Mahasiswa
3 minggu lalu · 86 view · 3 min baca menit baca · Kesehatan 92951_73424.jpg

Manfaat Cocor Bebek bagi Kesehatan

Cocor bebek atau nama ilmiahnya Kalanchoe Pinnata adalah jenis tanaman herbal semusim yang memiliki karakteristik batang berupa segi empat, lunak, beruas, warna hijau. 

Cocor bebek kerap diabaikan sebagai tanaman obat. Umumnya orang lebih memakai tanaman cocor bebek sebagai tanaman hias, walaupun daun cocor bebek dapat dipakai sebagai obat untuk menangani sebagian penyakit. 

Tanaman ini tumbuh liar di kebun serta tepi parit atau tebing yang berbatu. Tanaman ini gampang sekali tumbuh. Tunas daun yang ditanam demikian saja bakal tumbuh tunas serta akar baru dari pangkal daun. Akar serta tunas inilah yang bakal jadi tanaman cocor bebek yang baru. 

Seluruhnya sisi dari daun cocor bebek ini dapat digunakan sebagai obat, tetapi orang semakin banyak memakai daunnya. Daun cocor bebek mempunyai karakter farmakologi sebagai anti radang, hentikan pendarahan, kurangi pembengkakan, serta mempercepat pengobatan pada luka-luka memar. 

Daun cocor bebek memiliki kandungan damar, zat lendir, magnesium malat, kalsium oksalat, asam formiat, vitamin C, tannin, asam lemon, asam apel, serta glucoside. 

6 Manfaat Cocor Bebek untuk Kesehatan:

1. Mengurangi pembengkakan amandel

Setiap orang berisiko mengalami pembengkakan kelenjar tonsilitis alias amandel. Kondisi seperti ini membuat tenggorokan terasa tidak nyaman ketika meneguk minuman atau menelan makanan. Apalagi pembengkakan amandel ini juga disertai dengan gejala lain, seperti sakit kepala, demam, dan meriang.

Jika sudah seperti ini, sebaiknya kurangi gejala pembengkakan amandel ini dengan cocor bebek. Caranya adalah haluskan beberapa lembar cocor bebek di dalam blender. Setelah itu, peras cocor bebek yang sudah dihaluskan itu untuk diambil airnya. Kemudian, campurkan sari daun cocor bebek dengan segelas air hangat dan minumlah sampai habis.

2. Meredakan sakit kepala

Daun cocor bebek sangat aman untuk dikonsumsi langsung tanpa perlu dimasak terlebih dahulu. Mengunyah cocor bebek yang masih segar ternyata bisa meredakan sakit kepala yang tak tertahankan, lho. Pasalnya, tumbuhan ini mengandung asam malat, asam formiat, magnesium, glucoside, dan kalsium yang dapat meredakan sakit kepala.

Apabila Anda masih belum terbiasa mengunyah daun cocor bebek secara langsung, rebus saja daun cocor bebek tersebut di air mendidih. Anda bisa meminum air rebusan cocor bebek tersebut dan memakan daun yang sudah direbus tadi sebagai lalapan.

3. Melancarkan pencernaan

Punya masalah pada pencernaan, seperti sembelit? Manfaat cocor bebek ternyata tidak hanya sekedar untuk meredakan sakit kepala dan mengurangi pembengkakan amandel saja, lho. Sama seperti manfaat nanas muda, tumbuhan ini juga dapat melancarkan sistem pencernaan sehingga perut pun terasa lebih lega. Kandungan serat dan air yang tinggi di dalam cocor bebek membuat sistem pencernaan menjadi lebih lancar.

Pertama, jemur beberapa lembar daun cocor bebek sampai kering. Tumbuk daun yang sudah mengering sehingga menjadi seperti bubuk kopi. Selanjutnya, larutkan bubuk tersebut dengan air panas. Minumlah air seduhan cocor bebek yang sudah dikeringkan tadi setiap pagi. Dijamin, Anda akan terbebas dari masalah sembelit.

4. Mengurangi frekuensi muntah

Perut yang mual dapat menyebabkan seseorang muntah-muntah. Jika dibiarkan seperti ini, tubuh orang yang muntah-muntah akan mengalami dehidrasi hebat dan ia diharuskan untuk bed rest selama beberapa waktu ke depan.

Nah, untuk mengurangi frekuensi muntah, sebaiknya minumlah sari daun cocor bebek karena bahan alami tersebut dapat mengurangi frekuensi muntah. Rebus beberapa lembar daun cocor bebek, lalu tambahkan dengan sedikit gula merah agar rasanya lebih manis. Tunggu sampai airnya benar-benar hangat baru Anda dapat meminumnya.

5. Menghilangkan jerawat dan bekasnya

Jerawat di wajah memang dapat mengurangi rasa percaya diri kita. Ketika jerawat tersebut memerah dan semakin besar, kita akan berusaha mencari cara untuk menutupi tampilan jerawat tersebut. Tak perlu pusing mencari cara untuk menyamarkan jerawat atau bekasnya.

Manfaat cocor bebek yang satu ini berkaitan dengan cara menghilangkan jerawat. Cocor bebek mengandung anti-bakteri dan anti-inflamasi untuk membasmi bakteri penyebab jerawat dan mengurangi peradangannya.

Lumatkan daun cocor bebek hingga halus, lalu campur dengan air mawar secukupnya. Jika tidak ada air mawar, Anda bisa menggunakan air biasa. Usapkan campuran air dan cocor bebek tadi ke wajah, lalu diamkan selama beberapa jam sebelum Anda membilas wajah dengan air hangat. Penggunaan secara teratur dapat mengurangi bekas jerawat maupun jerawat kemerahan yang mengganggu penampilan Anda.

6. Antiseptik menyembuhkan luka

Mengingat daun cocor bebek mengandung anti-inflamasi dan anti-bakteri alami, maka daun ini dapat menjadi antiseptik untuk mempercepat penyembuhan luka. Selain itu, anti-bakteri di dalam cocor bebek dapat mencegah iritasi akibat luka.

Cara menggunakan cocor bebek sebagai antiseptik penyembuh luka adalah cuci beberapa lembar daun cocor bebek hingga bersih. Kemudian, haluskan daun dengan cara ditumbuk. Setelah itu, campurkan dengan sedikit air.

Tempelkan pasta daun cocor bebek tadi ke luka yang masih baru lalu biarkan selama beberapa jam. Manfaat dari pasta cocor bebek ini adalah membunuh kuman pada luka dan mempercepat proses penyembuhannya.

Artikel Terkait