Hei, pernah ga sih kamu ngerasa insecure dengan dirimu sendiri? Pernah ga sih kamu ngerasa kalau orang lain itu lebih baik daripada diri kamu? Pernah ga kamu ngerasa kalau kamu itu sangat-sangat lemah daripada orang lain?

Mulai saat ini, kamu wajib banget hilangkan pemikiran buruk itu, yaps! Inget, insecure berlebihan itu ga baik. Kamu harus bisa bangkitkan percaya diri dan hidup lebih baik. Namun sebelum itu, kamu harus kenali diri kamu dulu, kamu tuh orangnya seperti apa, dan kamu nyamannya seperti gimana.

Awali dari kenali diri lalu bangkitkan percaya diri setelah itu jalani hidup lebih baik lagi. Sepakat ga nih? Kalau sepakat, boleh yuk lanjut baca artikel ini biar kamu makin kenal, dan percaya sama diri kamu seutuhnya. Siap? Tahap pertama kamu harus kenali diri. Sebelum itu kamu harus tahu mengenali diri itu yang kaya apa sih?

Mengenali diri sendiri adalah suatu kemampuan diri untuk menyadari perasaan emosi maupun fisik, reaksi, kebiasaan dan pemikiran yang akan menyesuaikan diri sesuai dengan apa yang dilakukan dan dihadapi. Lantas, gimana sih cara mengenali diri sendiri? Berikut adalah cara supaya kamu dapat mengenali diri dengan baik.

1. Ketahui dan pahami kelemahan dan kekurangan diri sendiri

Saat kamu mencoba mengenali diri sendiri, kamu harus benar-benar tahu kelemahan dan kelebihan yang kamu miliki. Kamu itu jago di bidang apa dan agak susah di bidang apa. Kamu harus tahu gimana cara mengimbangi kedua hal itu.

Harus bisa menutupi kelemahan dengan kelebihan, sehingga kamu tidak merasa insecure saat tiba-tiba suatu masalah datang membuat kelemahanmu terlihat, tapi kamu mampu menutupi hal itu dengan kelebihan yang kamu punya. Proporsi kelebihan dan kelemahan setiap orang itu sama. Hanya saja berbeda bidang saja.

2. Hargai diri sendiri

Selanjutnya, kamu wajib menghargai diri sendiri. Kasih motivasi untuk diri, dan bangkitkan semangat dalam diri. Jangan merasa lemah dan merasa tidak mampu melakukan sesuatu.

Ketika kamu mencapai suatu pencapaian, kamu harus bisa memberikan penghargaan pada diri sendiri. Berikan kata hangat, dan bangkitkan semangat kembali. Kamu juga bisa mencoba, membuat target dan membuat tangga pencapaian sehingga kamu makin semangat untuk meraih pencapaian itu. Jangan lupa setelah pencapaian itu diraih, sesekali manjakan dirimu.

3. Bersikap jujur pada diri sendiri

Bersikap jujur pada diri sendiri sangat penting dilakukan, sama halnya seperti berbuat jujur kepada orang lain. Mulailah kejujuran itu dari diri sendiri.

Tanpa adanya kejujuran maka kamu akan merasa tidak tenang dalam menjalani suatu hal. Ketika kamu jujur, maka tenang akan datang dan kamu akan mudah menjalani hidup dan tantangan yang ada di depan.

4. Dengarkan suara hati

Kerap kali suara hati tidak pernah didengar. Padahal justru suara hati ini paling penting didengar disaat pemikiran sedang bertolak belakang dengan diri. Selaraskan niat dan pemikiran. Ketika merasa ragu dengan pemikiran, sesekali cobalah dengarkan suara hatimu. Ketahuilah, suara hati tidak pernah bohong.

5. Pusatkan perhatian saat menjalani kehidupan

Saat menjalani kehidupan, kenali diri sendiri dimulai dengan fokus dan pusatkan perhatian pada bidang yang akan dilakukan. 

Kamu harus bisa fokus pada bidang tersebut untuk mengukur sampai batas mana kemampuan kamu melakukan hal itu. Lakukan semuanya dengan semaksimal mungkin dan jangan merasa tidak bisa melakukannya.

6. Sadari dan pahami peran diri dalam kehidupan

Kamu harus bisa paham peran diri dalam kehidupan, kamu harus punya tujuan hidup dan buat suatu target yang sangat kuat untuk mendukung adanya kamu di kehidupan ini.

Kamu harus bisa membuat suatu peran yang penting untuk bisa mencapai tujuanmu yang kuat itu. Jangan sampai kamu lupa tentang peran yang kamu pilih dan tujuan yang kamu buat. Agar kamu tidak merasa menyerah dalam hidup.

7. Jangan berusaha mengubah diri

Hal terakhir dalam mengenali diri, jangan pernah sekali-kali kamu mengubah diri kamu menjadi orang lain. Ketika rasa insecure datang kamu harus bisa menguatkan diri agar tidak sampai mengubah kepribadian diri menjadi kepribadain orang lain.

Karna ketika kamu melakukan hal itu, lambat laun  kamu akan merasa lelah tidak bisa terbuka dan selalu berbohong pada diri sendiri. Seperti pada poin tiga, kamu harus bisa jujur pada diri sendiri.

Maka, ketika kamu mengubah diri, kejujuran itu akan hilang dengan sendirinya. Oleh karena itu, jangan pernah sesekali mengubah diri sendiri menjadi oranglain bahkan mengubur sifat diri sendiri agar dinilai lebih oleh orang lain.

Setelah mengenali diri sendiri, dan membaca tujuh poin diatas, sudahkah kamu mulai mengenali diri sendiri? Kalau sudah, mari lanjut ke pembahasan berikutnya, yaitu percaya diri. Saya sangat menyarankan kamu melakukan ketujuh poin diatas agar kamu bisa lebih mengenali diri kamu dan lebih mudah percaya diri.

Percaya diri disini berarti suatu sikap atau keyakinan atas kemampuan diri sendiri, sehingga dapat melakukan tindakan tidak mudah cemas, merasa terbeban, dan memiliki tanggung jawab atas tidakan dan keputusan yang dilakukan.

Selain mengenali diri sendiri, cara lain untuk membangkitkan percaya diri adalah bangun pola pikir positif dan menerapkan pola hidup yang sehat. Ketika kamu membangun pola pikir yang positif maka  percaya diri akan bangkit, kamu pun akan mendapatkan beberapa pergaulan yang positif juga. 

Sehingga percaya dirimu akan semakin mudah meningkat. Selanjutnya, pola hidup sehat. Ketika kamu menerapkan pola hidup sehat, maka tingkat percaya diri untuk mengajak seseorang lebih baik pun  akan lebih mudah. Oleh karena itu, hal ini saling berkaitan.

Nah, ketika kamu telah mengetahui dan mengenal diri, serta dapat meningkatkan kepercayaan diri, selanjutnya hidupmu akan merasa lebih baik. Karena insecure lambat laun akan hilang dari diri kamu dan kamu akan menjadi dirimu yang sesungguhnya.

Mungkin, hanya ini yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan semoga dapat menjadi motivasi dalam menjalani hidup. Terus semangat dan jangan mudah menyerah. Ketahuilah bahwa you’re the best person.