Semenjak awal tahun 2020 ini, terutama saat PSBB kemarin, saya mulai kecanduan tiktok. Iya bener tiktok yang itu, yang katanya aplikasi alay.

Dulu memang sekitar 2018 aplikasi ini dapat streotip alay dari orang-orang. Saya pun dulu menganggap demikian. Karena memang dulu konten tiktok isinya orang joget-joget doang. Isinya orang-orang yang dulunya main Musically pindah ke platform Tiktok.

Setelah saya tahu, ternyata tidak demikian. Tiktok adalah platform sharing video dan ternyata isinya nggak selalu video alay. Kata head of operation Tiktok Indonesia, Tiktok mendistribusikan video-videonya ke orang yang tepat. Yaitu para pengguna yang memiliki kesukaan yang sama. Misal kalian suka konten tentang makanan, maka Tiktok bakalan banyak mendistribusikan video makanan ke beranda kalian. 

Jadi beranda tiktok itu seperti explore Instagram, apa yang sering kalian lihat, follow, dan like itulah nantinya yang bakalan banyak muncul di beranda kalian. Intinya, algoritma Tiktok itu macam Instagram.

Konten kreator di tiktok saat ini isinya banyak banget dari orang-orang berbagai kalangan. Dari pengusaha, ojol,  designer, hingga dokter pun banyak yang bermain Tiktok. 

Bagi kalian yang belum download Tiktok dan masih menganggap aplikasi itu alay, saya sarankan untuk download sekarang juga. Kalau kalian masih ragu nih saya kasih tahu konten-konten di tiktok dari tulisan ini.

1. Kontennya Informatif dan edukatif

Bener kalian ga salah baca. Konten di tiktok itu banyak banget konten yang informatif dan edukatif. Sekarang saya sedang mencoba belajar design sedikit demi sedikit. Dan di Tiktok banyak banget konten-konten yang membuat tutorial tentang design, baik tutorial design menggunakan hp ataupun dengan laptop. Selain konten tutorial design, pun ada juga yang membagikan tutorial-tutorial lainnya semisal tutorial dasar fotografi.

Dan jika kalian sedang mencoba diet di tiktok pun ada orang yang membagikan tips untuk diet. Dan ada juga konten dari dokter yang memberi informasi terkait kesehatan. Konten-konten informatif dan edukatif lainnya pun masih banyak banget, serius.

2. Banyak konten Komedi juga

Tiktok ini bisa jadi moodboster banget jika kalian badmod dan butuh hiburan. Banyak banget konten-konten yang lucu banget di tiktok ini. Ga percaya? Coba kalian buka Instagram dan lihat akun-akun komedi yang besar macam dagelan, pasti di antara kontennya repost dari tiktok.

Konten komedinya nggak melulu dari Indonesia kok, dari luar negeri juga banyak. Malah menurut saya konten komedi yang luar negeri lebih lucu daripada di konten komedi di Indonesia. Karena biasanya konten komedi luar banyak yang menyelipkan komedi gelap (dark jokes) di kontennya. Di Indonesia pun ada juga yang menyelipkan komedi gelapnya, tapi sedikit.

3. Inspirasi dan Ide banyak banget

Yups di tiktok kalian bakalan nemu banyak banget ide-ide dan inspirasi. Yang biasa saya temui biasanya inspirasi bisnis. Semisal inspirasi buat memulai bisnis, inspirasi buat ide bisnis kita nantinya, dan inspirasi bisnis buat packaging bisnis.

Selain ide dan inspirasi tentang bisnis banyak juga kok ide dan inspirasi lainnya. Semisal ide buat design, foto, pembelajaran, bahkan insiprasi buat outfit sehari-hari pun ada. Pokoknya banyak dehhh.

4. Video Review Produk

Di tiktok banyak banget konten-konten yang mereview tentang produk-produk bermanfaat. semisal ada konten orang ngereview barang yang pernah dibelinya di ecommerce tapi bermanfaat banget. beberapa memang ada yang bersponsor, tapi lebih banyak yang tanpa sponsor. Biasanya produknya meliputi produk kecantikan, barang elektronik, pakaian, dan masih banyak lagi.

Biasanya produk yang viral di tiktok bakalan membuat barang itu naik harganya. Seperti cerita teman saya, dia biasa membeli skincarenya yang dulu belum viral di Tiktok. Dulu harganya masih normal, tapi setelah viral di Tiktok  harga skincarenya naik hingga dua kali lipat. Harus berhati-hati nih bagi kalian yang suka belanja. Tiktok bakalan jadi ‘racun’ bagi kalian yang suka belanja.

5. Banyak Orang Baiknya

Konten ini lumayan jarang muncul di beranda saya, tapi beberapa kali saya pernah menemui konten seperti ini. Pernah suatu ketika saya menemukan konten orang yang membeli bakso dan saat itu kondisi dagangannya sepi. Kemudian ia uploadlah ke tiktok dan lumayan viral. Dan setelah viral dagangan si bapak menjadi laris. Ada juga konten yang isinya berbagi ke sesama. Pokoknya banyak juga orang-orang baik di Tiktok.

Itulah beberapa konten ‘nggak alay’ yang paling banyak muncul di beranda Tiktok saya. Sebetulnya masih banyak lagi konten-konten nggak alay lainya juga. Tapi saya sengaja hanya memberi tahu sedikit agar kalian dapat mendownload dan mencobanya sendiri. Selamat mencoba!