Di Indonesia, terdapat banyak sekali jenis tanaman dan tumbuhan yang dapat digunakan sebagai obat herbal. Pengobatan herbal sudah lama digunakan oleh masyarakat untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Pengobatan herbal terbilang cukup efektif untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit mulai dari penyakit yang ringan hingga penyakit yang cukup serius. Keistimewaaan dari pengobatan herbal, yaitu tidak terdapatnya efek samping seperti obat-obatan kimia pada umumnya.

Salah satu tanaman yang memiliki khasiat mengobati berbagai macam penyakit, yaitu tanaman Sambung Nyawa atau Akar Sebiak.

Tanaman yang bernama latin Gynura Procumbens ialah salah satu tanaman asli Indonesia yang sudah lama dipercayai dan di pakai oleh masyarakat untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit.

Tanaman Sambung Nyawa tersebut banyak terdapat di pulau Jawa, Sumatra, dan sebagian tumbuh liar di Pulau Bali.

Tanaman Sambung Nyawa ini memiliki ciri ciri sebagai berikut: Batang tegak lurus ke atas dan tidak memiliki cabang atau ranting, tinggi batang bisa mencapai 3 meter. Daun yang berbentuk helaian dan bentuknya bulat memanjang dengan Panjang daun berkisar 3,5 - 12 cm, dan lebar daunnya berkisar 1 - 5,5 cm dan memiliki ujung daun meruncing, runcing, dan meruncing pendek, pangkal membulat.

Tepi daun rata, bergelombang dan sedikit bergerigi. Permukaan dari kedua sisi daun memiliki rambut-rambut halus. Tanaman yang memiliki nama unik tersebut memiliki banyak khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Tumbuhan ini bersifat dingin dan natural dan Mengandung beberapa senyawa seperti polifenol, tanin, saponin, quercetin, steroid, triterpenoid dan senyawa lainnya yang bertindak sebagai antioksidan dan memberikan efek pengobatan untuk berbagai macam penyakit.

Banyak orang yang belum mengetahui manfaat yang terdapat di dalam daun sambung nyawa tersebut. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa manfaat daun sambung nyawa:

1. Mengobati Penyakit Liver

Yang pertama manfaat dari daun sambung nyawa yaitu untuk pengobatan tradisional penyakit liver. Cara penggunaannya yaitu daun sambung nyawa dibuat jus untuk para penderita penyakit liver dan di minum 2x sehari.

2. Membantu Penderita Diabetes

Manfaat daun sambung nyawa berikutnya yaitu untuk membantu pederita penyakit diabetes sembuh dari penyakitnya. Adapun cara yang digunakan terbilang cukup mudah, ambil 5 hingga 7 lembar daun sambung nyawa kemudian cuci bersih untuk menghilangkan dari kotoran dan bakteri, lalu dijadikan sebagai lalapan nasi. Usakan untuk melakukan cara ini rutin setiap hari di pagi dan malam hari.

3. Membasmi Kolesterol

Penggunaannya masih sama dengan penyembuhan penyakit diabetes yaitu dijadikan sebagai lalapan nasi. Daun sambung nyawa bisa juga digunakan untuk membasmi kolesterol yang terdapat dalam tubuh. Anda hanya perlu mengkonsumsi 3 lembar daun sambung nyawa tiap kali makan secara teratur.

4. Mengobati Ambeien

Selanjutnya manfaat dari daun sambung nyawa yaitu dapat digunakan sebagai obat penyakit ambeien. Anda bisa menyiapkan 4 hingga 6 lembar daun sambung nyawa lalu dijadikan lalapan nasi, selain itu bisa juga dengan cara dibuat jus dan di minum 1x sehari.

5. Menghilangkan Tetanus

Luka yang diakibatkan benda berkarat berdampak akan terjadinya tetanus apabila benda tersebut tidak segera dicabut dari tubuh semisalnya seperti terluka akibat paku berkarat.

Cara menghilangkan tetanus menggunakan daun sambung nyawa yaitu terlebih dahulu siapkan 2 jari kecur, lalu bengle setengah jari, dan gula aren atau enau secukupnya. Kemudian tambahkan 2 gelas air lalu rebus hingga tersisa 1 gelas saja, setelah itu minum air rebusan tersebut rutin setiap hari hingga tetanus benar-benar hilang.

6. Luka Akbiat Gigitan Ular

Terkena gigitan ular bisa mengakibatkan tak sadarkan diri atau bahkan berujung dengan kematian jika terlambat di tangani. Agar bisa ular bekas gigitan tidak menyebar ke seluruh tubuh, daun sambung nyawa dapat mencegah bisa ular agar tidak menyebar ke seluruh tubuh.

Caranya yaitu siapkan 10 hingga 15 lembar daun sambung nyawa lalu tumbuk hingga benar-benar halus setalah itu tempelkan segera pada luka bekas gigitan ular tersebut. Dengan cara seperti itu daun sabung nyawa akan bereaksi dan mencegah bisa ular agar tidak menyebar ke seluruh tubuh.

Manfaat lain dari tumbuhan ini sebagai:

Antineoplastik, Menurunkan panas badan, Mengobati sakit limpa, Sakit ginjal, Sakit kulit, Menurunkan tekanan darah, menghilangkan pegal-pegal, Mengandung senyawa flavonoid yang berkhasiat untuk memperbaiki fungsi hati, Menurunkan kadar gula darah, Antimicrobial, Antikarsinogeik, Sitotoksik terhadap sel kanker, Hipertensi, Stroke, Penyakit jantung, Gangguan lambung, Radang pita suara, Radang tengkuk, Batuk dan Sinusitis.

Daun sambung nyawa memang tidak diragukan lagi khasiatnya, mulai dari penyakit yang ringan, cukup serius, hingga luka bekas gigitan ular pun dapat ia sembuhkan.

Bahkan sekarang sudah terdapat kapsul yang berisikan bubuk dari daun sambung nyawa. Jika kalian ingin membuktikan manfaatnya, bisa kok tumbuhan dengan nama unik ini di tanam di pekarangan rumah dan perawatan untuk tanaman sambung nyawa ini terbilang cukup mudah.