Apa untungnya bagiku ? Pelajari mengapa kita semua harus berhenti berbohong.

Berbohong adalah salah satu dari hal-hal yang setiap orang lakukan, meski kebanyakan orang tidak akan mudah untuk mengakuinya. Kebohongan itu sangat berguna, Seperti mengatakan bahwa buku tugas anda tertinggal di rumah padahal memang tidak mengerjakannya, anda merasa bahagia ketika mendapatkan hadiah yang tidak anda sukai, atau pura-pura bersikap baik didepan orang yang anda benci. Berbohong tampaknya tidak hanya berguna, tapi ini sudah menjadi bagian dari manusia.

Oke, jadi apa masalahnya ?

Nah, Kebohongan terkecil itu memainkan bagian dalam normalisasi sistem ketidakbenaran, dan dapat mengarah pada kebohongan yang lebih besar. Kebohongan yang memiliki kekuatan untuk memulai perang atau membuat orang kehilangan kepercayaan dirinya terhadap sains dan penelitian karena terjerumus oleh suatu cerita fiksi. Maka dari itu kita bisa mengatakan mengapa berbohong itu adalah masalah besar bagi kemanusiaan dan mengapa kita harus melakukan semua dengan kekuatan kita untuk mulai mengatakan apa yang sebenarnya terjadi, bahkan jika itu menyakiti perasaan nenek anda karena merajut sweater yang 3x lebih besar dari badan anda.

There are two types of lie; neither should be told.

Apa masih ingat saat kita masih anak-anak, kita selalu diberitahu agar tidak pernah berbohong ? Ya karena tidak seorangpun yang ingin dianggap dirinya sebagai pendusta.

Kebanyakan orang menghindari dusta besar, sebab itu bisa mengakibatkan bencana. Karena kebohongan seperti itu dapat mengakhiri karier atau berakhir di penjara, juga dapat merusak kehidupan seseorang atau bahkan mengacaukan seluruh masyarakat.

Terlepas dari dampak yang merusak akibat kebohongan besar, terkadang pemerintah dan media yang lebih luas terus menyebarkannya. Hal ini telah menciptakan perasaan tidak percaya secara umum terhadap para pemimpin dunia dalam skala global. Misalnya, pembenaran perang irak sebagian besar bergantung pada kebohongan; Pemerintahan Bush menyatakan bahwa negara itu menyembunyikan senjata pemusnah massal (klaim yang ternyata tidak benar), Tipu daya yang terang-terangan ini menyebabkan banyak orang menjadi skeptis terhadap kebijakan luar negeri di Amerika Serikat. Atau kita bisa melihat di Indonesia sendiri seperti Hoax Ratna Sarumpet yang dikabarkan dianiaya padahal melakukan operasi plastik, ini jelas membuat resah masyarakat kita.

Lucunya, kebohongan kecil biasanya tidak dianggap dengan kebodohan moral yang sama. Bahkan, orang pada umumya berpikir kebohongan seperti itu ya tidak apa-apa, karena mereka sering digunakan untuk berbagi perasaan dengan orang lain. But white lies do damages, too.

Kebohongan kecil mungkin memiliki dampak yang lebih kecil daripada kebohongan besar, tetapi dalam jangka panjang, itu dapat memiliki hasil yang menghancurkan.

“Every lie is an assault on the autonomy of those we lie to.”

Anda kemungkinan besar akan melakukan apapun untuk orang-orang yang anda sayangi. Misalnya, jika hubungan anda dengan pasangan anda, atau dengan orang tua anda, terancam bahaya, anda mungkin bersedia berdusta jika anda pikir itu bisa menyelamatkan hubungan tersebut. Namun, berbohong kepada seseorang yang dekat dengan anda hampir selalu menghancurkan kedekatan itu. Masalahnya dengan berbohong adalah bahwa itu bisa “mengikis kepercayaan”. Bahkan jika anda bukan orang yang dibohongi, fakta bahwa anda tahu seseorang mampu berbohong pasti akan membuat anda tidak mempercayainya.

Karena jika seseorang bisa berbohong tentang hal kecil begitu mudah dan meyakinkan, maka mereka pasti bisa berbohong ketika datang ke masalah yang lebih serius, bukankah begitu ?

Mengatakan kebenaran memang sangatlah sulit. Anda mungkin mengetahui informasi rahasia yang dapat menyebabkan seseorang banyak rasa sakit atau benar-benar mengubah hidupnya. Hal itu memang datang dengan banyak tanggung jawab yang tidak diinginkan, tapi itu tugas anda untuk mengatakan yang sebenarnya.

For a better world, we should avoid telling lies of any kind

Untuk memperbaiki kehidupan anda sendiri dan kehidupan orang lain, tentunya kita harus bersumpah untuk tidak lagi berbohong — Ya meskipun itu akan sulit, tetapi sepenuhnya sepadan.

Jika anda sepenuhnya membiarkan diri anda untuk melakukan kebohongan terkecil, tindakan itu akan menjadi alami dan kebiasaan bagi anda, dan pada akhirnya akan berkembang menjadi kebiasaan yang berbahaya.

“Lies are the social equivalent of toxic waste: Everyone is potentially harmed by their spread”

Tidak Peduli seberapa kecil atau besar, kebohongan tidak boleh diceritakan. anda mungkin kadang-kadang berpikir kebohongan anda memberitahu bahwa itu tidak masalah, tapi ingat: itu sangat bermasalah. Ini akan berdampak negatif pada anda dan orang-orang di sekitar anda untuk hal yang tak terduga. Demi kebaikan anda sendiri dan kebaikan dunia yang lebih besar, lebih baik anda tetap berpegang pada kebenaran/kenyataan dalam melihat realita.

Terima Kasih.


Referensi :

Harris, Sam. 2020. Dusta. Yogyakarta: Circa.