Libur tlah tiba, libur tlah tiba, hatiku gembira …...

Sepenggal lagu anak-anak yang menyiratkan bahwa libur adalah sesuatu yang menyenangkan dan sesuatu yang dinantikan. Tidak hanya kita orang dewasa yang menantikan libur, anak-anak juga amat merindukannya. 

Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap orang merindukan kata libur. Apalagi libur akhir tahun. Ini seperti sebuah ritual tahunan yang selalu terkenang dengan berbagai aktivitas. Banyak kenangan manis yang tercipta setelah libur akhir tahun.

Libur akhir tahun ini sungguh berbeda. Di tahun-tahun sebelumnya, kita bisa menghabiskan waktu libur akhir tahun bersama keluarga dengan wisata, travelling ke tempat yang belum pernah dikunjungi, bahkan ada yang menikmatinya dengan mendaki gunung.

Untuk tahun ini, beberapa orang memutuskan untuk menghabiskan akhir tahun dengan tetap berada di rumah. Liburan yang biasanya berupa aktivitas rekreasi harus terlewati begitu saja. 

Bahkan, ada yang sudah membuat daftar beberapa destinasi wisata yang akan dikunjungi. Semua harus batal begitu saja. Pastilah ada rasa gejolak hati, selama delapan bulan kita merasakan penat dengan segala aktivitas di rumah. 

Selama kurun waktu itu kita membatasi aktivitas di luar rumah, diselimuti dengan aktifitas serba online, aktivitas yang tidak bisa jauh dari gadget. Di sisi lain, kita ingin menikmati suasana yang berbeda. Peningkatan jumlah pasien covid dan takut untuk tidak bisa menghindari kerumunan menjadi alasan kuat untuk tetap tinggal dirumah.

Kemudian, apa saja yang bisa kita lakukan agar kita tidak bosan selama di rumah?

1. Bermain

Kebersamaan dengan anggota keluarga biasanya hanya terlewati begitu saja. Semua sibuk dengan urusan masing masing, komunikasi hanya sebatas keperluan saja. Kali ini bisa kita manfaatkan dengan bermain leluasa dengan anak-anak.

Cobalah bermain Conglak, sebuah permainan tradisional yang mengedepankan sportivitas. Permainan ini asyik. Tangan-tangan mungil anak-anak dalam menggengam biji dakon dapat melatih kesabaran. Kemampuan untuk berhitung dan mengatur stategi juga bisa didapatkan dari permainan ini. Pendidikan Karakter juga bisa didapatkan dari permainan ini, yakni kejujuran.

2. Nonton film

Bijaklah dalam menonton film bersama anak-anak. Pilihlah film dengan genre keluarga, sebuah film yang dirancang dengan menarik untuk ditonton oleh orang dalam berbagai usia. Film jenis ini biasanya mengangakat tema sosial. Konflik yang disajikan juga tidak terlalu rumit. Selalu ada pesan moral yang disampaikan.

Banyak pilihan film keluarga yang bisa di tonton, film produksi Hollywood, Asia hingga karya anak bangsa menyanyikan berbagai tema keluarga. Dengan menonton jenis film ini akan tercipta kehangatan keluarga. Waktu bersama yang mungkin selama ini jarang didapatkan bisa tercipta dengan indah. Dan jangan lupa siapkan sedikit cemilan favorit anak anak.

3. Berkebun

Tidak hanya wanita saja yang bisa melakukan aktifitas berkebun, laki-laki pun juga cocok untuk aktivitas ini.Bagi kalian yang tidak mempunyai lahan luas untuk berkebun, memanfaatkan teras yang sudah ada. Barang-barang yang sudah tidak terpakai bisa di gunakan untuk pot.

Ajaklah anak-anak  untuk berkreasi dengan mengecat dan membentuk barang tidak terpakai menjadi pot yang indah. Pilihlah tanaman yang sesuai dengan selera hati. Jika kalian tidak telaten untuk menyiram tanaman, jenis tanaman kaktus, aloe vera, palm dan bougainvillea bisa menjadi alternatif pilihan.

4. Olahraga

Salah satu cara agar tetap bugar dan sehat selama libur di rumah adalah olahraga. Mulailah dengan pemanasan ringan, meregangkan otot otot dan lari lari kecil sambil menikmati pemandangan di sekitar area rumah. Setelah itu bisa dilanjutkan dengan push up, skot jump, squat jump, dan plank di dalam rumah.

Kondisi saat ini, membuat kita banyak aktivitas di rumah, secara otomatis tubuh kita sedikit bergerak dan kalori menumpuk. Dengan olah raga ini, kalori yang menumpuk di tubuh bisa terbakar. Tidak perlu memaksakan untuk membeli peralatan olahraga yang harganya lumayan mahal.

5. Membuat kue

Bagi kalian yang tidak sempat mencoba resep baru, inilah saatnya mencoba hal hal baru. Buka kembali buku resep masakan yang tersimpan rapi di rak buku. Kue tradisional yang sekarang mulai jarang dijual di pasaran bisa menjadi pilihan utama untuk di coba.

Bukan hanya rasa yang khas yang didapatkan dari kue tradisional tetapi sensasi cara membuatnya bisa didapatkan dari membuat kue tradisional ini. Anak-anak pasti senang untuk mencoba hal baru. Biasanya mereka senang berkreasi dengan bentuk kue yang lucu. Biarkan mereka membuat bentuk kue sesuka hatinya.

6. Desain ulang tiap ruang

Menata ulang interior ruangan biasanya tidak cukup dalam satu hari. Saat libur panjang adalah saat yang tepat untuk melakukan hal ini. Mulailah dengan mendesain ulang kamar anak. Libatkan anak-anak untuk pemilihan warna ruang. Anak laki-laki tentunya mempunyai pilihan warna yang berbeda dengan anak perempun.  

Anak laki-laki biasanya menyukai warna agak gelap, sedangkan anak perempuan biasanya lebih suka warna yang cenderung terang. Tidak perlu memaksakan warna sesuai dengan selera kita. Orang tua biasanya menyukai warna-warna dengan nuansa hangat, seperti magenta dan kuning. 

Warna kesukaan kedua orang tua bisa di terapkan di ruang tamu dan ruang keluarga. Setelah itu bisa dilanjutkan dengan menata ulang barang-barang yang ada di ruangan. Pilah antara barang yang masih digunakan dan barang yang sudah tidak terpakai.

Menyenangkan bukan? Liburan di rumah tetap asyik … Ketika libur telah usai, pastilah kalian akan lebih fresh dengan suasana baru.