macronutrients

Kandungan kalori dalam telur entok berasal dari protein, lemak dan juga manfaat karbohidrat. Dalam setiap telur entok setidaknya mengandung 9 gram protein berkualitas sehingga sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu menjaga kesehatan kulit. Mengonsumsi 1 butir telur entok sudah bisa mencukupi sekitar 15% kebutuhan protein per hari yang juga mengandung lemak dan sumber energi terkonsentrasi serta karbohidrat.

5. Sumber Protein

Dalam setiap 100 gram telur entok mengandung sekitar 12.81 gram protein sehingga hampir 25% bisa mencukupi asupan harian yang disarankan. Kandungan protein dalam telur entok ini sangat penting dalam membangun massa otot dan juga memperbaiki otot yang sudah rusak dan juga dapat menyehatkan rambut. 

Asam amino dalam protein juga sangat membantu untuk sintesis neutotransmitter diotak untuk mengatur suasana hati, nafsu makan, dan juga dapat memperbaiki kualitas tidur. Baik kuning telur maupun putih telur sama-sama mengandung protein yang tinggi.

6. Baik Untuk Otak

Telur entok mengandung omega 3 yang baik untuk kesehatan otak. Mengonsumsi telur entok dapat membantu mengembalikan fokus, mendukung memori atau memperkuat daya ingat dan membantu dalam proses belajar serta dapat mencegah kabut otak. Lemak, kolesterol dan protein yang terkandung di dalam telur entok berguna sebagai makanan otak serta meningkatkan kesehatan otak dan sistem saraf. 

7. Membentuk Otot

Untuk kamu yang saat ini sedang berusaha membentuk tubuh dengan berolahraga, telur entok adalah salah satu makanan yang tepat untuk membentuk otot kamu. Telur entok ini kaya akan asam amino yang dapat meningkatkan massa otot. Peningkatan massa otot inilah yang membuat tubuh kamu terlihat lebih padat dan kencang.

8. Sumber Kalori Tinggi

Sumber kalori yang tinggi dalam telur entok akan membuat tubuh kamu memiliki bahan bakar lebih banyak. Sebaiknya, konsumsi telur entok dibarengi dengan aktivitas yang sepadan supaya kalori bisa diperoleh secara maksimal.

9. Menjaga Kesehatan Reproduksi

Telur entok juga bermanfaat untuk sistem reproduksi pria dan wanita. Kandungan selenium yang terdapat dalam telur entok dapat meningkatkan produksi kualitas sperma. Selain itu, telur entok juga mengandung vitamin E dan vitamin B12 yang dapat menyeimbangkan hormon dan membuat ovum lebih sehat.

10. Menambah Stamina

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa telur entok memiliki sumber protein. Mengonsumsi telur entok yang tinggi akan protein dapat menyebabkan bertambahnya stamina atau energi. Telur entok ini juga sangat cocok untuk pria yang memiliki pekerjaan yang berat sehingga membutuhkan stamina yang kuat.

11. Mencerahkan Wajah dan Mengatasi Wajah Kering

Manfaat telur entok juga didapatkan dalam kesehatan wajah. Dengan olahan masker wajah dari putih telur dapat bermanfaat dalam mencerahkan wajah, menghilangkan jerawat, menghilangkan flek hitam akibat jerawat dan juga menghilangkan komedo. Selain itu, telur entok juga dapat mengatasi masalah wajah kering dan kusam.

Gimana, luar biasa kan manfaatnya?