Mahasiswa yang kerja memang bukan menjadi pemandangan baru bagi masyarakat. Membantu orang tua membayar UKT (Uang Kuliah Tunggal) dan kebutuhan hidup sering kali menjadi alasan mengapa para mahasiswa mulai bekerja. 

Menghasilkan uang di usia muda merupakan impian bagi kebanyakan orang. Selain mendapatkan uang, mahasiswa yang bekerja juga mendapatkan pengalaman kerja yang bisa digunakan untuk mendaftar kerja setelah lulus nantinya. 

Sekarang, pekerjaan untuk mahasiswa lumayan mudah didapatkan jika kamu rajin melihat peluang yang ada di sekitarmu. Ini dia rekomendasi kerja sampingan untuk kamu mahasiswa yang ingin menambah uang saku.

 

Menjadi Content Creator

Di era globalisasi sekarang ini, banyak aplikasi online yang mempermudah seseorang untuk mengetahui apa yang terjadi di dunia ini. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi ini dengan menjadi content creator yang bisa menghasilkan uang untukmu. 

Kamu bisa membuat konten seperti vlog saat kamu sedang berlibur atau mengikuti suatu acara. Kamu juga bisa membuat mini vlog seperti "a day in my life", "yang seharian aku makan", "diet bareng aku", "olahraga bareng aku", dan lain-lain. Kamu hanya perlu merekam apa yang kamu lakukan dan mengunggahnya di tiktok, youtube, atau lainnya. Banyak orang yang menyukai hal seperti itu.

Selain itu kamu juga bisa memberi berbagai tips atau tutorial yang kamu tau, seperti tips dan tutorial make up, tutorial memasak, tips memilih tempat kos, dan sebagainya. Siapa tau tips mu banyak dicari orang kan? 

Kamu juga bisa menampilkan bakatmu melalui aplikasi online ini. Kamu bisa menyanyi, menari, menggambar, merajut, dan masih banyak lagi sesuai bakatmu. Konten seperti ini banyak ditonton. 

Setelah banyak yang menonton, kamu bisa mendapatkan endorse dari berbagai sumber untuk mempromosikan produk mereka. Uang yang didapat dari endorse ini tidaklah sedikit. Kamu bisa membantu orang tuamu menghasilkan uang dengan ini. Terlihat mudah? Coba saja, tidak ada salahnya mencoba. 


Berjualan Online

Teknologi berkembang pesat di jaman ini. Selain aplikasi online untuk hiburan, banyak aplikasi yang diciptakan untuk berjualan secara online. Shoping online ini banyak digemari masyarakat karena lebih mudah dan lebih murah dibandingkan belanja secara offline

Kamu bisa mulai berjualan online dengan menjadi reseller ataupun dropshipper dari usaha orang lain. Kamu membeli produk lalu menjualnya kembali dengan menambahkan harga untuk mengambil keuntungan. Kamu bisa mempromosikan produkmu melalui media sosial. 


Kerja Paruh Waktu

Banyak tempat yang membutuhkan jasa para mahasiswa, seperti minimarket, kafe, dan rumah makan. Kamu bisa mencoba melamar kerja disana dengan mengambil jam kerja yang tidak bertabrakan dengan jam kuliahmu. 


Unjuk Bakat

Kamu bisa memanfaatkan bakatmu untuk bekerja. Orang yang mengadakan pernikahan, terutama masyarakat Jawa, biasanya membutuhkan penari dan penyanyi untuk memeriahkan acara pernikahannya. Kamu bisa menjadi penari dan penyanyi di sana. 

Selain itu, kafe dan rumah makan biasanya membutuhkan penyanyi dan seseorang yang pandai bermain alat musik untuk menghibur tamu mereka. Kamu juga bisa mengikuti perlombaan sesuai dengan bakat yang kamu miliki, seperti lomba menyanyi, menari, melukis, bermain game, dan lain lain. 


Menjual Makanan

Mahasiswa sangat membutuhkan camilan untuk menemani mereka saat mengerjakan tugas, belajar, dan lainnya. Kamu bisa menjual berbagai makanan kepada mereka, baik itu kamu produksi sendiri atau membeli dari orang lain. Media sosialmu bisa kamu gunakan untuk mempromosikan jajananmu. Jangan lupa diedit dengan cantik ya agar banyak yang tertarik. 


Menjual Foto

Beberapa orang sangat menyukai fotografi. Walaupun bukan fografer profesional dengan kamera canggih, banyak orang yang dapat mengubah foto mereka menjadi aesthetic. Jika kamu salah satu dari orang itu, kamu bisa menjual fotomu di berbagai situs online sebagai berikut:

1. Shutterstock.com

2. iStockphoto.com

3. FreeDigitalPhotos.net

4. Fotolia.com

5. DemandMedia.com

Itu dia beberapa situs online yang bisa kamu manfaatkan. Daripada hanya memenuhi galeri, kamu bisa menyalurkan hobimu di bidang fotografi dan mendapatkan penghasilan dengan menjualnya. 


Menjual Desain Grafis

Kamu menyukai kegiatan yang berhubungan dengan desain? Pekerjaan satu ini cocok untuk kamu. Selain untuk mengasah bakat dan menyalurkan hobi dalam bidang desain, kamu juga bisa menjual desain grafismu di internet. Seperti menjual template power point, template di canva, logo, poster, dan desain grafis lainnya. 

Kamu bisa memberi harga sesuai dengan tingkat kesulitan yang kamu kerjakan. Kamu bisa mencari di internet bagaimana cara menjual desainmu itu di internet. 

Nah itu dia beberapa rekomendasi pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa. Kamu bisa memilih pekerjaan sesuai minat dan bakatmu. Jangan lupa izin kepada orang tua terlebih dahulu ya. Kamu juga harus mempertimbangkan apakah pekerjaan yang kamu pilih akan menggangu kuliahmu atau tidak, jangan sampai pekerjaan ini malah merugikanmu.

Pikirkan kesehatanmu juga, jika kamu memiliki aktivitas yang padat dan melelahkan, kamu dapat memilih pekerjaan yang ringan dan tidak butuh banyak tenaga. Jadilah bijak dalam mengambil keputusan. Semangat para mahasiswa!