Ketika kita mendengar tentang eropa pasti yang terbayang yaitu dunia barat yang megah serta majunya teknologi dan meningkatnya perekonomian.

Sebenarnya ada sumbangsih yang sangat besar dalam peradaban islam dimasa lalu, hal ini tidaklah aneh karena sejarah eropa modern adalah kelanjutan yang alami dari sejarah kegemilangan peradaban islam yang diantara keduanya tidak ada pemisahnya.

Pengaruh peradaban islam yang pertama yaitu di Andalusia (spanyol) ditempat ini merupakan jembatan utama peradaban islam dan pintu penting untuk proses transfer peradaban islam di eropa.

Pertama kali islam menginjakkan kaki di tanah spanyol islam memainkan peran yang sangat besar pada saat itu, berlangsung lebih dari 7.5 abad dan dibagi menjadi 6 periode.

Periode pertama adalah dimulai dari 711- 755 m pada periode ini stabilitas politik negera spanyol masih belum tercapai

Periode kedua adalah dimulai dari 755-912 m pada periode ini islam di Spanyol mulai memperoleh kemajuan baik dalam bidang politik maupun bidang peradaban, 

periode ketiga yaitu dimulai dari 912-1013 m pada periode ini umat islam di Spanyol mencapai puncak kemajuan dan kejayaan.

Periode keempat yaitu dimulai dari 1013-1086 m pada periode ini spanyol terpecah menjadi lebih dari 30 negara kecil dikarenakan adanya perang saudara.

Pada periode kelima 1086-1248 m pada periode ini islam masih terpecah akan tetapi islam pada masa itu di bantu oleh 2 kekuatan dinasti di Spanyol.

Pada periode keenam dimulai dari 1248-1492 m pada periode inilah islam mulai mengalami keruntuhan, berawal dari orang-orang yang memperebutkan kekuasaan yang menyebabkan islam melemah dengan demikian berakhirlah kekuasaan islam di Spanyol.

Pada saat itu umat islam dihadapkan oleh 2 pilihan yaitu masuk Kristen atau tetap islam namun harus pergi meninggalkan spanyol. 

Proses transfer peradaban islam di Eropa mencakup bidang ilmiah, pemikiran sosial,ekonomi dan lain sebagainya.

Andalusia bagian dari eropa dan menjadi pencerah peradaban islam selama berabad-abad karena banyak keberadaan kaum muslim disana mereka melakukan kemajuan-kemajuan besar dalam segala bidang.

Yang kedua yaitu sicilia (Italia selatan) jejak peradaban muslim yang bermula dari Italia selatan tersebut ketika wilayah sicilia jatuh dalam genggaman kaum muslimin.

Sicilia juga menjadi jembatan terpenting dalam peradaban islam di Eropa kaum muslimin menaklukkan ibukota sicilia pada tahun 216 hijriah dan tetap menguasainya selama kurang lebih 260 tahun, kehidupan di Sicilia telah diwarnai oleh warna-warna arab dan islam.

Adapun peninggalan peradaban Islam di Sicilia yang salah satunya adalah gereja San giovanni yang sebelumnya adalah masjid, sebelum dikenal sebagai pusat tempat kegiatan mafia sicilia telah dulu dikenal sebagai penyebaran ilmu pengetahuan keseluruhan eropa. 

Selama berada disana kaum muslimin melakukan pembangunan dan menampakan tanda-tanda peradaban seperti masjid, istana, rumah sakit, pasar dan benteng, bermacam-macam industri penting juga tumbuh disana seperti industri kertas, sutra dan pertambangan.

Begitu juga dengan ilmu pengetahuan yang tumbuh pesat disana dan sicilia berubah menjadi pusat terpenting antara pusat-pusat perpindahan warisan islam di Barat.

Yang ketiga yaitu perang salib berlangsung selama 2 abad, masa peperangan tersebut merupakan titik persinggungan terpenting antara eropa dan islam.

Pasukan salib yang datang ke Timur untuk perang, mereka terpengaruh dengan peradaban kaum muslimin dan mentransfer kemajuan-kemajuan islam di Eropa yang pada saat itu mengalami keterbelakangan dan kemerosotan. 

Perang salib termasuk pertempuran yang sangat terkenal dalam sejarah yang melibatkan 2 agama yaitu Kristen dan Islam. 

Faktor penyebab perang ini terjadi bukan lah karena agama melainkan perebutan wilayah antara Yerusalem dan tanah suci (sekarang palestina, Israel dan lainnya).

Pengaruh peradaban islam terhadap eropa mencakup banyak bidang yaitu yang pertama bidang akidah dan undang-undang, islam datang dengan akidah tauhid ditengah-tengah masyarakat dunia yang penuh kemusrikan

Yang kedua yaitu dalam bidang ilmu pengetahuan seperti ilmu kedokteran, farmasi, matematika, kimia, optik, geografi, astronomi dan lain sebagainya adalah bukti yang kuat atas pengaruh islam terhadap barat. 

Yang ketiga yaitu dalam bidang pendidikan dan muamalah, selama kekhilafan islam itu tercatat beberapa lembaga pendidikan islam yang terutama berkembang dari dulu hingga sekarang.

Namun ada beberapa diantaranya hanya tinggal nama tetapi nama-nama lembaga tersebut pernah mengalami kejayaan,  lembaga-lembaga pendidikan tersebut adalah nuzomiah di Baghdad, al-azhar di mesir, alqarawiyin di fez maroko dan sankore di Afrika barat. 

Masing-masing lembaga ini memiliki sistem dan kurikulum pendidikan yang sangat maju pada saat itu, dari beberapa lembaga itu berhasil melahirkan tokoh-tokoh pemikir dan ilmuan muslim yang sangat disegani.

Sesungguhnya kemajuan islam adalah hasil dari penerapan di kehidupan kita sehari-hari yang paling menyeluruh dalam segala aspek kehidupan, kemajuan islam merupakan cerminan tunggal yang paling indah dalam akidah dan pemikiran kesenian dan sastra ilmu pengetahuan.