Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki kebudayaan yang beragam dan indah. Keberagaman itu dikarenakan Indonesia memiliki berbagai pulau dan provinsi yang jumlahnya banyak. Dan setiap provinsi pasti memiliki kebudayaan yang berbeda kebudayaan. 

Kebudayaan itu dapat berupa makanan, baju adat, rumah adat, tarian adat dan lain-lain. Salah satunya yaitu Pulau Jawa. Di pulau ini memiliki tiga provinsi yang padat penduduknya yaitu provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat . 

Jawa sendiri merupakan salah satu pulau yang sangat kaya akan kebudayaannya. Di sini kita akan membahas tentang salah satu makanan khas yang berasal dari Jawa. Yang pastinya sangat enak dan manis.

Siapa yang tidak asing dengan kue klepon. Salah satu makanan khas Jawa yang begitu melegendaris dan banyak orang yang menyukainya. Terutama bagi kita klepon mudah dibuat dan dicari karena di mana saja klepon dapat kita jumpai.

Klepon merupakan makanan tradisional berupa kue  yang terbuat dari tepung beras ketan. Memiliki  warna khas yang hijau  bertabur dengan parutan kelapa. Lalu  isiannya berupa gula  merah yang cair. Klepon merupakan makanan tradisional khas Jawa yang saat ini sudah mulai dikenal oleh warga asing.

Saat ini klepon dikenal sebagai kue tradisional yang banyak disukai orang dengan cita rasa yang manis dan gurih. Ketika kita menikmatinya, klepon kita akan mendapat sensasi tersendiri. Lalu saat kita menggigit kue klepon yang empuk seperti bantal dan kemudian akan keluar gula merah yang lumer di mulut.

Oleh karena itu, klepon memiliki keunikan tersendiri saat kita menikmatinya. Apalagi ditambah dengan minuman seperti kopi hitam pahit. Menambah rasa nikmat dalam menikmatinya. 

Klepon sudah ada sejak tahun 1950. Dimana saat itu Indonesia sudah mulai merdeka. Klepon diperkenalkan oleh imigran Indonesia kepada masyarakat belanda. Jadi tidak heran kue yang memiliki tekstur empuk seperti bantal ini juga dapat dijumpai di restoran Cina, Belanda, dan Indonesia.

Penyebaran kue klepon seperti yang disebutkan dalam buku Indisch leven in Nederland (2006) yang ditulis oleh J.M Meulenhoff.

Klepon merupakan kue tradisional yang memiliki harga yang terjangkau. Kita hanya perlu merogoh kocek sebesar 2000 rupiah dan sudah bisa menikmatinya. “Klepon jajanan murah dan enak mbak, harganya cuma 2000 udah dapat 5 biji ” ujar maulana. Penjual jajanan pasar di kios dekat SD Negeri 1 Gemolong .

Untuk menikmati kue tradisional ini sangatlah mudah. Jika kalian ingin membuatnya sendiri bahan dan cara membuatnya terbilang mudah. Pembuatannya tidak memerlukan banyak waktu. Lalu bahan-bahan yang kita butuhkan untuk membuat klepon dapat mudah ditemukan di pasar.

Dalam membuat kue klepon yang kita butuhkan yaitu tepung ketan, gula merah, kelapa, pewarna makanan, tepung beras, air, dan garam. Lalu untuk peralatannya memerlukan panci, kompor, baskom, dan daun pisang.

Cara membuatnya juga mudah. Pertama kita parut kelapa dan sisir gula merah untuk bahan pelengkap kue klepon nanti. Kedua kita campurkan tepung beras, tepung ketan, air dan beri sedikit garam pada adonan. Lalu uleni adonan sampai kalis sampai adonan tidak lagi menempel pada wadah. 

Langkah ketiga setelah adonan sudah kalis bagi adonan dan pipihkan adonan. Jangan lupa masukkan gula merah sisir lalu bentuk  bulat-bulat menggunakan tangan. Keempat setelah semua adonan sudah dibentuk kemudian siapkan panci berisi air untuk merebus kue klepon.

Setelah air mendidih kemudian masukkan kue klepon itu ke dalam panci. Kita tunggu sampai mengembang dan mengambang di permukaan air. Setelah klepon di rebus kemudian tiriskan  dan masukkan klepon ke dalam wadah yang berisi parutan kelapa. 

Dan klepon pun telah siap di hidangkan untuk cemilan pagi hari maupun sore hari kita. Dimakan didampingi secangkir kopi yang menambah kenikmatannya. 

Saat ini kue klepon sudah banyak yang mengkreasikannya dengan menggunakan warna lain. Dan bahan-bahannya telah diubah bahan lainnya. contohnya ada klepon yang berbahan dari singkong dan ubi ungu.

Tentu hal tersebut menjadikan kue klepon dapat dilestarikan dengan baik dan tidak mudah mengalami kepunahan oleh zaman. Klepon makanan khas Jawa berbahan dasar tepung beras ketan yang memiliki cita rasa manis dan gurih. Dan untuk mendapatkannya kita tak perlu bersusah payah karena harganya yang terjangkau atau bahkan kita dapat membuatnya sendiri di rumah.

Klepon juga dapat dikreasikan. Mulai dari bahannya yang diubah maupun warnanya yang dapat juga diubah. Meskipun bahan-bahannya diubah tidak merusak cita ras dari klepon. Cita rasa dari klepon yang manis dan empuk. 

Hal tersebut memungkinkan muncul ide kreatif. Ide kreatif tersebut untuk membuat klepon memiliki berbagai cita rasa. Namun, klepon harus identik dengan ciri khasnya yaitu empuk dan manis. Mungkin ke depannya klepon juga bisa menjadi masakan yang menyebar ke seluruh dunia.