"Kenapa kalau sudah jadi mantan pacar jadi jauh lebih menarik yah dibandingkan ketika masih menjadi pacar, menyesal saya memutuskannya?" ujar kawan saya di Chat WhatsApp sambil mengirimkan foto mantan pacarnya. Tentu hal ini membuat kawan saya yang bernama Lucky menjadi sedih. "Apakah bisa balikan, kembali merajut cinta seperti dulu lagi, menikmati momen-momen romantis?".

Hal senada juga dialami oleh kawan saya yang bernama Maul, "Mantan pacar saya sekarang jadi jauh lebih cantik, menyesal saya telah meninggalkannya. Sekarang ia sudah punya pacar, sementara saya jomblo," ujarnya .

Saya hendak berkata kepada kedua kawan saya ini, bahwa janganlah dengan mudahnya membuat sakit hati, memutuskan pacar tanpa memperdulikan perasaannya. Selain itu saya juga hendak mengatakan bahwa jangan-jangan yang menyebabkan mereka sekarang jomblo, karena terkena karma. Sedikit informasi nih, kedua kawan karib saya ini banyak sekali mantannya.

Saya hendak berkata demikian. Tetapi saya mengurungkan niat saya untuk mengatakannya. Karena saya tidak mau menambah beban mereka, karena menjadi jomblo saja sudah begitu berat bagi Lucky dan Maul.

Saya lalu mencari tahu hal yang menyebabkan mengapa bisa menyesal karena telah memutuskan pacar. Sehingga dihasilkan lima hal yang menyesal karena telah memutuskan pacar.

#1 Masih Cinta

Yang pertama adalah masih cinta. Namanya juga masih cinta, jadi wajar saja sulit untuk melupakan, di hatinya hanya ada dia seorang saja. Kalau memang masih cinta meskipun ada seseorang yang menyatakan perasaannya  pasti akan ditolak.

Hal inilah yang dialami oleh salah seorang kawan saya sebut saja Jum. Ia diputuskan begitu saja tanpa sebab yang jelas, ia pun sulit untuk move on katanya. Cintanya kepada mantan masih terngiang-ngiang di kepala.

Sebenarnya banyak kawan saya yang hendak pdkt sama dia, namun ia selalu berkata sulit untuk move on. Tetapi yang bikin saya tercengang ia sudah punya pacar lagi, dan bukan kawan saya. Saya menduga bahwa itu hanyalah cara ia, untuk menolak secara halus

#2 Jauh Lebih Cantik / Ganteng Dari Sebelumnya

Yang kedua karena jauh lebih cantik / ganteng  dari sebelumnya. Biasanya mereka yang disakiti akibat cinta. Mereka akan berjanji kepada dirinya bahwa suatu saat nanti akan membuat seseorang yang telah menyakiti dirinya menyesal. Salah satu cara untuk membalas rasa sakit tersebut adalah lewat fisik, yaitu laki-laki menjadi ganteng, yang perempuan menjadi cantik. Cara lainnya adalah membalas rasa sakit tersebut dengan sebuah prestasi 

Hal inilah yang terjadi pada mantan Lucky dan Maul, mungkin saja mantan mereka memiliki keinginan untuk membuat Lucky dan Maul ini menyesal karena telah memutuskan pacarnya. Kalau Lucky masih mending, ia berpisah baik-baik dengan mantan pacarnya. Lain halnya dengan Maul, ia malah ghosting meninggalkan pacarnya tanpa bilang putus.

#3 Jarang Bertemu

Selanjutnya yang ketiga adalah jarang bertemu, ketika lama tidak berjumpa biasanya akan pangling. Pasti kita sering ketika bertemu dengan seseorang yang sudah lama tidak berjumpa akan berkata "Sekarang jadi pangling yah, berbeda dengan yang dulu".

Banyak dari kawan-kawan saya setelah tidak lama berjumpa dengan mantan pacarnya, kemudian berjumpa akan mengatakan pangling dan menyesal telah memutuskannya. Bahkan yang lebih ekstrim lagi ada juga juga yang mengatakan bahwa mantan pacarnya jauh lebih menarik daripada pacarnya yang sekarang.

4# Ingat Kenangan

Kemudian yang keempat adalah ingat kenangan. Seperti yang kita ketahui bahwa kenangan apalagi kenangan yang terindah akan sulit untuk dilupakan. Bagi yang sudah lama menjalin hubungan lalu putus, melihat fotonya saja akan membangkitkan kenangan.

Hal itulah yang sekarang dialami oleh Lucky, katanya ia melihat foto mantan yang sekarang, ia langsung teringat kenangan yang ia jalani lima tahun dulu dari pacarnya. "Menyesal saya memutuskan dia, sekarang dia jauh lebih menarik, semakin mengingat kenangan akan semakin membuat ia jauh lebih menarik," begitulah ujar Lucky.

5# Masih Ingat Rasanya

Berikutnya yang kelima yaitu masih ingat rasanya. Menurut Aqi, salah seorang kawan saya bahwa yang dimaksud masih ingat rasanya adalah rasanya telepon berjam-jam, video call berjam-jam, nonton bioskop, dan makan bareng.

"Ketika masih ingat rasanya jatuh cinta, bagaimana perjuangan mendapatkannya, tentu akan menganggap mantan pacar jauh lebih menarik. Apalagi saya yang setelah putus dari pacar, masih jomblo," ujar Aqi. Memang semenjak putus dengan pacarnya Aqi ini menjomblo. Saat ditanya alasan menjomblo katanya ia ingin fokus mengejar karirnya. Padahal mah, karena ia selalu ditolak.

Itulah lima hal yang menyebabkan menyesal karena telah memutuskan pacar. Makannya kalau punya pacar dijaga baik-baik, jangan dengan mudahnya berpaling dengan yang lain. Pasti para pembaca banyak yang mengalami seperti itu kan. Oleh karena itu marilah kita jangan dengan mudahnya berpaling dari yang lain.