Hai kalian yang sekarang jadi udah jadi mahasiswa baru angkatan 2022 gimana nih kabar kalian? Baik dong pastinya. 

Eh ngomong-ngomong kalian udah di penghujung semester 1 ya? Mau nanya nih aku gimana semester 1 nya? Enjoy kah atau merasa tertekan dengan banyaknya tugas-tugas yang ada dan juga laprak-laprak yang tiada henti terus bertambah setiap harinya.

Tenang gapapa kalau kalian merasa stress, tertekan atau capek gapapa kok kalian masih ditahap penyesuaian dengan dunia yang baru.

Sesuatu yang belum pernah kalian rasakan sebelumnya saat masih menjadi siswa, gapapa kok kalua kalian mau mengeluh karena banyaknya tugas dan laprak dan juga dosen yang tidak seperhatian guru atau mau ngeluh nih masalah jadwal kuliah yang berubah-ubah secara tiba-tiba.

Gapapa kok ini masih masa penyesuaian kalian dalam menjadi seorang mahasiswa , nanti di semester 2 kalian pasti sudah enjoy dengan semua itu.

Ada nggak nih dari kalian yang udah kangen banget sama keluarga? Pasti ada ya, sabar ya sebentar lagi kalian pasti bisa kumpul lagi sama mama, papa, kakak ataupun adik, sebentar lag ikan liburan semesteran nih.

Sebentar lagi juga kalian bakalan tau berapa ipk pertama kalian selama menjadi mahasiswa, semoga sesuai dengan harapan kalian ya.

Eh ga berasa ya sebentar lagi udah semester 2, padahal rasanya baru kemarin ya kita sama-sama berjuang buat dapetin universitas dan jurusan impian kita masing-masing.

Rasanya baru kemarin ya kita begadang belajar siang dan malam biar bisa masuk perangkingan siswa eligible dan bisa ikut SNMPTN.

Nggak berasa juga kemarin baru aja buka pengumuman SNMPTN terus ada yang dapat kabar baik berupa diterima di universitas dan jurusan impiannya dan ada juga yang harus kembali berjuang di SBMPTN.

Nggak berasa juga ya kayaknya baru kemarin kita sama-sama berjuang ikut ujian SBMPTN.

Kita juga kemarin sama-sama juga buka pengumuman SBMPTN lagi-lagi ada yang langsung dapat kabar Bahagia berupa diterima di universitas impiannya dan ada juga yang harus berjuang lagi di Seleksi mandiri atau bahkan harus nunggu tahun berikutnya buat ikutan SBMPTN lagi.

Buat kalian yang ga diterima di SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi mandiri gapapa kok kalian tetap hebat. Sabar ya itu bagian dari perjuangan kalian, gagal itu pasti ada disaat kita sedang memperjuangkan sesuatu.

Kegagalan itu sesuatu hal yang wajar banget kok, yang wajar dan ga boleh dilakukan itu kalau kalian itu langsung nyerah gitu aja.

Buat kalian yang lolos dan menjadi mahasiswa baru di universitas impian kalian aku mau ngucapin selamat ke kalian. Selamat atas semua perjuangan dan kerja keras kalian supaya bisa jadi mahasiswa di kampus impian kalian.

Buat kalian yang memilih untuk gapyear dan mencoba lagi tahun depan tetap semangat ya. Akan ada waktunya kalian juga diterima di unversitas impian kalian kok. Jangan lupa buat selalu berdoa dan belajar terus ya. Selalu libatkan Allah dalam setiap perjalanan kalian ya.

Aku tau buat memilih jalan gapyear itu susah banget, karena pasti aka nada banyak banget omongan yang ga ngenakin iya kan? Tapi gapapa kok gapyear itu bukan suatu aib. Kalian juga pasti bakalan dapetin itu juga tapi mungkin masih belum waktunya sekarang jadi sabar aja ya.

Allah lagi mempersiapkan kado yang indah banget buat kalian. Kado kalian lagi dibungkus nih sama Allah jadi pesan dari aku sabar dan jangan lupa buat terus berdoa dan minta sama Allah.

Oh ya disini juga pasti ada yang semi gapyear ya. Wah kalian keren banget sih menurut aku. Aku tau kalian pasti capek banget ya buat bagi waktu antara kuliah dan harus belajar buat mempersiapkan lagi untuk ujian tahun depan. Kalian keren sih bisa ngelakuin itu.

Semangat ya pesen dari aku jangan capek-capek tetap tanggung jawab juga ya sama kuliahnya karena kan itu jalan yang kalian pilih.

Buat yang semi gapyear jangan lupa sama kuliahnya. Jangan sampai karena terlalu fokus sama belajar buat ikut tes masuk PTN tahun depan buat kalian jadi males buat kuliahnya.

Jangan sampai juga ipk kalian jelek karena terlalu focus nih sama ujian masuk PTN tahun berikutnya. Pokoknya harus tetap memprioritaskan kuliahnya ya.

Oh iya sampai lupa buat adik-adik yang tahun depan mau daftar masuk ke PTN jangan lupa belajar ya. Dipersiapkan semuanya ya, masuk PTN tu nggak mudah loh. Jangan lupa nih selalu berdoa juga karena kita tidak akan jadi apa-apa tanpa bantuan dari Sang Maha Kuasa.

Buat semuanya sampai jumpa di Universitas Sebelas Maret tahun depan aku tunggu kabar baiknya ya. SEMANGATTTTT KALIAN SEMUA