Pernahkah kalian merasa kesepian ketika berada ditengah banyak orang ? Hampir setiap orang pernah merasakan kesepian.                                  

Kesepian merupakan suatu kondisi mental, di mana keadaan kita merasa hampa, sendiri, dan tidak diinginkan.  Kesepian bisa kapan saja timbul namun jika berlangsung terus menerus kita perlu mewaspadai hal ini, karena bisa berdampak terhadap kesehatan mental.

Beberapa dari kita terkadang merasa kesepian namun tidak menyadari penyebab perasaan itu terjadi. Kita cenderung hanya diam dan menyembunyikan perasaan tersebut serta berpura – pura untuk biasa saja.

Seperti contoh, ketika bersama orang lain kita akan sering diam dan jika ditanya kita akan mengatakan sedang baik – baik saja.

Kita merasa tidak selalu mudah untuk berbicara dengan orang lain tentang betapa kesepiannya perasaan kita. Semakin sulit bagi kita, semakin kita akan merasakan kesepian itu. Banyak dari kita yang meluapkannya lewat air mata.

Kesepian itu bisa kita atasi dengan melakukan beberapa hal berikut:

Selalu berpikir positif

Rasa kesepian timbul ketika kita sering berpikir negatif, seperti merasa bahwa dirinya tidak dipedulikan orang lain dan merasa dirinya tidak berharga. Di samping itu kadang merasa diri kita menjalani kehidupan yang buruk, gagal, dan menderita.

Namun hal tersebut bisa kita atasi dengan selalu berpikir positif. Sebagai contoh merasa suatu saat nanti diri kita dibutuhkan oleh orang lain.

Berpikir positif merupakan suatu keharusan yang dilakukan oleh semua orang. Dengan begitu kita bisa melihat dan memahami bagaimana proses kehidupan itu berputar. Akan ada saat di mana kita merasa kesepian dan ada saat di mana kita banyak teman.

Mencoba hal – hal baru

Dengan mencoba hal – hal baru mungkin bisa membantu mengubah suasana di sekitar kita. Kita mendapat lebih banyak pengetahuan dan wawasan yang baru.

Bertemu orang – orang baru dengan berbagai pengalaman yang berbeda. Ungkapkan semua hal yang dirasakan agar perasaan lega dan lebih santai. Sehingga bisa mengurangi rasa kesepian dalam diri kita.

Kita juga bisa jalan - jalan ke tempat yang banyak pemandangan hijau. Jika tidak suka berjalan keluar kita bisa melakukan hal – hal yang lain seperti membaca buku, menulis diary, menonton film, mendengarkan musik ataupun berolahraga.

Mencintai diri sendiri

Sering kali kita lupa bahwa kesepian bisa terjadi jika kita kurang mencintai dan memahami diri sendiri dengan baik. Kita lebih memperhatikan kebahagiaan orang lain daripada diri sendiri.

Seperti, selalu mengatakan “iya” untuk semua permintaan orang lain padahal kita tidak mau, hanya demi kebahagiaan orang lain.

Stop lakukan hal itu, bukan karena kita egois. Namun jika terus melakukan hal tersebut kita akan merasa terbebani setiap saat dan akan berdampak pada diri kita sendiri. Kita harus berani memberikan penolakan ajakan dari orang lain.

Jangan berpikir jika kita menolak, mereka akan beranggapan bahwa kita tidak menghargai ajakan mereka. Saat menolak ajakan mereka katakan “maaf, tidak bisa”. Jangan memberi terlalu banyak alasan, karena mereka akan cenderung bernegosiasi dengan kita.

Mari kita lebih mencintai diri sendiri, memberi kalimat afirmasi positif, dan motivasi pada diri sendiri. Mengubah sudut pandang kita untuk diri sendiri, jangan biarkan diri kita merasa terbebani, dan berani berkata tidak.

Jangan sungkan meminta bantuan orang lain

Pada dasarnya manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan bantuan orang lain. Jika kita merasa kesepian ada baiknya meminta bantuan kepada orang lain.

Dengan hal ini kita bisa berbagi perasaan dengan orang tersebut atau bahkan bisa menemukan solusi untuk mengatasi kesepian yang sedang kita rasakan. Meminta bantuan orang lain tidak perlu malu, karena dengan meminta bantuan kita bisa menambah relasi.

Dengan menambah relasi kita bisa mengetahui sifat dari setiap orang, karena setiap orang tidak selalu mempunyai sikap toleran dan bijak. Perlu diingat meminta bantuan bukan berarti kita lemah.

Akan berdampak buruk jika kita terlalu sering merasa kesepian di tengah banyak orang. Tingkat stres akan lebih tinggi dibandingkan orang – orang yang tidak merasa kesepian.

Stres ini bisa menyebabkan insomnia atau gangguan tidur, sehingga sering terbangun tengah malam. Hal itu akan mempengaruhi kualitas tidur kita berubah tidak teratur dan kita akan berpikir negatif.

Maka dari itu kita harus menghindari rasa kesepian yang berlarut – larut supaya ke depannya tidak berdampak pada kesehatan mental kita.

Jika kita merasa kesepian segara lakukan hal – hal yang bisa membuat merasa ramai. Jika dirasa sudah terlalu parah hingga depresi segeralah menemui psikiater.

Namun jika tidak berlebihan kesepian juga bermanfaat untuk kita seperti kita bisa merefleksi diri sendiri, fokus dengan tujuan kita, dan kita bisa belajar menghargai sesuatu serta lebih bersyukur dengan kondisi diri sendiri.