2 bulan lalu · 42 view · 5 min baca menit baca · Lingkungan 29103_67921.jpg

Kertas Mengikis Paru-Paru Dunia

Di era milenium ini fungsi kertas sudalah menurun yang mana dulu kertas memiliki peran penting untuk sebagai sarana penyampaian ilmu pengetahuan,pesan dan informasi.Kini sudah beralih dengan adanya internet semua bisa terkendali tanpa susah payah harus menulis dengan tinta di atas kertas hanya untuk balas membalas surat ataupun sekedar memberi informasi tentang seluruh  penjuru dunia.

Namun,secanggih apa pun internet tetap saja akhirnya kertas masih dibutuhkan untuk berbagai bidang entah itu Rumah Sakit,Perusahaan,Sekolahan bahkan Rumah Tangga menggunakan kertas. Siapa coba yang tidak tahu dengan kertas? kertas yang mudah sobek,warnya mudah luntur dan tidak anti air ini walaupun memiliki kekurangan keluh kesah tentang kertas tetapi saja kertas menjadi teman kita sehari-hari.

Kita semua tau seberapa penting kertas dengan kita tapi tidak banyak orang tahu apa yang  terjadi di bumi ini hanyak karena selembar kertas bisa menghancurkan bumi kita,walaupun kertas termasuk sampah yang dapat uraikan tetapi tetap saja ada dampak yang bisa terjadi atas tingkah laku kita pada bumi,ini ulasan penting tentang kertas dan paru-paru dunia.

Kertas dan kehidupan manusia

Faktanya kita tidak bisa jauh dari kertas,lahirnya kita di bumi ini selembar kertas sudahlah berlaku untuk pembuatan akta kelahiran,semua yang berhubungan dengan kertas kita sudah jumpai dari masa kanak-kanak,hingga kita telah disemayamkan kertas menjadi suatu catatan tentang hidup kita untuk dibuatkan akta kematian. 

Kertas menjadikan salah satu media kreatifitas anak,anak bisa mengembangkan kreatifitasnya melalui kertas bahkan bagi sebagian orang kertas berperan secara fungsional namun juga media untuk mengekspresikan perasaan serta pikiran. Jadi,apakah arti selembar kertas dalam hidup mu? Semua orang pasti bingung menjawabnya,kertas menjadi berharga di hidup kita karena kertas ada disetiap tahap kehidupan.


Kertas dan bisnis

Semakin kita butuh kertas di hidup kita , semakin banyak kertas yang kita beli artinya permintaan akan kertas semakin meningkat,produsen kertas akan membuat lebih banyak lagi artinya mereka akan menebang lebih banyaknya pohon. Di indonesia pabrik kertas  juga sudah menjulang banyak. 

Seperti Pabrik kertas di Pematang Sumatera Utara,pabrik kertas Padalarang,pabrik kertas Notog Purwokerto,pabrik kertas Blakbak di Magelang,pabrik kertas Leces di Probolinggo,pabrik kertas Basuki Rachmat di Banyuwangi dan pabrik kertas Tjiwi Kimia di Sidiorjo.Banyak pabrik kertas yang beredar pasti akan menimbulkan limbah untuk kehidupan sehari-hari.

Kertas dan limbah

Limbah yang akan kita bahas ada bagaimana bisa tumpukan bermacam kertas, seperti kertas putih,kertas koran,buku,majalah menghancurkan bumi kita. Tentu saja bisa bukan, sampah kertas merupakan hal kecil sering dilupakan,namun dapat menjadi masalah yang sangat besar apabila tidak di tangani secara serius.

Dengan adanya limbah kita harus bisa membudidayakan daur ulang inovasi kecil dari suatu kertas agar bisa menjadi barang yang bermutu ataupun bernilai jual dan menguntungkan.

Contoh hal kecil buku dan majalah yang tidak terpaka bisai kita berikan pada yang membutuhkan agar budaya membaca pun bisa di terapkan dari pada terbengkalai berdebu di rumah. Bisa juga membuat suatu kreatifitas yang sederhana membuat mainan anak-anak dari koran bekas seperti membuat topeng mainan dari bubur kertas koran dan bisa juga membuat kotak pensil dari gulungan susunan majalah.

Kertas dan hutan

Hutan merupakan paru-paru dunia di dalamnya memiliki banyak tumbuhan dan tanaman yang mampu menyerap karbondioksida.Selain itu, hutan menghasilkan oksigen,mengatur tata air,penanggulangan bencana,dan jangan lupa akar-akar dari pohon bisa mengikat tanah dan menyerap air ,sehingga bencana banjir dapat di cegah.Selain itu hutan juga berfungsi untuk pelindung aneka flora  dan fauna.

Di hutan ini pohon-pohon ditebang untuk membuat kertas.Satu pohon kayu menghasilkan beberapa rim kertas, 1 batang pohon dapat menghasilkan oksigen,untuk memproduksi 1 ton kertas dibutuhkan banyak kayu dan setiap jam dunia banyak kehilangan berhektar-hektar hutan  karena di tebang untuk menjadi bahan baku kertas.

Coba tanyakan pada diri anda sendiri,apakah anda termasuk orang penghambur kertas?


Jika iya, coba pertimbangkan kembali bayangkan ribuan pohon di tebang hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, apakah ada timbal balik kita pada alam yang melestarikan nya kembali agar tak punah.

Kita ini tergantung pada hutan ,hanya saja bagaimana kita memperlakukan alam dengan baik dengan cara menjaga namun bila kita merusaknya jangan salahkan alam untuk suatu bencana nya yang terjadi  karena itu semua adalah ulah kita sendiri.

Kertas dan global warming

Pemanasan global merupakan dampak nyata akibat dari rumah kaca dan hutan yang semakin gundul menjadi penyebabnya  dikarenakan benda yang menghasilkan zat karbondioksida  bisa membuat bumi semakin panas. Zat karbon tidak bisa diubah menjadi oksigen oleh keberadaan hutan yang semakin sedikit , selain itu juga bisa merusak lapisan ozon bumi sehingga es di kutub  akan semakin mencair.

Saat kertas membusuk atau menjadi kompos akan menghasilkan gas metana yang 25 kali lebih berbahaya dari karbondioksida,hal ini yang membuat kertas menjadi salah satu penyebab pemanasan global. Setiap rencana pasti menuaikan suatu resiko yang di tanggung seperti hal nya pembuatan kertas akan menibulkan dampak negatif yang terjadi selanjutnya.

Kertas dan bencana

Bencana timbul akibat penebangan hutan menjadi bahaya besar untuk semua masyrakat .

Akibat hutan gundul bisa menyebabkan kekeringan.Saat pohon jumlahnya hanya sedikit,air yang di serap pun hanya sedikit.Sehingga air tanah juga menjadi sedikit.

Hutan yang semakin gundul bisa menyebabkan tanah longsor.Hal itu di karenakan akar tumbuhan berfungsi sebagai pemadat struktur tanah.Saat hujan datang,air tersebut tidak langsung mengenai tanah sehingga tidak menyebabkan tanah longsor.

Akar pohon tersebut justru akan menyerap hujan yang datang.Untuk hutan yang gundul,air hujan bisa langsung jatuh ke atas tanah tanpa terhalang oleh pohon terlebih dahulu.Air tersebut juga tidak terserap oleh akar pohon.Tanah yang terkena hujan terus menerus kontur dan struktur tanahnya bisa rusak kemudian menyebabkan longsor.

Selain bencana longsor,hutan yang gundul dampak akan berakibat banjir sangat besar perannya,Akar pohon atau akar tumbuhan  bisa menyerap air hujan yang meluap sehingga saat datang banjir pun air itu bisa terserap oleh akar dengan volume banyak.Jika hutan telah gundul akibatnya adalah ketika banjir datang,air banjir bisa meluber kemana-mana sebab tidak terserap oleh akar pohon.


Alangkah baiknya,kurangi pengunaan kertas karena dengan kita memakai satu lembar kertas berarti kita telah menebang satu pohon, mulailah dari diri sendiri dengan  mendaur ulang kertas sama saja kita menyelamatkan banyak pohon.

Untuk mengurangi pengunaan kertas bisa menggunakan kertas secara bolak balik agar lebih efisen ,lalu jadilah pengguna kertas yang kreatif seperti halnya membuat suatu karya seni baru yang terbuat dari bahan bekas koran,buku,majalah.Dan untuk mencegahnya terjadi bencana kita bisa melakukan timbal balik dengan alam dengan melakukan penghijauan kembali.

Jika kita semakin menghemat  selembar kertas  berarti kita menyelematkan dunia dari bencana.Ingat masa depan hutan ada di tangan kita semua kalau bukan kita yang menjaga dan melaestarikan lalu siapa lagi.

Artikel Terkait