Indonesia merupakan Negara Kepulauan dengan sumber daya alam yang sangat melimpah. Terdapat 33 provinsi yang tersebar di Negara Indonesia, membuat Negara ini tak mati gaya jika berbicara mengenai wisata maritim yang dimilikinya, salah satu wisata yang terdapat di Indonesia yaitu Pantai Nanggai.

Pantai Nanggai merupakan salah satu pantai yang terdapat di Pulau Kundur, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau. Pantai yang menawarkan beragam keindahan dan keunikannya ini menjadi salah satu ikon wisata Pulau Kundur.

Mungkin bagi sebagian masyarakat masih asing dengan keberadaan Pulau Kundur ini. Namun siapa sangka? Dibalik keasingannya pulau ini menyimpan berbagai wisata menarik yang patut anda kunjungi salah satunya pantai Nanggai.

Pantai dengan luas kurang lebih 5 hektar ini tak diragukan lagi keindahan dan kenyamanan fasilitas yang dimilikinya. Pemandangan sunset yang disuguhkan pun tak mengecewakan hati para wisatawan ketika berkunjung ke pantai ini.

Bagi anda yang pernah mampir atau ingin berkunjung ke pulau ini, disarankan untuk mengunjungi objek wisata yang satu ini. Karena pantai ini merupakan salah satu pantai yang sangat popular di Kabupaten Karimun berkat keindahan dan kenyamanannya.

Dimana pantai ini memiliki keistimewaan tersendiri yaitu kondisi pantai yang sangat alami dan berbeda dengan pantai-pantai lainnya yang terdapat di Pulau Kundur. Pesona pantai pun dapat dilihat dari bentuk pantai yang melengkung dan memanjang kurang lebih 2 kilo meter. Dimana sepanjang pantai ini terdapat dua pantai yang saling bersebelahan yaitu Pantai Lubuk dan Pantai Nanggai.

Dengan hamparan pasir putih yang membentang luas nan panjang di bibir pantai membuat pengunjung betah untuk menikmati keindahan pantai ini. Jajaran pohon nyiur yang terdapat di sepanjang pinggir pantai pun menambah suasana alami yang dapat terus dinikmati.

Sementara di ujung pantai, terdapat bebatuan besar yang saling menyembul dan menjadi ciri khas dari pantai Nanggai. Ditambah dengan ikon Pulau Cinta yang dimiliki oleh pantai Nanggai yaitu sebuah jembatan panjang yang menghubungkan bibir pantai dengan bebatuan besar ditengah pantai, menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Tarif untuk menikmati Pulau Cinta sendiri tergolong sangat murah, hanya dengan Rp.10.000/ orang, kita sudah dapat sepuasnya menikmati spot foto yang terdapat di Pulau Cinta tersebut dengan background laut dan beberapa background yang sudah tersedia disana.

Pantai yang mengusung konsep modern ini juga memiliki fasilitas yang lengkap. Mulai dari gazebo yang terbuat dari kayu dan bernuansa alami, Resort yang berada tepat di pinggir pantai, Restoran, Musholla, Kamar mandi umum, hingga perkebunan.

Selain itu, kuliner yang disuguhkan juga berciri khas budaya melayu. Bagaimana tidak? Pantai yang berada di tanah melayu ini sangat terkenal dengan budaya dan masyarakatnya yang kental akan melayu. Karena berada di perbatasan Negara Jiran Malaysia, maka Pulau Kundur memiliki budaya yang tak jauh berbeda dengan budaya Negara Malaysia.

Saat berkunjung ke pantai ini, anda dapat memesan makanan atau minuman dari gazebo yang kita tempati. Makanan yang paling banyak diburu oleh para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini biasanya ialah sorong, ikan, otak-otak, dan juga udang bakar.

Dimana kuliner yang disuguhkan sangat nikmat dan terbilang cukup fresh karena didapat langsung dari nelayan setempat yang merupakan mata pencaharian warga. Selain itu, anda juga dapat menikmati kuliner favorit sambil ditemani angin sepoi-sepoi dan view laut dari gazebo yang anda tempati di pinggir pantai.

Keindahan sunset yang disuguhkan pun tak diragukan lagi. Saat senja tiba dan mulai menampakkan sinar jingganya, mata anda akan dibuat takjub dan terkesima dengan keindahan dan kenyamanannya.

Akses menuju pantai ini pun tidaklah sulit. Hanya memakan waktu sekitar 15 menit dengan menggunakan mobil atau pun kendaraan sepeda motor. Namun jika menggunakan jasa angkutan umum, perjalanan anda akan sampai di simpang batu 6 saja. Kemudian perjalanan dapat dilanjutkan dengan menggunakan jasa ojek dengan kisaran ongkos sebesar Rp.15.000-Rp.20.000. Hal ini dikarenakan tidak terdapat jasa angkutan umum yang kearah wisata pantai Nanggai.

Disepanjang perjalanan menuju pantai, mata kita akan dimanjakan dengan pepohonan yang hijau dan asri, gazebo-gazebo di pinggiran pantai dan keindahan lautan yang sangat membuat hati penasaran.

Di pantai ini tidak terdapat harga tiket masuk dan memiliki jam buka yang tidak terbatas, sehingga anda dapat berlibur ke pantai ini kapan saja. Namun, saat anda menggunakan fasilitas umum seperti kamar mandi atau toilet umum, anda akan dikenakan tarif sewa Rp.2.000/orang.

Sekian informasi mengenai pantai Nanggai yang terdapat di Pulau Kundur, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau. Buat Anda yang penasaran dan sedang mencari referensi liburan, Pantai Nanggai dapat menjadi salah satu rekomendasi objek wisata yang wajib Anda kunjungi.