Kerja sama merupakan bentuk usaha dalam mencapai suatu tujuan yang di cita-citakan. Kerja sama dalam bidang investasi industri kreatif yang sedang direncanakan dan dibangun di negara kita ini. Kerja sama dibidang investasi industri ini tentunya akan sangat membantu negara kita terutama dalam bidang ekonomi (perdagangan internasional).

Direncanakan negara kita ini akan mengundang para pengusaha-pengusaha dari Korea Selatan melaui undangan Bapak Presiden Joko Widodo, untuk membicarakan langkah selanjutnya dari pada kegiatan perekonomian kita terutama investasi industri ini. sebelum membahas lebih jauh tentang investasi industri kreatif, mari kita menyimak sekilas apa dan bagaimana investasi industri kreatif tersebut.

Industri Kreatif merupakan kelompok industri yang terdiri dari berbagai jenis industri yang masing-masing memiliki keterkaitan dalam proses pengeksploitasian ide atau kekayaan intelektual menjadi nilai ekonomi tinggi yang dapat menciptakan kesejahteraan dan lapangan pekerjaan. Berikut macam-macam sektor industri kreatif di Indonesia :

  • Sektor Arsitektur

Sektor Arsitektur termasuk kedalam jenis industri Kreatif yang berkaitan dengan design bangunan, perencanaan konstruksi bangunan, pengawasan kontruksi dan konservasi bangunan warisan. sektor arsitektur mencangkup semua aspek arsitekur. Dalam perananan industri kreatif memiliki dua level yaitu : level makro dan level mikro.

Level makro adalah melakukan kontruksi bangunan secara menyeluruh seperti perencanaan pembuatan town planning, urban design, landscape architecture, sementara itu level mikro adalah melakukan kontruksi atau renovasi bangunan namun dalam skala kecil seperti membuat detail arsitektur taman, dan desain interior.

  • Sektor Periklanan

Sektor Periklanan termasuk kedalam jenis industri kreatif yang berkaitan dengan jasa periklanan.Industri kreatif ini berkaitan dengan produksi dan distribusi iklan yang nantinya akan dilakukan riset pasar dan juga perencanaan pengembangan iklan tersebut. Yang mencangkup kedalam sektor periklanan adalah membuat iklan di luar ruangan, produksi material iklan, dan proses promosi iklan tersebut.

Dalam promosi sebuah iklan bisa memanfaatkan beberapa media seperti media cetak, media elektronik, membuat sebuah poster atau pamflet dan juga mengedarkan brosur. Segala jenis yang berkaitan dengan periklanan seperti penyedia jasa periklanan termasuk kedalam industri kreatif sektor periklanan.

  • Sektor Pasar Barang Seni

Sektor pasar barang seni termasuk kedalam jenis industri kreatif. Sektor pasar barang seni merupakan aktifitas perdagangan barang-barang asli unik dan langka yang mempunyai nilai seni yang tinggi, dalam prosesnya industri pasar barang seni akan menjual barangnya melalui lelang, membuka galeri, dan juga melalui internet. Yang termasuk kedalam sektor pasar barang seni adalah berbagai macam jenis alat musik kerajinan, auto mobile, film, seni rupa dan lukisan.

  • Sektor Kerajinan

Sektor kerajinan merupakan jenis industri kreatif yang di dalam meliputi proses kreasi, produksi dan juga distribusi dari suatu produk kerajinan yang dihasilkan. Sektor kerajinan ini di buat oleh tenaga pengrajin mulai dari Design sampai proses hasil penyelesaiannya. Sektor kerajinan memanfaatkan serat alam maupun buatan, kulit, rotan, bambu, dan kayu dan nantinya akan dibuat menjadi seni kerajinan yang memiliki nilai jual yang tinggi.

  • Sektor Design

Sektor design merupakan jenis industri kreatif yang terkait dalam membuat design grafis, design interior dan design produk. Sistem kerja yang diterapkan dari industri kreatif ini adalah dengan melakukan Konsultasi identitas perusahaan dan jasa riset pemasaran serta produksi kemasan dan jasa pengepakan.

  • Sektor Fashion

Sektor fashion termasuk kedalam jenis industri kreatif yang terkait dalam pembuatan suatu produk pakaian, pembuatan aksesoris pakaian serta membuka konsultasi fashion dan mendistribusikan produk fashion yang telah di ciptakan.

  • Sektor Video, film dan Fotografi.

Industri ini terkait dengan produksi suati video, film dan juga membuka jasa fotografi. Sektor ini mencangkup berbagai hal dari mulai pembuatan sebuah film, produksi suatu film sampai memasarkan produk yang telah diciptakan termasuk kedalam industri kreatif ini.

  • Sektor Kuliner

Sektor kuliner termasuk kedalam sektor industri kreatif. Industri kreatif kuliner sudah memiliki pasar tersendiri baik di Indonesia maupun di kanca internasional. Sektor kuliner ini meliputi dari pembuatan kuliner khas daerah, dan juga pemasaran produk khas daerah di indonesia. Sektor kuliner di Indonesia sudah memiliki pasar yang luas dan juga sudah bisa bersaing dengan pasar modern. Sektor kuliner menjadi industri kreatif yang cukup menjanjikan saat ini. karena memiliki nilai ekonomis namun tetap memiliki keuntungan.

Berikut ini adalah sektor industri kreativ berbasis teknologi : industri kreativ tidak hanya mengandalkan kreatifitas secara manual, namun saat ini industri kreatif sudah meluas hingga mencangkup sektor teknologi. Mengikuti perkembangan zaman yang sudah canggih saat ini sektor industri kreatif sudah banyak yang berbasis teknologi.

  • Sektor industri Permainan

Sektor permainan merupakan salah satu jenis industri kreatif berbasis teknologi. Sektor industri permainan ini terkait dengan kreasi permainan, produksi permainan, tidak hanya bersifat untuk hiburan, permainan juga bisa memberikan edukasi dan ketangkasan otak tergantung dari jenis permainannya.

  • Sektor Industri Musik

Sektor industri ini berkaitan dengan, kreasi musik, komposisi sebuah lagu, menciptakan lagu hingga proses produksi saat rekaman. Saat ini sudah banyak software yang bisa digunakan untuk mengolah musik dalam sebuah PC atau laptop, sehingga semakin mendukung industri kreatif musik di Indonesia.

  • Sektor industri layanan komputer dan Perangkat Lunak

Sektor industri ini berkaitang dengan pengembangan suatu teknologi yang di dalam nya meliputi, jasa layanan komputer, pengolahan data, pembuatan website, periklanan berbasis internet, desain sistem dan desain portal termasuk perawatannya.

  • Sektor industri Pertelevisian

Sektor industri kreatif ini berkaitan dengan, membuat kreasi, proses produksi hingga pengemasan acara televisi, yang bersangkutan dengan kebutuhan pertelevisian termasuk kedalam jenis industri ini.

Menurut data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), 2016 menunjukkan bahwa dalam kurun waktu 2010-2015, besaran PDB ekonomi kreatif naik dari 525,96 triliun menjadi 852,24 triliun (meningkat rata-rata 10,14% per tahun). Sedangkan tiga negara tujuan ekspor komoditi ekonomi kreatif terbesar pada tahun 2015 adalah Amerika Serikat 31,72% kemudian Jepang 6,74%, dan Taiwan 4,99%. Untuk sektor tenaga kerja ekonomi kreatif 2010-2015 mengalami pertumbuhan sebesar 2,15%, dimana jumlah tenaga kerja ekonomi kreatif pada tahun 2015 sebanyak 15,9 juta orang.

Prestasi yang kita raih ini tentunya tidak mudah, namun kita selalu didukungan dan difasilitasi oleh pemerintah. Sehingga  dapat meraih prestasi yang sebaik ini untuk investasi industri kreativ di tanah air kita ini. Saya lihat itu yang sedang dilakukan oleh Bapak Presiden kita saat ini. 

Beliau membuka relasi dengan semua negara, dan yang baru-baru ini terdengar adalah undangan Bapak Presiden kepada Korea Selatan untuk membicarakan bagaimana kelanjutan dari proses kegiatan perekonomian kita terutama investasi industri kreativ ini.  Hal ini merupakan harapan dari masyarakat kita, terutama dalam persiapan memasuki era MEA yang tidak lama lagi akan kita hadapi.

Kreativitas memegang peranan penting sebagai sumber utama dalam dunia industri, industri juga lebih banyak membutuhkan kreativitas manusia dan ditunjang  sumber daya fisik sebagai media kreatif. Menurut saya, dari pemaparan seputar sektor industri di atas negara kita akan lebih berkembang dengan baik jika kita mampu mengelola dan menemukan ide-ide baru terutama disektor jasa seperti pariwisata dan industri kreatif.