Karyawan Swasta
1 bulan lalu · 35 view · 3 min baca menit baca · Hiburan 88672_44858.jpg
Ilustrasi: bgr.com

Kesuksesan Marvel Cinematic Universe

Awal tahun 2019 ini, kita, penikmat film, disuguhkan dengan sebuah film superhero yang menjadi fenomena terbesar di dunia perfilman. Tentu hampir sebagian dari kita setuju bahwa Avengers EndGame merupakan salah satu film superhero tersukses dan terbaik yang pernah ada (salah satu yang terbaik). 

Avengers EndGame merupakan film penutup dari 21 film MCU yang dinamai dengan Infinity Saga. Semua bermula pada tahun 2008 saat film Iron Man pertama rilis, tidak ada yang akan menduga bahwa universe yang mereka bangun akan sebesar ini. Fondasi yang dibangun oleh Disney dan Marvel menunjukkan bahwa mereka serius untuk membawa karakter superhero ke level yang lebih tinggi.

Lalu bagaimana Marvel Cinematic Universe mampu untuk menguasai dunia perfilman dengan franchise superheronya ? Mari kita bahas beberapa poin di bawah ini:

1. Pemilihan Cast 

Sudah 22 film hingga saat ini dan semua cast mampu menunjukkan kelebihan serta karakteristik para superhero yang mereka perankan. Para cast seolah mampu untuk benar-benar membawakan karakter mereka serupa dengan yang ada di komik. 

Contoh yang sudah pasti adalah Robert Downey Jr yang memerankan Tony Stark. Ia seolah-olah dilahirkan untuk menjadi seorang Tony Stark. 

Tingkahnya yang flamboyan serta nyentrik di kehidupan nyata terasa sangat cocok dengan sosok Tony Stark. Bisa dikatakan bahwa tim casting dari MCU menjalankan tugasnya dengan sangat amat luar biasa.

Para cast juga mampu terlibat aktif dalam pengembangan karakter mereka. Mereka seolah membuat karakter yang mereka perankan menjadi lebih hidup dan meninggalkan kesan yang dalam bagi para penonton. 


Kita bisa melihat bagaimana Tom Hiddlestone memerankan Loki. Lalu yang baru terungkap adalah bagaimana Mark Rufallo memiliki peran dalam pengembangan karakter Hulk. Yang kita tahu Hulk hanya selalu merusak dengan tenaganya yang luar biasa, namun Mark memberikan sentuhan lain dalam karakter Hulk dari film Thor Ragnarok sampai ke EndGame.

2. Pengembangan Cerita

Film-film superhero memang diadaptasi dari komik. Namun untuk Marvel Cinematic Universe, mereka memilih untuk merombak cerita tersebut sehingga mampu untuk lebih menggapai penonton. 

Mereka tidak mentah-mentah mengambil cerita dari komik. Pengembangan cerita yang tepat dari para penulis, produser, maupun sutradara sangat berperan penting. 

Penulis maupun sutradara mampu untuk mengubah sudut pandang akan sosok superhero. Film superhero yang sering dianggap film serius justru di MCU mereka memasukkan unsur komedi yang menjadi bumbu pelengkap. 

Hal ini juga menjadi pembeda akan film Marvel dan beberapa film superhero lainnya. Sehingga MCU selalu dikenal dengan film superhero yang menampilkan tone cerah dan bisa dimengerti oleh hampir semua orang.

Orang-orang yang bekerja di balik layar maupun para cast mampu memahami cerita dan karakter-karakter Marvel sehingga mereka mampu memberikan yang terbaik untuk MCU.

3. Cerita yang Berkesinambungan

Adanya Post Credit Scene pada setiap film MCU menjadi daya tarik tersendiri. Penonton seolah dibuat penasaran akan cerita apa yang akan dihadirkan pada film berikutnya. 

Selain itu, pada setiap film MCU, selalu ada referensi atau rujukan dari film-film lain atau film yang akan datang. Selalu ada clue atau petunjuk yang membuat kita penasaran. 

Setiap film selalu menjadi penghubung ke film lainnya. Contohnya bagaimana Guardians of The Galaxy mampu untuk terhubung ke Avengers. Yang menjadi penghubung adalah Thanos serta Infinity Stones. Ini yang membuat ceritanya saling berkesinambungan. 

4. Tim Marketing 

Tidak bisa dimungkiri bahwa MCU memiliki tim marketing terbaik. Mereka mampu untuk mempromosikan film-film MCU dengan sangat baik, mampu untuk menjaga kerahasiaan film dengan sangat baik. 

Tentu ada beberapa yang bocor dari Mark Rufallo maupun Tom Holland. Namun kita tidak tahu apakah itu merupakan kesengajaan ataupun ketidaksengajaan. 

Contohnya adalah saat Mark Rufallo tidak sengaja menjalankan Instagram Live saat penanyangan perdana Thor Ragnarok, sehingga beberapa orang bisa mendengar percakapan di awal film. Namun justru hal tersebut membuat orang-orang makin penasaran saat itu. 

Baca Juga: Captain Marvel

5. Banyak Pilihan Karakter 

MCU memiliki banyak karakter yang belum diangkat menjadi film. Ditambah lagi sekarang X-Man dan Fantastic Four sudah kembali ke tangan Marvel sepenuhnya setelah bertahun-tahun ada di tangan Fox. 

Dengan banyaknya karakter yang mereka miliki, mereka bebas untuk mengekploitasi lebih dalam lagi karakter serta ceritanya. Namun MCU harus bisa memikirkan bagaimana karakter-karakter baru ini akan mampu masuk ke dalam universe yang sudah mereka bangun selama 11 tahun ini. 

Tentu Kevin Feige sebagai produser serta bos dari MCU sudah tahu ke mana arah dari para karakter baru nantinya; apakah mereka akan membentuk universenya lagi atau akan dimasukkan ke dalam universe yang sudah ada.

Patut dinanti apakah MCU akan terus mendominasi film superhero atau justru akan ada perlawanan dari saingan terdekat mereka, yaitu DC. 

Namun satu yang kita tahu pasti bahwa MCU sudah meninggalkan kesan yang luar biasa bagi para penggemar superhero ataupun penikmat film. Karena tidak ada yang akan mengira kalau franchise superhero akan sebesar ini. I love you 3000!

Artikel Terkait