Setiap umat muslim sudah ditafsirkan atau diciptakan saling berpasangan atau biasa disebut dengan memiliki pasangan hidup sejati. Dengan ini tentunya akan membuat setiap umat muslim ingin memiliki keluarga. 

Seperti yang kita tahu untuk menjalin hubungan keluarga bukanlah suatu hal yang mudah, menjadi atau menjalin untuk hubungan keluarga sudah pasti akan melewati fase pertama yaitu menikah yang sudah pasti merupakan salah satu ibadah setiap umat muslim untuk berkeluarga. 

Bukan hanya menikah tetapi jika sudah mempunyai anggota keluarga yaitu anak bahkan cobaan ya akan lebih berat lagi untuk menjaga harmonisasi keluarga.

Tentunya memiliki keluarga yang harmonis merupakan suatu impian bagi semua orang, dengan harapan seperti ini nantinya akan menjadi pedoman dan landasan untuk menerapkannya jika sudah saatnya berkeluarga.

Setiap manusia pasti mempunyai keinginan untuk memiliki keluarga yang harmonis, tenteram dan sejahtera. Islam juga adalah agama yang menganjurkan untuk setiap umat untuk membangun dan membesarkan rumah tangga yang berlandaskan ajarannya termasuk juga dalam membangun keluarga yang Sakinah Mawadah Warahmah. 

Kalimat ini sering kita dengar dalam kondisi untuk seseorang yang baru saja melakukan pernikahan dan para tamu undangan maupun keluarga yang datang pastinya akan doakan keluarga tersebut agar memiliki keluarga yang Sakinah Mawadah dan Warahmah tersebut. 

Perlu ditegakkan bahwa masing-masing dari kata tersebut memiliki arti yang berbeda yang sudah pastinya sesuai dengan Islam. 

Sakinah Mawadah dan Warahmah adalah suatu yang merujuk kepada doa yang diharapkan oleh setiap umat muslim yang baru saja menjalin hubungan pernikahan.

Sakinah merupakan kata yang berasal dari kata sakana yang memiliki arti tenang atau tenteram, Mawadah merupakan suatu kata yang berasal dari kata wadda yang memiliki arti cinta sedangkan Warahmah berasal dari sebuah kata yaitu rahmah yang memiliki arti kasih sayang.

Arti sakinah Mawaddah Warahmah juga diungkapkan Allah SWT dalam Al-Quran surat Ar-Rum ayat 21 :

وَمِنْ اٰيٰتِهٖٓ اَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوْٓا اِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَّوَدَّةً وَّرَحْمَةً ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ

Artinya dan di antara tanda-tanda kebesarannya ialah dia yang menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenisnya sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dia menjadikan di antara kamu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda kebesaran Allah bagi kaum yang berpikir.

Sungguh besar nikmat Allah SWT jika sudah menikah maka sudah sempurna baginya separuh agamanya, terlebih jika keluarga tersebut sudah sakinah Mawadah Warahmah. 

Setelah menikah kita berarti harus bisa menerapkan terlebih dahulu salah satu dari tiga doa di atas, yaitu sakinah seperti yang sudah dijelaskan di atas keluarga sakinah yaitu keluarga yang menerapkan ketenangan dan ketenteraman, di mana nilai-nilai agama Islam ditegakkan serta saling menghormati dan menyayangi.

Untuk menjadi keluarga sakinah tentunya kita harus menerapkan nilai-nilai yang terkandung di dalam Islam yaitu sebagai berikut :

1. Memiliki rasa cinta dan kasih sayang yang tulus serta ikhlas.

2.Terdapat suatu unsur ketenangan dan ketenteraman yang mendalam.

3. Harus ikhlas untuk suatu peran yang dijalankan di dalam hubungan keluarga.

4. Mampu menjaga satu sama lain termasuk keimanan terhadap Allah SWT.

5. Menjauhi hal buruk seperti kecurigaan dan ketidakpercayaan.

Tentunya nilai-nilai ini harus diterapkan agar nantinya hubungan keluarga agar selalu harmonis dan terarah jelas sesuai dengan syariah Islam. 

Dengan menerapkan nilai-nilai tersebut pastinya juga akan meminimalisir pertengkaran, keributan bahkan mencegah talak. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda “Wanita mana saja yang meminta talak tanpa ada alasan yang jelas, maka haram baginya mencium bau surga”.

Selain nilai-nilai sakinah yang harus diterapkan, ada juga salah satu komponen penting di dalam unsur sakinah yaitu kriteria keluarga sakinah, berikut adalah beberapa kriteria yang ada di dalam keluarga sakinah :

1. Sistem nilai, di dalam sistem nilai ini terdapat beberapa nilai penting yaitu nilai moral keagamaan yang pastinya akan dijadikan sebuah pedoman atau patokan dalam berkeluarga serta dapat memahami realitas kehidupan.

2. Keterampilan, sudah pasti di dalam keterampilan pastinya harus ada jiwa mengatur untuk berbagi tugas saat adanya perbedaan.

3. Kekuatan, di sini sangat penting bagi suami dan istri saat sedang mengambil keputusan.

4. Kejujuran, tentu hal ini sangat penting sekali di dalam keluarga, bahkan bisa menjadi slogan saat suatu keluarga sudah menjalin hubungan.

5. Kegembiraan, dengan gembira akan memicu kehangatan serta unsur humor dengan ini akan muncul rasa kenyamanan satu sama lain.

Dan itulah yang memang upaya yang harus dilakukan jika seseorang menginginkan untuk menikah sampai sudah menikah, mulai dari banyaknya doa untuk menuntut pasangan keluarga agar menjadi keluarga sakinah mawadah warahmah. Dengan menerapkan nilai-nilai yang ada serta berpedoman kepada hadist maupun ayat Al-Quran yang ada di dalam Islam.