Apakah Anda seorang yang terbiasa bangun kesiangan dan sedang mencoba membangun kebiasaan baru untuk bangun pagi? Langkah yang tepat karena bangun pagi punya banyak manfaat bagi kesehatan, baik secara fisik maupun mental. 

Menerapkan suatu kebiasaan yang baru memang bukan perihal yang mudah, butuh proses untuk mencapainya yang dampaknya nanti akan sangat berpengaruh pada hidup Anda.

Bangun pagi dapat diartikan ketika Anda bangun tidur pada jam-jam sebelum orang mulai beraktivitas, yaitu bangun antara jam 3 sampai 5 pagi. Untuk seorang muslim bangun subuh merupakan salah satu ajaran penting dan tradisi yang ditinggalkan oleh Nabi Muhammad SAW. 

Beliau tidak suka kepada umatnya yang bangun siang, juga kepada orang yang tidur lagi setelah bangun dan shalat subuh. Kata Nabi Muhammad SAW.“Aku duduk bersama orang-orang yang berdzikrullah Ta’ala mulai dari (waktu) sholat shubuh hingga terbit matahari lebih aku cintai daripada memerdekakan empat orang budak dari putra Nabi Isma’il.” (HR. Abu Dawud).

Diriwatkan dari Imam Ath-Thabrani dan Al-Bazzar, Rasulullah SAW bersabda, ”Bangunlah pagi hari untuk mencari rezeki dan kebutuhan-kebutuhanmu. Sesungguhnya pada pagi hari terdapat barakah dan keberuntungan.” Selain mendapatkan keberkahan hidup, mereka yang bangun subuh, juga akan mendapatkan doa selamat dari para malaikat. 

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Surah Al-Isra ayat 78,“Dirikanlah sholat dari tergelincir matahari sampai gelap malam dan (dirikanlah pula sholat) Subuh. Sesungguhnya sholat subuh itu disaksikan oleh malaikat."

Mengapa kita perlu bangun pagi? Hal ini karena dengan membiasakan bangun pagi maka tubuh bisa menjadi lebih sehat. Kondisi ideal bagi orang yang bangun pagi yaitu pikiran akan lebih rileks, mereka jadi punya waktu yang lebih untuk beraktivitas seperti berolahraga, beribadah, sarapan, ataupun menyicil tugas dan pekerjaan. 

Orang yang bangun pagi akan lebih disiplin waktu dan menghindari keterlambatan. Seperti kata pepatah, orang yang bangun kesiangan rezekinya akan dipatok ayam. Dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa bangun pagi adalah kebiasaan yang harus dimunculkan sejak dini. 

Dalam artikel ini, akan dipaparkan apa saja manfaat dari bangun pagi dan bagaimana cara kita agar bisa melakukan kebiasaan tersebut.

Melansir dari Sleep Advisor, orang yang kerap terbangun di jam 3-5 pagi memiliki banyak manfaat besar, diantaranya:

1. Bagi Fisik

Dapat menyegarkan tubuh karena di waktu tersebut masih mendapati udara yang segar, bangun di jam 3-5 pagi memiliki manfaat fisik, seperti membantu mempertahankan pola makan yang lebih sehat, menghindarkan dari terlewat untuk sarapan, membantu kulit terlihat sehat, dan memberi banyak waktu untuk berolahraga.     

Bangun pagi lebih awal memberi waktu lebih panjang sebelum kita beraktivitas lainnya, seperti bekerja atau sekolah. Kita bisa menyempatkan diri untuk berolahraga, meditasi, maupun mempelajari hal baru. 

Pada pagi hari tubuh akan lebih bekerja untuk menghidrasi kulit dan mengoksigenasi darah, sehingga bangun pagi lebih awal tepat untuk meremajakan kulit. Saat mencuci muka di jam 3-5 pagi, tak hanya kulit saja yang mendapat manfaat, pembuluh darah pun akan melebar yang mendorong kita lebih fokus dan aktif untuk melakukan aktivitas fisik seperti olahraga.

2. Bagi Mental

Seperti yang kita ketahui, di jam 3-5 pagi merupakan waktu yang tenang dan sunyi, hal ini ternyata bermanfaat meningkatkan konsentrasi lebih baik.Terbukti pada beberapa siswa yang mulai belajar di waktu ini akan lebih fokus dalam menangkap pelajaran dibanding belajar di waktu malam yang suasananya bercampur kantuk. 

Selain itu, tingkat produktivitas akan meningkat pada seseorang yang sering terbangun di jam 3-5 pagi. Pada jam-jam ini mereka akan lebih bersemangat dalam meyelesaikan pekerjaan mereka.

Manfaat bangun pagi tak hanya untuk belajar hidup rajin dan tertib, namun ternyata bangun pagi juga bermanfaat bagi kesehatan. Sudah banyak penelitian yang dilakukan dan menyatakan bahwa kebiasaan bangun pagi memberi efek baik bagi kesehatan, tak terkecuali untuk kecantikan. 

Matahari yang bersinar di pagi hari sangat berguna untuk pembentukan vitamin D di dalam tubuh, sehingga dapat membantu meremajakan kulit. Selain itu, kandungan D2 dan D3 bisa mencegah penyakit kulit. Karena itulah keluar di pagi hari untuk beraktivitas merupakan salah satu cara alternatif untuk membuat kulit semakin sehat dan terhindar dari gangguan pada kulit.

Berikut ini adalah beberapa hal positif yang bias kita peroleh jika bangun pagi, di antaranya:

1. Bisa olahraga pagi

Udara di pagi hari cenderung masih sangat segar dan baik untuk kesehatan sebab belum terkontaminasi dengan banyak asap dan polusi. Dengan bangun pagi, Anda bisa menghirup udara ini sebanyak-banyaknya. Bangun lebih pagi juga membuat Anda bisa berolahraga sebelum memulai hari. 

Rutin berolahraga memberi manfaat seperti mengurangi berat badan, menjaga kesehatan tulang dan otot, meningkatkan energi, memperlancar peredaran darah, memperlambat penuaan, menjaga kesehatan otak, serta meningkatkan kualitas tidur.

2. Lebih bahagia

Selain untuk menjaga kesehatan fisik, bangun pagi bermanfaat untuk kesehatan mental Anda. Berdasarkan sebuah penelitian, orang yang bangun pagi akan lebih bahagia karena memiliki mood yang baik dan merasa lebih sehat jika dibandingkan dengan mereka yang memiliki kebiasaan begadang hingga larut malam. Dengan catatan, Anda bangun pagi setelah mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas.

3. Lebih aktif saat berkegiatan seharian

Karena mood yang cenderung lebih baik, bangun pagi juga dihubungkan dengan keaktifan seseorang dalam menjalani hari. Selain itu, orang yang bangun pagi juga lebih jeli dalam mengantisipasi masalah yang akan terjadi dan berusaha untuk mengurangi masalah tersebut.

4. Lebih berprestasi di sekolah atau kampus

Berdasarkan sebuah penelitian, siswa yang bangun pagi cenderung memiliki nilai atau pencapaian prestasi yang lebih baik daripada mereka yang suka tidur malam. Ada dua alasan yang mendasari. 

Pertama, bangun pagi membuat mahasiswa bisa belajar terlebih dahulu sebelum jam belajar di kelas dan tidak terlambat mengikuti kelas ataupun kuliah. Kedua, untuk bangun pagi mereka cenderung akan tidur lebih awal sehingga tidak tergoda untuk begadang bermain game atau melakukan kegiatan lain yang bisa memberi pengaruh negatif terhadap kemampuan akademis.

5. Untuk Meningkatkan Ibadah

Bagi seorang muslim, bangun pada jam 3 dini hari dapat dimanfaatkan untuk beribadah. Pada waktu ini, kita bisa salat malam tahajud yang ganjarannya apabila kita berdoa pasti mustajab akan dikabulkan oleh Allah SWT karena pada sepertiga malam inilah Allah SWT turun ke bumi untuk menjawab doa hamba-Nya. Kita juga bisa mengisi waktu dengan membaca Alquran sambal menunggu waktu subuh tiba.

Tips Mudah agar Bangun Pagi

Berikut ini adalah tips agar kita bisa membiasakan bangun pagi, diantaranya :

1. Matikan lampu dan benda elektronik

Paparan cahaya terang dari lampu sebelum tidur dapat mengurangi dan memperlambat produksi melatonin, yaitu hormon yang membantu kita merasa mengantuk. Demikian juga dengan cahaya dari ponsel, komputer, laptop, dan TV. Bila Anda tidak ingin bangun terlambat, Anda disarankan untuk mematikan sumber cahaya paling tidak satu jam sebelum tidur.

2. Ketahui jam tidur yang dibutuhkan

Orang dewasa rata-rata membutuhkan tidur selama 7–9 jam sehari, tapi ada sebagian orang yang merasa cukup walau tidur hanya 6 jam atau bahkan kurang. Jadi sebaiknya, cari tahu berapa lama waktu tidur yang terasa cukup untuk Anda. 

Jangan tidur kelamaan karena malah akan membuat badan sakit. Setelah itu, tetapkan jam berapa Anda harus bangun. Contohnya, jika Anda butuh 8 jam tidur dan harus bangun pukul 05.00, Anda disarankan sudah tidur dari pukul 21.00. Rutinlah tidur pada waktu itu untuk membentuk kebiasaan bangun pagi.

3. Taruh alarm di tempat yang tidak mudah dijangkau tangan

Ketika mendengar alarm berbunyi, hal pertama yang sering dilakukan yaitu mematikannya, apalagi jika alarm ditaruh di bawah bantal atau di meja samping tempat tidur. Untuk menyiasati hal tersebut, tempatkan alarm agak jauh, sehingga mengharuskan Anda bangun untuk mematikannya.

4. Langsung bangun

Setelah alarm dimatikan, segera duduk di tempat tidur dan gerak-gerakkan kaki Anda. Setelah itu, ambil napas dalam-dalam sebanyak 3–4 kali agar Anda lebih siap bangun dari tempat tidur dan melakukan aktivitas. Anda juga bisa memulai dengan melakukan pemanasan kecil atau peregangan tubuh.

5. Minum kafein

Minum kopi ataupun teh hangat di pagi hari ternyata bermanfaat bagi tubuh kita. Kopi, teh hitam, atau teh hijau mengandung kafein yang mampu meningkatkan kadar hormon serotonin dan dopamin, yaitu hormon yang dapat menaikkan mood dan energi. 

Dengan mengonsumsi minuman ini, kamu tidak hanya jadi bisa bangun pagi, tapi juga bisa bersemangat dan lebih fokus dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Selain itu, minum air hangat di pagi hari dapat memperlancar aliran darah dalam tubuh kita.

6. Meditasi

Bila Anda kesulitan untuk bangun pagi lantaran tidak bisa tidur cepat atau mengalami masalah tidur di malam hari, coba lakukanlah meditasi. Cara ini bisa meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik. Jika Anda mengalami insomnia, meditasi dapat dimanfaatkan untuk membantu Anda lebih rileks dan tenang sebelum tidur, sehingga diharapkan Anda bisa lebih cepat tidur.

7. Berolahraga

Rutin berolahraga setiap hari, walau hanya sebentar, bisa membuat Anda ingin tidur lebih cepat dan memiliki tidur yang berkualitas, sehingga waktu tidur yang Anda butuhkan bisa terpenuhi. Dengan begitu, Anda pun tidak kesulitan lagi untuk bangun pagi.

8. Hindari begadang

Terlalu sering begadang memang tidak baik untuk kesehatan Anda. Selain itu, begadang juga bisa menyebabkan Anda sulit bangun pagi. Hal ini karena saat pagi datang, waktu tidur Anda belum mencukupi. Nah, agar bisa bangun pagi, cobalah untuk menghindari begadang.

Bagi sebagian orang, bangun pagi dapat menjadi tantangan tersendiri. Namun, mengingat banyaknya manfaat yang bisa diambil, Anda bisa mencoba untuk bangun pagi mulai dari sekarang, agar tubuh menjadi lebih sehat dan semangat untuk menjalani aktivitas sehari-hari.           

Akan tetapi, bila Anda masih mengalami kesulitan untuk bangun pagi, atau merasa masih lelah saat bangun pagi, bisa saja Anda memiliki gangguan tidur. Jika ini sudah sangat mengganggu kebugaran atau bahkan aktivitas sehari-hari Anda, konsultasikan kondisi Anda ke psikiater untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Demikian artikel tentang manfaat bangun pagi dan tips agar kita bisa bangun pagi. Semoga dapat menambah wawasan dan menciptakan kebiasaan baru untuk rutin bangun pagi. Apabila ada kekurangan maupun kesalahan kata penulis memohon maaf. Terima kasih untuk yang sudah membaca.