Dari kehidupan zaman dulu sampai kehidupan sekarang ini, pasti ada yang berubah, tidak mungkin semuanya sama saja. Dan dari perubahan-perubahan itu, manusia pasti termudahkan untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan mereka. Contohnya saja, seperti dulu, kalau orang mau pergi kerja, pasti kebanyakan yang jalan kaki. Tetapi seiring berubahnya waktu, sekarang orang-orang dapat pergi bekerja menggunakan sepeda motor ataupun kendaraan yang lain.

Modernisasi memudahkan manusia dalam segala hal. Karena modernisasi itu adalah perubahan sosial dari tradisional menjadi modern. Jadi manusia yang dulunya hidup di zaman yang susah, sekarang telah termudahkan karena adanya modernisasi yang mengubah dari tradisional menjadi modern.

Tidak hanya dalam pekerjaan saja yang termudahkan berkat modernisasi, tetapi dalam bidang pendidikan. Jika kita hidup di zaman dulu, kita mungkin akan tersusahkan untuk belajar karena kita hanya mengandalkan guru yang mengajarkan kita di sekolah. Tetapi karena adanya modernisasi yang memudahkan kita di zaman modern ini untuk belajar mandiri dengan berbagai teknologi yang diciptakan.

Modernisasi juga membuat kita mendapatkan banyak informasi penting yang mungkin tidak kita dapatkan di sekolah. Seperti contohnya informasi tentang negara kita, tentang ke mana perginya uang negara kita, dan juga seperti apa presiden kita, bagaimana latarbelakangnya dan juga keluarganya. Karena tidaklah lucu jika kita tidak mengenali presiden kita sendiri.

Modernisasi juga dapat membantu kita untuk menuju kesuksesan dengan teknologi-teknologi dan informasi-informasi yang dapat kita gunakan, seperti mewujudkan kreasi-kreasi ataupun bakat kita yang ada di dalam diri kita, yang dapat membanggakan orangtua dan negara kita.

Modernisasi tidak terjadi begitu saja, tetapi modernisasi terjadi karena adanya faktor pendukung, salah satu faktor pendukung terjadinya modernisasi itu adalah cara berpikir. Mengapa? Karena jika cara berpikirnya buruk, maka hasil yang terjadi juga buruk. Tetapi jika cara berpikirnya baik, maka hasilnya pun juga pasti baik.

Modernisasi yang terjadi dalam suatu wilayah juga memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positifnya, yaitu pola berpikir masyarakat modernisasi menjadi lebih rasional, tingkat pengangguran berkurang, meningkatnya produktivitas manusia dan masih banyak lagi. Dampak negatifnya, yaitu berkurangnya area hijau yang dijadikan tempat perindustrian baru, dan juga kenakalan remaja (sex bebas) yang terjadi karena mengakses internet yang lebih mudah.

Modernisasi umumnya dihubungkan dengan perkembangan teknologi, karena teknologi itu memegang peran yang penting di era modernisasi, karena teknologi itu telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan manusia sehari-hari. Teknologi membantu manusia menciptakan suatu alat yang bekerja secara otomatis untuk membantu manusia dalam mengerjakan pekerjaannya dengan hasil sebaik mungkin.

Contoh dari teknologi itu adalah komunikasi yang bagaimana kita dapat berkomunikasi tanpa harus bertemu, maka diciptakannya telepon atau ponsel , yang sekarang telah dimodernkan menjadi telepon yang canggih yang dapat mengakses internet, dan yang dapat berkomunikasi tatap muka di tempat yang berbeda.

Modernisasi dapat memudahkan manusia untuk melakukan pekerjaannya jika dipakai untuk hal-hal yang benar seperti untuk bekerja, untuk berkomunikasi, untuk mewujudkan impian dan cita-cita yang telah ditekuninya selama bertahun-tahun dan akan menjadi kebanggaan untuknya dan untuk negaranya dan orang-orang yang mensupportnya.

Dengan adanya modernisasi, manusia dapat termudahkan untuk melakukan pekerjaannya dan untuk masa depannya yang dia inginkan, dan juga manusia bisa menjadi lebih kreatif untuk menciptakan pekerjaan dan bukan hanya menjadi sekadar karyawan yang tugasnya hanya disuruh-suruh dan diperintah oleh pimpinannya.

Orang-orang akan dapat menjadi sukses dengan modernisasi, tetapi tergantung orang itu sendiri ingin mengikuti perkembangan zaman dengan modernisasi atau ingin tetap pada kepercayaan yang disimpannya dari nenek buyutnya yang tinggal di zaman dulu yang belum mengenal modernisasi dengan manfaat-manfaat yang ada di dalamnya.

Dengan adanya modernisasi, seharusnya TKI sudah tidak ada lagi, seharusnya dengan adanya teknologi masyarakat Indonesia dapat mengembangkan diri. Contohnya saja dapat menciptakan uang melalui internet, sehingga kita tidak perlu lagi kerja ke negara lain, sehingga angka kematian juga dapat dikurangi. 

Jadi jika orang dari negara itu berkualitas, maka negaranya pun pasti akan berkembang dan menjadi negara yang maju. Jadi modernisasi membawa pengaruh yang menguntungkan bagi banyak pihak yang tidak lain membuat kebanggaan bagi keluarga, dan bagi negaranya, dan tidak terlepas menjadi kebanggaan untuk dirinya sendiri.

Maka daripada itu, untuk menjadi sukses, harus mengikuti perkembangan zaman yang tidak lain, yaitu modernisasi. Jadi modernisasi itu sangat menbantu manusia untuk mencapai kesuksesan. Tetapi modernisasi tidak akan terjadi jika tidak ada manusia, karena manusia itu adalah sebagai pelaku terjadinya modernisasi, maka manusia itu harus selalu siap menerima perubahan-perubahan yang menuntunnya ke arah kemajuan yang positif.