Legal Officer
2 tahun lalu · 294 view · 5 menit baca · Kuliner tanamera-coffee-roastery-jakarta.jpg
www.jenzcorner.net

Kafe Para Pencinta Kopi

Ulasan Tanamera Coffee

Bertempat di Thamrin City Office Park Blok AA No. 7, Jalan Kebon Kacang Raya, Tanah Abang, Jakarta Pusat, belakang Mal Grand Indonesia, Tanamera Coffee tampak berusaha  menggabungkan konsep makanan barat dengan kopi Arabika Indonesia. Pengunjung dapat menikmati menu dalam suasana santai dan tenang.

Tempat

Begitu memasuki lantai pertama, pengunjung akan menemukan suasana remang-remang, tenang. Saat saya ke sana, ada bapak membaca buku, ada orang bekerja sendirian dengan laptop, ada beberapa orang berpasangan sedang ngobrol intim. Tempat ini betul-betul cocok dinikmati sendiri atau berdua sambil ngobrol intim dan minum kopi.

Melihat susunan bangku yang terdiri dari bangku kayu dan meja kotak kecil, tempat ini kurang cocok untuk business meeting. Mengingat kecilnya ruangan per lantai, terlalu berisik jika nongkrong ramai-ramai sambil tertawa terbahak-bahak, kecuali kalau duduk di luar.

Di luar juga disediakan beberapa kursi dan meja kecil. Kalaupun mau nongkrong ramai-ramai bersama teman sambil tertawa lepas, ruangan di lantai tiga bisa menjadi pilihan. Meja panjang di tengah ruangan memungkinkan kita berhadap-hadapan wajah dengan teman sambil bercanda dan menikmati kopi.

Suasana kafe sangat terasa. Di lantai satu dan tiga terdapat mesin penggiling kopi dan mesin espresso. Di lantai satu, kita disuguhi pajangan beberapa bungkus kopi. Melihat desain dan daftar kopi, Tanamera memang serius merepresentasikan diri sebagai kafe yang menjual kopi. Bukan hanya kafe yang menyajikan kopi sebagai salah satu menu.

Makanan

Tanamera menyajikan beberapa menu makanan. Menu All Day Breakfast terdiri dari TC Breakfast (70), dan Early Rise yang terdiri dari  roti brioche dengan corned beef, bawang Bombay yang dikaramelkan dan keju cheddar (75).

Masih dalam All Day Breakfast, ada juga Eggs Benedict (70) yang berisi telur mata sapi, English muffin , potongan daging sapi dengan saus Belanda (70). Eggs Florentino terdiri dari telur mata sapi, English muffin , bayam dan saus Belanda. Tambahan berupa ayam panggang, salmon asap, spinach, jamur, telur dan salad dihargai dari 80-30.

Pancake (50)  disajikan dengan pilihan saus kurma, pisang dan kacang almon, es krim vanilla (+5) , stroberi, cream, sirup map dengan  es krim vanilla. Home made granola yang disajikan dengan yoghurt alami dan sirup maple (50).

Untuk menu main course, Tanamera menawarkan sop buntut (85), Lasagna (75) yaitu pasta yang dibuat sendiri dengan saus, daging dan keju mozzarella.  Pasta Bolognaise (75), Thai Green Curry yang berisi ayam kari hijau, terong, zucchini, daun basil dan cabai (75). Ada pula british chili (85), chilli beef (85) dan laksa (75).

Sandwich tersedia dari harga 75-80. Ada Tuna, Ayam, Salmon. Steak sandwich (80) berisi roti bawang yang halus dan lembut dicampur dengan bawang yang dikaramelkan dan daging steak.  Club Sandwich (75) berisi roti gandum dengan ayam panggang, daging bacon goreng, selada, tomat dan mayones.

Menu salad terdiri dari green papaya salad (45), salad spicy dengan potongan cabai dan lime crushed peanut. Mixed salad (70) dan caesar salad (75). Menu Wraps terdiri dari sweet chilli chicken (65), Tuna Mayo (65), Smoked Salmon dan Egg Mayo (75). Semua wraps disajikan dengan French fries dan home made salad.

Menu burger terdiri dari TC Burger yang disajikan dengan French fries. Ada pula beef burger (65),  chicken burger (65) dan Chilli con Corne (70). Menu bites, berisi french fries (35), chicken wings (45), fried wonton (35), fried casava (35), mix vegetable spring roll (45).

Atas saran barista, saya memesan TC Breakfast (70). Katanya, menu itu adalah menu yang paling spesial di Tanamera. Isinya berupa sayuran salad yang berisi selada, lettuce, bawang Bombay, tomat disiram olive oil. Ada scramble egg, muffin panggang, sosis dan daging panggang.

Porsi TC Breakfast cukup mengenyangkan buat sarapan. Scramble eggnya lembut dan gurih, tidak hambar dan tidak asin. Muffin panggangnya lembut dan unik. Salad dengan dressing olive oilnya cukup aman. tidak istimewa tapi tidak buruk juga.

Beef bacon kurang tajam bumbunya tapi masih enak dinikmati. Aroma bakarnya pas. Sosis panggangnya cukup nyaman dinikmati. Bukan sosis pasar swalayan. Tampaknya mereka khusus membeli atau mungkin membuat sendiri sosis.

Menu spesial kedua yang saya pesan atas rekomendasi barista adalah Salmon sandwich (75). Isinya berupa Roti Foccachia yang enak. Saladnya persis sama dengan TC Breakfast. Rasa French fries aman. Salmon asapnya yang menggenapi semua rasa. Lembut, gurih dan terasa aroma asapnya.

Minuman

Menu inti berupa kopi hitam diberi nama menu Black. Black terdiri dari  Espresso (25), Americano (30) dan Daily Brew (30), Harga yang wajar untuk secangkir kopi hitam murni yang menjadi ciri khas mereka.

Varian single origin dalam dairy brew diantaranya terdiri dari,  Papua Wamena, bali kintamani, Aceh Gayo semi washed, Flores, linteng, Minang Solok, Malabar washed,  Malabar natural, Malabar honey, Toraja dan Mandheling.

Menu non kopi dan kopi yang dicampur susu  disebut White. Tanamera  menyediakan Hot Chocolate, Espresso Machiatto, Piccolo (30), Capuccino (35), Café Latte/ Flat White, Green Tea Latte, Red Latte, Mocha Latte TC Caramel Latte (40). Rentang harga White dari 30-40. Tambahan extra flavour/shot (5) bonsoy susu kedelai (10).

Selain kopi mereka juga menyediakan menu teh yang disebut Artisan Tea. Menu ini terdiri dari Jasmine Black Tea, Silver Needle White Tea, Indonesian Oolong Tea. Semuanya dihargai rata 35 Terdapat pula menu jus di Tanamera, mereka menamakannya Freshly Squezed Juice.  Mereka menyediakan watermelon (35) papaya lime (35) honeydow (40).

Selain minuman hangat, Tanamera menyajikan Cold Drinks  yang terentang dari harga 35 sampai 45. Menu tesebut terdiri dari Iced Black  Iced Café Late (40), Iced TC Caramel Latte (45), Cold Brew, Cold White, Iced Chocolate, Iced Green Tea Latte, Iced Red Latte, Icce Mocha, Affogato, Spicy Soda, Lychee Sereh, Strong Punch.

Iced Black, contohnya, dihargai 35 , Iced Café Late 40 dan Iced TC Caramel Latte dihargai 45. Sebagai penutup, Tanamera menyediakan menu desserts yang berisi. bubur sumsum (35), panna cotta (40), tiramisu (45).

Saat saya ke sana, dua biji kopi spesial yang disajikan Tanamera  adalah Arabika Rasuna Natural dari Sidikalang dan Flores Manggarai. Dua kopi tersebut diseduh  dengan metode V60. Arabika Rasuna Natural, aroma buahnya bisa dirasakan dengan sensitifitas lidah. Tipe kopi yang tidak terlalu kuat namun beraroma di lidah.

Karakter Flores Manggarai terasa sekali. Aroma selai kacang, sekilas madu dan coklat bisa dirasakan oleh lidah yang sensitive. Namun rasa sekilas gula palem yang lebih mudah diidentifikasi lidah.

Penutup

Tanamera adalah kafe yang memanjakan para pecinta kopi. Varian biji kopi Nusantaranya memenuhi hasrat lidah-lidah yang ingin menikmati kopi dengan khusyuk. Menu makanan barat Tanamera seperti sandwich dan TC breakfast juga cukup istimewa.

Di luar keistimewaan sajiannya, Tanamera sebaiknya menambah jumlah barista dan pelayan. Kurangnya barista membuat mereka terlalu sibuk melayani pelanggan sehingga kurang fokus diajak ngobrol soal kopi.

Obrolan pengunjung dengan barista soal kopi bisa meningkatkan kedekatan dan kenyamanan antara pengunjung dan barista. Terlebih, Tanamera menyediakan kursus pembuatan kopi. Pengunjung yang bisa ngobrol dengan barista bisa tertarik mengambil kursus pembuatan kopi.

Metode penyeduhan kopi juga harus ditambah. Saat ini, hanya metode V60 yang dipakai Tanamera. Sebagai kafe yang punya kursus kopi, alat-alat Tanamera tentu lengkap. Menurut manajernya, sampai saat ini metode yang dipakai hanya V60 karena keterbatasan tempat dan tenaga. Keterbatasan tersebut karena mereka sedang ekspansi. 

Catatan: Harga dan menu adalah harga dan menu tanggal 19 November 2016.  Semua angka adalah harga dalam ribu rupiah belum termasuk pajak 10%