Lantern Corps merupakan bagian dari komik DC. Lantern Corps yang lebih banyak dikenal oleh kalangan luas adalah Green Lantern dan juga Yellow Lantern. Lantern Corps merupakan kumpulan para superhero maupun supervillain yang menggunakan cincin dan cahaya sebagai kekuatan utama mereka. Masing-masing Corps memiliki warna cahaya yang berbeda, cahaya-cahaya tersebut memiliki arti dan fungsi yang berbeda. 

Secara tidak langsung kekuatan cahaya-cahaya tersebut diambil dari sifat-sifat dan kehidupan manusia. Green Lantern yang mewakili will, Blue Lantern mewakili Hope, Yellow Lantern digambarkan sebagai fear, Violet Lantern (star sapphire) yang menunjukkan Love, Red Lantern yang diartikan sebagai rage atau kemarahan, Orange Lantern menggambarkan keserakahan lalu ada juga White lantern yang mewakili kehidupan dan juga ada Black Lantern yang digambarkan sebagai kematian dan ada pula Indigo yang menggambarkan compassion (belas kasih). 

Di sini kita bisa melihat bagaimana penggambaran sifat-sifat dasar atau yang berhubungan dengan dunia manusia yang diangkat menjadi inspirasi terciptanya Lantern Corps. Kekuatan tekad, harapan, ketakutan, kemarahan, cinta, kehidupan dan kematian. Sifat-sifat itu yang pada umumnya ada dalam hampir setiap manusia yang ada di bumi. Tiap-tiap anggota lantern dipilih sendiri oleh masing-masing cincin dan cahaya, bukan anggotanya yang memilih ingin menjadi lantern apa tapi melainkan cahaya dan cincin yang memilih mereka berdasarkan sifat yang mereka tunjukkan.

Green Lantern (Will)

Green Lantern disimbolkan dengan cahaya berwarna hijau yang memiliki arti will. Yap, kekuatan utama Green Lantern berasal dari tekad atau kehendak yang kuat. Green Lantern corps bisa dikatakan sebagai tokoh utama dalam cerita Lantern Corps. Green Lantern corps merupakan polisi antargalaksi dalam DC Universe, masing-masing sektor memiliki Green Lanternya sendiri. Di Bumi sendiri ada setidaknya 6 Green Lantern, yaitu Hal Jordan, Kyle Reyner, John Stewart, Guy Gardner, Simon Baz hingga Jessica Cruz.

Kekuatan utama mereka adalah tekad, di mana kekuatan tekad itu dapat mereka gunakan dalam pertarungan yaitu melalui cincin mereka. Cincin yang mereka gunakan akan mewujudkan apa yang mereka pikirkan untuk menjadi senjata, selain kekuatan tekad, imajinasi pemakainya pun menjadi kekuatan tersendiri untuk mereka. 

Cincin mereka memiliki daya tahan layaknya baterai, jika sudah habis maka bisa di charge kembali yaitu dengan cara menempelkan cincin mereka ke lentera hijau khusus milik Green Lantern yang mengucapkan sumpah mereka yang berbunyi

"in brightest day, in blackest night no evil shall escape my sight. Let those who worship evil might, beware my power : Green Lantern's Light !"

Yellow Lantern (Fear)

Yellow Lantern merupakan salah satu kelemahan dari Green Lantern, yap rasa takut yang dapat mengalahkan kekuatan tekad. Pada awalnya rasa takut ini muncul saat adanya sebuah parasit luar angkasa yang dinamakan entitas parallax. Parasit ini merupakan perwujudan dari kumpulan rasa takut semua mahluk di semesta. Hingga akhirnya terbentuklah Yellow Lantern pertama, yaitu Sinestro yang merupakan mantan anggota Green Lantern.

Saat itu Sinestro membangkitkan parallax yang berada di planet OA. Sinestro lalu mulai merekrut anggota, di mana ia merekrut anggota dengan ketakutan sebagai kekuatan utamanya. Yellow Lantern juga pernah memanfaatkan ketakutan yang dimiliki oleh para Green Lantern corps untuk mengalahkan mereka. 

Sama seperti layaknya Green Lanter, Yellow Lantern mengisi daya cincin mereka dengan kekuatan dari lentera kuning mereka. Dan tentunya dengan menyebutkan sumpah mereka sebagai Yellow Lantern 

"In blackest day, in brightest night : beware your fears made into light. Let those who try to stop what's right, burn like his power.. Sinestro's might !"

Blue Lantern (Hope)

Blue Lantern melambangkan Hope atau harapan. Blue Lantern pertama bernama Saint Walker sekaligus menjadi pemimpin dari Blue Lantern. Blue lantern memiliki tugas untuk menyebarkan harapan kepada alam semesta yang memiliki rasa putus asa. Blue Lantern dan Green Lantern memiliki kecocokan yang sangat kuat, kekuatan Green Lantern akan berlipat ganda jika berada di dekat Blue Lantern. Bisa dibilang harapan yang memperkuat tekad sehingga membuat Green Lantern lebih kuat jika berada dekat dengan Blue Lantern

"In a fearful day, in raging night. With strong hearts full, our souls ignite. When all seems lost in the war of light, look to the stars, For hope burns bright !"

Will (tekad), Hope (harapan), Rage (amarah) , Love (cinta), Fear (takut), Avarice (keserakahan), Life, Death hingga Compassion (belas kasih) merupakan arti dari masing-masing cahaya lantern. Itu juga merupakan sifat dari masing-masing lantern corps, secara tidak sadar mereka juga ada dalam kehidupan manusia. Life and death yang merupakan kekuatan utama White Lantern dan Black Lantern, bisa dikatakan bila kita manusia tidak akan jauh dari yang namanya hidup dan mati. 

Will atau tekad, setiap manusia tentunya memiliki tekad dalam diri mereka. Tekad ini yang mempengaruhi manusia, bagaimana mereka bisa menjalankan hidup dengan tekad mereka. Semakin besar tekad yang mereka miliki semakin kuat juga mereka dalam menjalani kehidupan. Jika dibarengin dengan hope (harapan), tentu tekad kita akan semakin membesar layaknya Green Lantern dan Blue Lantern jika bersatu akan memunculkan kekuatan yang luar biasa. Namun dalam perjalanannya kita akan dihantui oleh Fear atau ketakutan yang setiap saat bisa memakan tekad kita dan membuat kita lemah. 

Ditengah lemahnya kita akan muncul amarah yang bisa membuat kita kehilangan akal, amarah akan selalu memenuhi hidup kita. Setiap manusia pun akan membutuhkan Love (cinta) dalam kehidupan mereka, namun cinta yang berlebih akan menyebabkan manusia gelap mata dan buta akan cinta lalu muncullah keserakahan. 

Bagi penulis sendiri, cerita Lantern Corps sendiri sangat menarik. Bisa dikatakan menarik karena untuk mendapatkan kekuatan mereka atau untuk mengeluarkan kekuatannya, para Lantern harus memiliki sifat-sifat tersebut yang mewakili warna corps mereka. Dan masing-masing corps bisa dikatakan terhubung satu sama lain. Contohnya seperti Green Lantern yang akan bertambah kuat jika bertemu Blue Lantern, namun keduanya lemah terhadapa Yellow Lantern yang merupakan lambang ketakutan. 

Seperti halnya manusia, tekad dan harapan kita akan sia-sia jika tidak mampu untuk mengatasi ketakutan terbesar kita. Ini mungkin hanya sedikit gambaran bagaimana kehidupan manusia yang penuh dengan berbagai macam sifat mampu diangkat menjadi inspirasi untuk cerita komik seperti halnya Lantern Corps.