Kalian pernah terjebak dalam situasi membingungkan? Seperti dalam memilih tempat kost misalnya. Penentuan pemilihan tempat kost memang hal yang umum ditemui oleh para mahasiswa baru atau anak rantau.

Menemukan kost-kostan yang tepat dengan fasilitas yang cukup lengkap dan nyaman, memang susah - susah gampang. Untuk mendapatkannya, kamu harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang kamu punya.

Pengambilan keputusan tentang memilih tempat kost dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Mulai dari pemilihan lokasi, fasilitas, lingkungan, sistem kontrak, dan harga pastinya. Kalian perlu mencari beberapa referensi tempat kost agar menemukan tempat kost yang tepat

Selain itu, ada hal yang juga penting untuk dipertimbangkan, yaitu memilih kost sekamar sendiri atau berdua bersama teman. Kalian perlu pertimbangan yang matang dalam mengambil keputusan ini. 

Dari kedua pilihan ini tentunya masing–masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Lalu, lebih worth it mana antara kost sekamar sendiri atau berdua bersama teman? Yuk kita bahas bersama!

Memilih Kost Sekamar Sendiri

Jika kalian termasuk orang introvert, memilih kost sekamar sendiri adalah solusi yang tepat. Hal ini dikarenakan, kalian bisa berada di dalam kamar tanpa diganggu oleh orang lain dan tentunya privasi kalian juga akan terjaga. Kalian juga akan mempunyai ruang pribadi jika sedang ingin menyendiri.

Selain itu, kalian tidak perlu membutuhkan izin siapa pun untuk mengatur kamar. Seperti penataan kamar kost, memilih lampu dihidupkan/dimatikan saat tidur, bahkan bisa memilih menggunakan kipas/tidak.

Hal lainnya adalah kalian bisa lebih fokus untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan kalian. Sebab di dalam kamar kost  tidak  ada yang bisa mengganggu aktivitas kalian. Sehingga dalam menyelesaikan pekerjaan kalian dapat lebih efektif dan efisien.

Di samping itu, biaya kost yang harus dikeluarkan sedikit mahal daripada biaya kost untuk satu kamar berdua. Sebelum mendefinisikan mahal secara general, kamu bisa definisikan dulu budget yang kamu anggap mahal itu ada di range berapa.

Selain tentang biaya, terkadang kalian juga akan merasa kesepian di dalam kost karena tidak punya teman sekamar. Tetapi tenang saja, kalian masih mempunyai tetangga kamar kost yang bisa menjadi teman ngobrol kalian.

Memilih Kost Berdua Bersama Teman

Kamu adalah orang yang ingin berhemat? Atau kamu orang yang tidak mau pisah dari sahabatmu? Nah, memilih kost satu kamar dua orang adalah solusi yang tepat. 

Dengan memilih satu kamar untuk dua orang harganya bisa lebih murah. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi orang yang ingin berhemat, mengingat masih ada kebutuhan lain yang harus dipenuhi.

Keuntungan lainnya adalah kalian juga bisa berbagi dalam hal makan sehari-hari. Kalian bisa masak dan belanja kebutuhan bareng dengan cara patungan. 

Selain itu, kalian tidak akan merasakan kesepian di dalam kost. Teman sekamar bisa kalian jadikan teman ngobrol, tempat curhat, saling memberi masukan, dan saling mengingatkan kalau ada yang melakukan kesalahan.

Namun, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kurang nyaman jika kalian memilih kost satu kamar untuk dua orang. Dengan sekamar berdua privasi kalian akan terbatas, sehingga kalian akan merasa kurang leluasa di dalam kost.

Jika kalian seorang introvert, hal ini akan sedikit mengganggu kalian. Sebab, Kalian harus selalu berinteraksi dengan teman kalian. Hal lainnya adalah ketika teman kalian memiliki kebiasaan buruk, kalian bisa ikut terpengaruh kebiasaan buruk teman kalian jika tidak bisa mengontrolnya.

Selain itu, jika teman kalian seseorang yang kurang jujur, uang atau barang kalian kemungkinan bisa terancam keamanannya. Kalian harus lebih waspada untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Terkadang ada teman yang kurang menjaga kebersihan. Seperti membuang sampah sembarangan, meletakkan pakaian di kasur, meletakkan barang-barang tidak pada tempatnya, dll. 

Jika kalian seseorang yang menyukai kebersihan dan kerapihan hal ini akan membuat sedikit risih. Namun, hal ini dapat diatasi dengan cara menasihatinya agar bisa lebih menjaga kebersihan. 

Setiap orang pastinya mempunyai kebiasaan berbeda, seperti memilih tidur dengan lampu hidup atau mati, memilih menggunakan kipas atau tidak dll. Hal tersebut juga perlu didiskusikan antar rekan kamar. Jika tidak, bisa jadi akan menyebabkan perselisihan atau konflik untuk hal yang sepele.

Untuk itu, kalian perlu menyeleksi teman sekamar kalian. Pilihlah teman sekamar yang bisa diajak bekerja sama dan berkompromi. Ketika kalian sudah memilih teman yang tepat, sekamar untuk dua orang merupakan hal yang bagus.

Berdasarkan pengalaman penulis, penulis sendiri lebih memilih kost dengan satu kamar satu orang. Karena seperti yang sudah dijelaskan, dengan memilih satu kamar satu orang privasi kita lebih terjaga dan kita bisa bebas melakukan apa pun terhadap kamar kost kita.

Tetapi, untuk pengambilan keputusan tentang hal ini balik lagi ke diri kalian sendiri. Semua hal di atas tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Untuk itu, pengambilan keputusan tentang memilih kost satu kamar dua orang atau satu kamar sendiri tergantung dengan pilihan kalian. Kalian bisa  meminta saran dari orang tua atau teman yang sudah pernah merasakan pengalaman ngekost untuk pengambilan keputusan tersebut.

Tetap semangat buat kalian mahasiswa baru atau anak rantau! Semoga artikel ini dapat bermanfaat!