Ada pelonggaran aturan baru dalam Pemberlakuan Pembatasaan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 yang rencananya berlaku sampai tanggal 2 Agustus 2021. PPKM ini sebelumnya diberi nama PPKM Darurat yang berlaku mulai tanggal 3 – 20 Juli lalu. Namun kemudian diperpanjang lagi dan berganti nama.

Aturan baru dalam aturan PPKM Level 4 yakni pelaksanaan kegiatan makan di warung makan dan sejenisnya diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai dengan pukul 20.00 waktu setempat dengan maksimal pengunjung makan ditempat tiga orang dan waktu makan maksimal 20 menit.

Hal ini langsung mendapatkan reaksi yang negatif dari sebagian masyarakat. Banyak berseliweran meme dari netizen yang menyindir aturan makan di tempat. Menurut mereka makan di tempat dengan pembatasan selama 20 menit itu tidak cukup.

Sebagian masyarakat ada yang tidak setuju dengan kebijakan tersebut. Menurut mereka 20 menit tidak cukup, apalagi diperlukan waktu yang agak lama untuk memilih menu. Sampai ada meme dari netizen kalau waktunya habis hanya untuk memilih menu saja, belum makannya.

Salah satu meme yang menggelitik yakni makan di tempat ini sudah mirip ajang pencarian bakat memasak MasterChef. Ada kemungkinan pemilik warteg bakalan hitung mundur waktu pelanggan makan. “Yak, silahkan makan dimulai dari sekarang. Waktu yang diberikan 20 menit”, teriak pemilik warung makan.

Berbeda dengan netizen, pemerintah melalui Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, menyebutkan waktu 20 menit cukup untuk makan di warung. Aturan ini dibuat untuk mencegah terjadinya penumpukan orang. Menurut Tito aturan ini terdengar lucu akan tetapi sudah lama diberlakukan di beberapa negara.

Nah, bagi kamu yang ingin makan di warung makan atau warteg tetapi tidak ingin melanggar aturan PPKM Level 4 ini, sebaiknya jangan lakukan hal-hal di bawah ini.

#1 Pesan makanan dan minum lagi

Sering kali ketika sudah selesai makan, kamu merasa masih lapar. Nafsu untuk makan lagi muncul. Alhasil dengan segera kamu pesan makan dengan menu yang sama persis dengan yang kamu makan sebelumnya. Biasanya setelah pesan makanan, kamu pasti akan menambah dengan memesan minum lagi.

Selain alasan masih lapar, hal lain yang mendorong kamu untuk pesan lagi adalah ingin mencicipi menu lainnya. Pada masa PPKM Level 4 ini kamu sebaiknya menahan hawa nafsu untuk tidak memesan makan dan minum lagi. Agar dengan waktu 20 menit, kamu mempunyai waktu yang cukup untuk melahap makanan kamu.

Hal ini apabila kamu lakukan selain akan mengurangi pengeluaran untuk makan juga untuk latihan diet makanan. Ini akan baik untuk dompet dan juga kesehatan kamu. Karena pada masa pandemi ini diperlukan usaha mengencangkan ikat pinggang dan menerapkan pola hidup sehat.

#2 Merokok setelah makan

Saya bukan perokok namun saya selalu perhatikan sebagian masyarakat akan merokok apabila selesai makan. Banyak alasan mengapa sebagian masyarakat melakukan hal itu. Kata salah satu teman, merokok setelah makan bisa menambah nikmat. Maksudnya nikmat makan akan berlanjut kalau disusul dengan merokok.

Bagi perokok berat, kamu bisa menahan sebentar untuk tidak merokok di warung setelah makan. Mending setelah makan, kamu bisa langsung pulang dan merokok sepuasnya di rumah. Kalau hal ini kamu lakukan, mungkin bisa jadi terapi untuk tidak kecanduan harus merokok setelah makan.

Hal baiknya adalah kamu akan terbiasa untuk tidak merokok setelah makan. Dan lama kelamaan sangat memungkinkan kamu akan berhenti merokok. Ini adalah kabar baik untuk kesehatan kamu.  

#3 Ngobrol dengan pemilik warung, teman atau sesama pelanggan

Hal ini harus kamu pendam dalam-dalam, apalagi pemilik atau pelayan warungnya ganteng atau cantik. Abaikan sejenak untuk ngobrol. Cukup kamu pandangi saja sambil menghabiskan makanan. Waktu 20 menit akan cukup kalau kamu makan tanpa ngobrol.

Selain menghindari ngobrol dengan pemilik dan pelayan warung, kamu juga harus menghindari ngobrol dengan teman dan juga sesama pelanggan. Kebiasaan sebagian masyarakat kita, makan sambil ngobrol dengan teman atau sesama pelanggan itu semacam menambah selera makan.

#4 Main HP 

Ini biasanya dilakukan oleh sebagian masyarakat kita, misalnya di warung burjo. Saya sesekali pergi ke warung burjo bersama anak saya, sekedar makan mie rebus dan menyeruput minum milo hangat. Selain itu juga untuk sekedar refreshing makan di luar rumah. 

Sebetulnya makanan dan minuman itu bisa kami buat dan nikmati di rumah. Tetapi seperti dikatakan oleh sebagian netizen bahwa mie rebus di warung burjo itu rasanya lebih enak daripada buatan kita sendiri di rumah. Entahlah, mungkin ada mantra-mantra khusus saat membuatnya. Hehehe.

Saat menikmati panasnya mie rebus, saya arahkan pandangan mata sesekali ke arah para pengunjung. Sebagian besar pengunjung adalah remaja. Ya, ada juga pengunjung bapak-bapak muda kayak saya. Tetapi memang jumlahnya lebih sedikit.

Saya amati remaja-remaja yang nongkrong disitu. Mereka ada yang mengelompok dan ada yang sendirian. Kebanyakan dari mereka mengobrol satu sama lain sambil, sembari melahap makanan. Bahkan ada yang asyik masuk dengan HP mereka. Entah main game online atau buka aplikasi lain.

Jadi sebetulnya kebijakan PPKM Level 4 yang berkaitan dengan aturan makan selama 20 menit di warung makan itu cukup asalkan bisa melakukan apa yang saya sampaikan di atas. Salam sehat buat Anda semua.