Legal Officer
2 tahun lalu · 249 view · 5 menit baca · Kuliner cylimakuta_coffee.jpg
Sumber gambar: Cylimakuta-Coffee.jpg

Kafe Murah Meriah Tongkrongan Abege

Jika menyusuri Jalan Basuki Rahmat di sepanjang Banjir Kanal Timur pada malam hari, akan mudah ditemukan anak-anak muda nongkrong di sebuah kafe yang lampunya cukup gemerlapan. Kafe tersebut adalah Cylimakuta Coffee yang tepatnya terletak di Jalan Basuki Rahmat No. 54 Cipinang Muara, Jakarta Timur. Menu berbagai macam kopi seperti Gayo, Papua, Sumatra cukup menarik untuk dicoba.

Tempat

Cylimakuta menyediakan ruang AC dan non AC. Ruang AC disiapkan untuk pengunjung yang tidak merokok. Sedangkan ruangan tidak ber-AC, outdoor, disediakan bagi mereka yang merokok. Terdapat dua sofa memanjang, beberapa kursi kayu serta beberapa meja dan kursi plastik di ruangan ber-AC.

Ruang non AC berisikan meja dan kayu memanjang yang dapat diduduki empat orang, meja kursi plastik, beberapa tong yang dapat diduduki. Melihat berbagai furnitur di kafe ini, tampaknya pemilik memang merancangnya sebagai tempat nongkrong anak muda.

Jika Anda berancana mengobrol intim dengan pasangan, kafe ini bukan tempat yang sesuai. Musiknya cukup keras sehingga bisa mengganggu fokus menjadi pendengar yang baik. Bila Anda merencakan business meeting, Cylimakuta juga bukan tempat yang sesuai. Namun jika Anda ingin tertawa terbahak-bahak bersama sepuluh orang teman, kafe ini adalah tempat yang sangat cocok.

Makanan

Secara umum, Cylimakuta menawarkan tiga macam menu. Mie (noodles), pizza dan kudapan (snack). Noodles terdiri dari Mie Kuah Cylimakuta (15), Mie Goreng Cylimakuta (15), Mie Kuah Biasa (10), Mie Goreng Biasa (10), Pizza Mie (15), Spaghetti Bolognaise (20) dan Carbonara (20). Topping berupa telur, keju dan kornet dihargai masing-masing Rp4000,-.

Pizza terdiri dari pizza keju (22), pizza smoked beef (25), pizza sosis sapi (25), pizza sosis ayam(25), pizza keju susu (22), pizza coklat (22) dan pizza kacang (22). Menu Bread terdiri dari burger (15), hotdog (15), sandwich (15), roti bakar satu rasa (12), roti bakar dua rasa (15), roti cane (12). Isian roti bakar rasa bisa berupa coklat, kacang, keju, srikaya. Tambahan topping telur keju kornet dihargai Rp4000. Sedangkan topping ice cream dihargai Rp5000.

Snack terdiri dari combo snack (25), kentang goreng (15), sosis bakar (15), nachos (18), brownies (12) dan pancake (12). Pilihan isian pancake bisa berupa caramel, coklat dan strawberi. Tambahan topping keju dan es krim dihargai Rp5000.

Pemilik kafe menandai beberapa menu favorit. Untuk kategori makanan menu tersebut adalah mie kuah Cylimakuta, mie goreng biasa, spaghetti bolognaise, spaghetti carbonara, pizza smoked beef, hotdog, roti bakar dua rasa, sosis bakar, nachos dan pancake.

Dari berbagai pilihan menu favorit tersebut, pizza smoked beef dan hotdog cukup menggoda untuk dicoba. Sebagai penutup, snack combo adalah pilihan rasional. Menu-menu seperti mie kuah atau mie goreng rentan terasa tidak lebih enak dari buatan sendiri di rumah. Sekalipun dimasukkan kategori favorit.

Tampilan hot dog mengguggah selera. Penyajiannya manis dilihat. Warna merah-putih saus dan mayones ditampilkan selang-seling. Sayangnya, rasa hot dog tak istimewa. Roti dan sosisnya biasa saja. Rasa mayones pun tak terasa istimewa. Sebagai salah satu menu favorit, hot dog ini gagal menyajikan keistimewaan

Combo Snack terdiri dari dua potong kecil sosis, tiga buah nugget dan beberapa kentang goreng. Semua rasanya biasa saja. Kentang, sosis dan nuggetnya terasa seperti kentang, sosis dan nugget yang biasa kita konsumsi sehari-hari.

Pizza Smoked Beef isinya berupa roti pizza, daging asap, bawang Bombay, lelehan keju dan saus barbeque. Roti pizzanya cukup lembut. Namun saus barbeque yang menjadi perasa utama pizza, terasa biasa saja. Aroma asap pada smoked beef tidak terasa. Begitu pun lelehan keju yang hanya lewat di lidah. Tidak terasa asin khas keju. Smoked beef pizza belum memenuhi ekspektasi sebagai menu istimewa sebagaimana difavoritkan kafe ini.

Minuman

Menu minuman terdiri dari Espresso Based, Coffee by manual brew, non-coffee dan coffee. Menu coffee dan non-coffee disajikan panas atau dingin. Espresso based terdiri dari espresso (12), cappuccino (20), coffee latte (20) dan affogato (16).

Untuk menu coffee by manual brew disajikan dengan pilihan metode V-60 (16) , Vietnam drip (15), French press (15), syphon (20), tubruk (10), aero press (16). Biji kopi yang mereka sediakan adalah Gayo, Sumatra, Toraja, Bali, Jawa, Papua. Kopi Sumatra memakai biji kopi Mandailing. Sedangkan kopi Jawa memakai biji kopi Tiwus.

Menu non coffee hot terdiri dari chocolate (12), chocolate with latte (18), tea, tea with pot (8), hot lemon tea (8), hot green tea (12), bajigur (10), bandrek (10) dan teh tarik (12). Menu Ice Coffee terdiri dari ice coffee (15), ice coffee latte (20), ice coffee latte junior (16), ice coffee latte blend (20), ice coffee latte blend junior (16), ice cappuccino (20) dan ice mocca (16).

Menu non coffee ice tediri dari ice chocolate (15), ice chocolate blend (18), ice Milo dino (18), ice tea (6), ice lychee tea (15), ice Tarik tea (15), ice green tea (15), ice green tea blend (18), ice lemon tea (12), ice lemon squash (15), milk shake overload (22), ice soda susu (15), coca cola (10), Fanta(10), sprite (10), pulpy orange (10), mineral water (8). Pilihan rasa milk shake overload terdiri dari  green tea, vanilla, strawberi dan coklat.

Menu-menu favorit untuk kategori minuman yang ditandai dengan simbol hati terdiri dari seluruh espresso based, semua coffee by manual brew, ice coffee latte, ice chocolate blend, ice green tea blend, ice lemon tea dan milk shake overload.

Ice Coffee Latte layak jadi salah satu minuman favorit. Jenis kopi ini biasanya rentan encer. Komposisi es, susu dan kopi yang tidak seimbang menyebabkan kopinya terasa encer, tidak kuat lagi. Namun barista Cylimakuta sukses memadukan ketiganya. Kopi dalam Ice Coffee Latte ini tetap terasa. Walaupun dicampur dengan susu dan es.

Sayang, Aceh Gayo V-60nya terlalu encer. Karakter kuat Aceh Gayo tidak terasa. Memang hasil metode V-60 lebih encer dibandingkan French Press. Namun seharusnya tak seencer ini.  Mungkin saja kelemahan karakter itu disebabkan oleh pemilihan biji kopi yang kurang baik. Rasa Aceh Gayo yang mewah menggungah tidak terasa pada kopi ini.

Penutup

Cylimakuta adalah kafe yang cocok untuk tempat nongkrong anak muda. Tempatnya tidak didesain untuk mengobrol intim atau business meeting. Harga yang murah juga menunjukkan segmen pasar yang diincar, kalangan pelajar dan mahasiswa.

Dari kedua menu makanan favorit yakni hotdog dan pizza, tidak ada rasa istimewa. Rasa kentang, sosis bakar dan nugget pada snack combo juga biasa saja. Kopi Aceh Gayo V-60nya gagal memenuhi ekspektasi standar kafe pada umumnya. Namun Ice Coffee Latte sukses membuktikan rasanya sebagai menu favorit.

Secara umum, Cylimakuta cukup sesuai dijadikan tempat belajar menikmati kopi bagi para pelajar dan mahasiswa. Setidaknya mereka bisa mengenal berbagai macam biji kopi beserta metode pembuatannya sebelum menikmati kafe dengan lebih serius. Rentang harga yang murah dan variasi biji kopi berikut metode pembuatannya membuktikan hal tersebut.  

Catatan: Seluruh harga adalah dalam ribuan rupiah. Harga dan menu yang tertera adalah harga dan menu per tanggal 24 Desember 2016.