Who’s next leader from Indonesian? Sekarang banyak orang bertanya-tanya siapa yang akan memimpin bangsa Indonesia di periode 2019-2024 nanti, banyak orang sudah mulai mendukung pemimpin yang bisa dipercaya untuk membawa Indonesia ke masa depan yang lebih baik.

Pemimpin seperti apa yang mampu masyarakat beri kepercayaan untuk memimpin bangsa Indonesia, pemimpin seperti apa yang dapat memenangkan hati masyarakat Indonesia, pemimpin idaman yang dapat membawa perubahan bagi Indonesia bukan memperburuk keadaan Indonesia saat ini.

Pemimpin supel? Pemimpin bijaksana? Pemimpin murah hati? Pemimpin pekerja keras? Pemimpin cinta rakyat? Pemimpin jujur? Pemimpin bersih? Pemimpin seperti itu yang diinginkan masyarakat.

Yang tidak memakan uang rakyat tapi memakainya menjadi sebuah kesempatan kerja untuk masyarakat kecil, yang tidak bersantai-santai hanya bawahan yang bekerja, yang kualitasnya tidak diragukan, yang membuka pola pikir masyarakat dan memberikan suntikan semangat untuk hidup.

Yang betul-betul kerja tanpa embel-embel janji palsu pada saat blusukan ke tengah-tengah rakyat, yang tidak berbicara saja tapi ada bukti nyata yang Ia kerjakan selama masa pemerintahannya bahkan terkenang sebuah sejarah yang membanggakan.

Anda memilih siapa untuk menjadi pemimpin? Apakah Bapak Jokowi? Yang sudah memimpin Indonesia dan membawa Indonesia semakin naik, Atau Bapak Prabowo? I choose Bapak Jokowi to be a next leader from Indonesia.

Why? Karena menurut saya kinerja Bapak Jokowi sudah sangat baik dalam menanggulangi permasalahan-permasalahan yang ada di Indonesia dan sangat nyata dirasakan masyarakat, banyak bukti yang sudah Ia kerjakan selama hampir 5 tahun ini.

Jokowi tetap dihati, pasti banyak rakyat kecil yang mengagumi pemimpin kita satu ini karena suka menolong rakyat-rakyat kecil yang kesusahan, dengan ketulusan hati Ia sungguh-sungguh kerja mati-matian untuk rakyat.

Figur Bapak Jokowi membantu rakyat-rakyat kecil untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik melalui fasilitas yang diberikan seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk anak-anak yang mempunyai cita-cita yang besar tapi tidak mampu karena keadaan ekonomi akan mendapatkan kartu ini.

Kemudian, Kartu Indonesia Sehat (KIS) untuk masyarakat yang tidak mampu membiayai kesehatan mereka jika sakit akan menerima kartu ini, Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) untuk membantu perekonomian keluarga dengan adanya bantuan sosial.

Tidak hanya itu saja Bapak Jokowi yang dikenal sebagai figur yang merakyat yang suka blusukan melihat keadaan rakyat membangun infrastruktur untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Sejak tahun 2015 hingga sekarang Bapak Jokowi beserta pemerintah telah membangun jalan, rekonstruksi, dan pelebaran jalan nasional sepanjang 12.783 kilometer.

Kemudian Ia membangun 11 bandara baru, dan dari tahun 2016 sampai 2017 sudah dibangun sekitar 369 kilometer spoor rel kereta. Sungguh keren bukan pemimpin kita saat ini. Bapak Jokowi sangat memikirkan kenyamanan masyarakat agar masyarakat semakin produktif dalam bekerja.

Kenapa saya bilang sangat memikirkan kenyamanan masyarakat? Buktinya dalam fasilitas kereta api yang dulunya tidak karuan sekarang mulai teratur kembali, juga Bapak Jokowi dan Menterinya membuat MRT lagi-lagi dengan alasan untuk kenyamanan rakyat saat pergi bekerja.

Agar masyarakat juga tidak menggunakan kendaraan pribadi dan nyaman memilih fasilitas umum yang telah disediakan untuk tidak menimbulkan kemacetan dan mengurangi polusi udara dari asap kendaraan masyarakat.

Kemudian menghemat waktu pada saat ingin berpergian jauh dengan dibangunnya tol-tol di Pulau Jawa, membuat masyarakat bersemangat untuk pulang menemui keluarganya pada saat hari liburan.

Darimana dapat anggaran infrastruktur? Pada pemerintahan Pak Jokowi perkembangan nilai tukar rupiah cenderung stabil dan harga minyak pada posisi rendah. Rata-rata harga minyak di kisaran US$ 49.2 per barrel berbeda dengan pemerintahan sebelumnya harga minya mencapai US$ 146 per barrel.

Hal tersebut membuat Jokowi-JK memangkas subsidi bahan bakar minyak dan merealokasikan anggaran subsidi untuk membiayai pembangunan infrastruktur. Bapak Jokowi pernah berkata “Yang paling penting kepercayaan rakyat yang harus kita jaga”.

Perkataan tersebut dibuktikan dengan kinerjanya yang excellent yang tidak menginginkan masyarakat kecewa. Pada era Jokowi juga banyak kasus-kasus suap atau korupsi terungkap dibantu oleh KPK.

 Pejabat-pejabat yang memakan uang rakyat kecil mulai diselidiki dan di bawa ke pengadilan untuk ditindak lanjuti. Mulai terungkap siapa-siapa saja wakil rakyat yang sudah di berikan kepercayaan oleh rakyat tetapi memakan uang rakyat karena ketidakpuasaan posisi dan kekuasaan yang mereka miliki.

Jokowi perlahan-lahan membawa Indonesia menjadi negara maju dengan pembangunan infrastruktur yang lebih baik yang mulai mengikuti kualitas-kualitas negara maju lainnya dan mulai bersaing di mancanegara lewat produk-produk anak bangsa yang mengharumkan nama Indonesia dengan prestasinya.

Tidak salahnya memberikan kesempatan satu kali lagi untuk Bapak Jokowi yang dilihat lewat kerja nyatanya dan pengabdian untuk masyarakat untuk memimpin lima tahun lagi bangsa Indonesia. Ijinkanlah Bapak Jokowi berkarya dan membangun Indonesia maju.

Jokowi tetap di hati masyarakat sekalipun Ia sudah tidak menjadi pemimpin lagi nantinya. Karena banyak jasa yang Ia lakukan yang tidak dapat masyarakat balas, hanya doa yang bisa diucapkan untuk pemimpin kita.