Kendaraan bermesin sudah menjadi kebutuhan yang urgen bagi masyarakat dalam menunjang aktivitasnya. Seiring dengan tingginya penggunaa kendaraan motor, tentu tidak ingin kendaraan kita mengalami kerusakan pada salah satu komponen mesinnya. Maka perawatan harus dilakukan, terutama dalam soal pelumasan.

Kinerja mesin bisa stabil jika pelumasannya bekerja secara normal. Bayangkan saja bila pelumasan ini tidak maksimal, maka kompenen dalam mesin tersebut akan menagalami gesekan yang menyebabkan mesin rusak dan mengharuskan kita mengganti komponennya dengan biaya yang tidak murah.

Bagaimana sistem oli bekerja

Sistem pelumasan mesin mobil memiliki peran penting untuk menjaga keawetan dan ketahanan komponen-komponen di dalam mesin. Terlebih untuk setiap komponen yang memiliki beban gesekan yang sangat besar seperti main bearing, condor bearing, ring piston cylinder, dan lain-lain.

Motor oil atau oli mesin adalah minyak yang digunakan untuk melumasi berbagai mesin pembakaran internal. Fungsi utamanya adalah untuk mengurangi keausan pada bagian yang bergerak. Termasuk juga untuk membersihkan dan menghambat korosi, meningkatkan penyegelan, dan mendinginkan mesin dengan membawa panas dari bagian yang bergerak.

Tanpa adanya oli mesin, seluruh komponen pada mesin tidak akan berfungsi. Oli mesin menjadi komponen utama agar seluruh sistem pelumasan bisa berfungsi dengan baik dan sempurna.

Kenapa harus Fastron

Fastron merupakan pelumas/oli terbaik untuk kendaraan roda empat yang dikeluarkan oleh perusahaan PT Pertamina Lubricants. Anak dari  perusahaan PT Pertamina (Persero) ini sudah dipercayai dari tahun ke tahun dalam memproduksi pelumas yang berkualitas sehingga pemilik kendaraan tidak perlu ragu dalam menggunakan produknya karena pengujian produk yang dikeluarkan oleh PT Pertamina Lubricants sudah diuji melalui laboratorium agar spesifikasi dan kualitas tetap terjamin. 

Fastron ini juga mendapatkan penghargaan Top Brand 2019 dengan kategori 4 Wheel Engine Lubricants, dan banyak lagi penghargaan yang diperoleh oleh pelumas karya anak bangsa yang berstandar International tersebut.

Apa kelebihan Fastron

Pelumas Fastron memiliki nano guard yang dapat melindungi bagian tersempit dari mesin dan berukuran lebih kecil dari molekul yang bisa membuat kendaraan terasa selalu baru dan mampu menghemat bahan bakar. 

Pereneli Nasional Rifat Sungkar, saat menggunakan Fastron, mengaku, saat mobil berada di kecepatan tinggi dan suhu tinggi, mesin tidak drop dan konsisten terus berjalan dan friksi yang terjadi pada mesin menjadi lebih sedikit dan secara konsisten tetap terasa di setiap RPM (https://m.inilah.com).

Fastron dengan nano guard technologi adalah pelumas sintetik terkini yang berkualitas tinggi untuk secara optimal melindungi mesin, sekaligus memberikan performance dan akselerasi yang optimal. Kelebihan pelumas inilah sehingga Fastron diakui secara kualitas oleh pabrikan-pabrikan kendaraan (OEM – Original Engine Manufacturer) seperti Lamborghini, Mercedez Benz, BMW, VW, Volvo, Porsche, Toyota, Daihatsu dan Honda. 

Fastron diformulasikan khusus untuk menjawab permintaan konsumen akan pelumas berkualitas tinggi dengan spesifikasi yang cocok dengan mesin-mesin kendaraan generasi baru.

Pertamina meluncurkan Fastron pertamanya pada tahun 2003 dengan varian Fastron Fully Syinthetic SM 0w-50 dan Fastron 20W-50 SJ.

Apa saja varian unggulan Oli Fastron

Oli Fastron merupakan pelumas mesin kendaraan yang diproduksi oleh PT Pertamina Lubricants, yang selalu mengerti kebutuhan kendaraan Anda. Berikut beberapa produk dengan brand terbaik:

1. Fastron Platinum 10W-60

Adalah pelumas mesin kendaraan bensin premium yang diformulasikan khusus bekerja sama dengan Lamborghini Squad Horse sebagai pelumas untuk mobil balap dan menggunakan bahan dasar full synthetic Polyacrylamide atau yang lebih dikenal dengan PAO, sehingga pelumas ini sangat unggul di kelasnya. 

Keunggulan dari pelumas ini adalah kekentalan ganda yang stabil dapat memberikan akselerasi dan perlindungan optimal terhadap mesin pada saat start up dan operasi pada temperatur tinggi.

2. Fastron Gold SAE 5W-30

Pelumas mesin kualitas premium yang diformulasikan dari bahan dasar sintetik dan adiktif pilihan dengan tingkat unjuk kerja tertinggi API service category SN.

Pemakaian Fastron Gold SAE 5W-30 direkomendasikan untuk generasi terbaru dari pabrikan kendaraan terkemuka yang beroperasi pada kondisi ekstrem, khususnya mesin bensin yang dilengkapi dengan exhaust after treatment devices.

3. Fastron Techno SAE 10w-40

Produk ini merupakan pelumas mobil unggulan berbekal teknologi nano guard dengan molekul tercil dan mampu mengjangkau celah paling sempit sehingga dapat membersihkan dan mendinginkan mesin dengan sempurna. Tingkat penguapannya terbilang rendah sehingga pemakaian pelumas lebih irit dan menjamin pelumasan yang lebih optimal.

4. Fastron Diesel dengan SAE 15W-40

Keunggulan yang dimiliki adalah kekentalan ganda yang stabi yang dapat memberikan akselerasi dan perlindungan optimal terhadap mesin pada saat start up dan operasi pada temperatur tinggi. Fastron diesel juga diklaim mampu mencegah pembentukan deposit pada piston dan menjaga kebersihan mesin sehingga umur mesin lebih panjang.

Dan semua produk Fastron dari PT Pertamina Lubricants ini sudah tersedia  di Olimart seluruh Indonesia yang merupakan partner dari  Pertamina dan kabarnya sudah dilakukan digitalisasi, yaitu POWER (Pertamina Owner & Mecanic Rewards), yakni program untuk mekanik dengan scan QR pada botol pelumas.

Proses digitalisasi ini bertujuan untuk menghadapi tren digitalisasi yang telah menjamur di Indonesia. Perkembangan inilah yang kemudian menjadi semangat bagi PT Pertamina Lubricants untuk menjadikan Fastron sebagai produk unggulan Oli masa depan.