Jeruk kalamansi (Citrus Microcarpa) adalah tanaman yang termasuk dalam keluarga Rutaceae. Tanaman ini merupakan persilangan antara Citrus Retifulata dengan Fortunella Margarita

Jeruk kalamansi atau yang disebut jeruk kasturi ialah varian jeruk yang digunakan untuk bahan campuran minuman terutama es kelapa. Jeruk ini beraroma harum dan rasanya manis sedikit asam.

Pohonnya pendek dan rimbun cocok dijadikan tanaman buah dalam pot atau tambulapot. Dari banyaknya jenis jeruk yang ada, apa kamu pernah mencoba jeruk kalamansi?

Jeruk yang berasal dari Tiongkok ini yang menyebar hingga Asia Tenggara termasuk dalam jenis jeruk nipis yang punya banyak air dan rasa asam.

Jeruk kalamansi memiliki aroma yang khas sering dimanfaatkan sebagai minuman, penyedap makanan, ataupun menghilangkan bau amis pada makanan. karena mempunyai sejuta manfaat.

Jeruk kalamansi memiliki dua jenis yang biasanya dibedakan dari warna kulitnya, yang disebut dalam nama ilmiahnya yaitu;

Citrofortunella microcarpa berwarna kuning kehijauan, atau seperti gradasi, terdapat bagian yang kuning dan pada beberapa tempat terdapat warna hijau. Yang kedua disebut, Citrofortunella mitis biasanya memiliki warna kuning mencolok.

Buah jeruk kalamansi memiliki kulit dengan permukaan halus dan berpori minyak. Besar jeruk kalamansi ini berdiameter antara 3-4 cm. Buah jeruk ini kaya akan bulir-bulir sitrat yang mudah dipisahkan.

Pohon jeruk kalamansi mampu tumbuh dengan ketinggian kira-kira 2-7 m, tumbuh tegak, ramping, cabang yang padat, batang berduri, silindris, batang dan daun yang mengembang, memiliki akar tunggang dan dalam.

Daun jeruk kalamansi sangat aromatik, bentuk oval, berwarna hijau gelap, permukaan atas mengkilap, permukaan bawah warna hijau kekuningan, dan ukuran 4-7 cm. Pada bagian daun dekat tangkai, daunnya bertepi halus, semakin ke pucuk bergerigi.

Bunga jeruk kalamansi terdiri dari bunga majemuk, memiliki putik dan benang sari dalam satu bunga satu pohon. Sehingga satu pohon mampu melakukan pembuahan tanpa dibantu adanya pohon lain.

Jeruk kalamansi dapat dipanen pada saat sudah matang maupun ketika masih mentah (yang masih hijau) tergantung penggunaanya.

Penyimpanan jeruk tanpa pengawet sebaiknya tidak melebihi dari dua pekan. Lebih dari itu penyimpanan akan merusak buah, kecuali disimpan dalam pendingin.

Jeruk kalamansi juga banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh lohh!

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Sering merasa kurang berenergi atau lemas? Kesegaran dari buah kalamansi bisa mengembalikan kekebalan tubuh seperti semula. Dengan seperti itu, kamu bisa melanjutkan aktivitas dengan penuh semangat sampai selesai.

2. Membantu menurunkan kadar kolesterol

Untuk kamu yang gak pede dengan bentuk tubuh karena perut buncit, sering-sering konsumsi buat kalamansi deh. Kandungan flavonoid dalam buah jeruk kalamansi memiliki kandungan antioksidan, anti-hypertension, dan anti-hypercholesterolemia dapat membantu mengecilkan perut yang buncit secara perlahan sekaligus menurunkan kadar kolesterol.

3. Menjaga kesehatan kulit

Setiap orang pasti ingin mempunyai kulit sempurna. Karena itulah, hal tersebut didapatkan dengan cara mudah seperti mengonsumsi jeruk kalamansi yang mengandung banyak Vitamin C ini. Jeruk kalamansi bisa membersihkan noda hitam pada wajah secara berkala dan mencegah penuaan dini.

Dan khasiat jeruk kalamansi yang diamalkan orang dulu-dulu hingga sekarang dalam mengobati beberapa masalah kesehatan:

1. Batuk

Ambil jeruk, kecap dan garam. Minum setiap pagi dan malam secara teratur. Lama-kelamaan batuk akan berangsur pulih.

2. Demam

Petiklah 2-4 genggam daun jeruk kalamansi. Rebus dengan 2 sampai 4 gelas air. Gunakan air rebusan untuk mengompres pasien demam. Caranya dengan basahkan kain pada air rebusan lalu ditempelkan pada dahi pasien.

3. Sakit kepala

Ambil sebiji jeruk kalamansi dan potong sedikit di bagian atasnya. Kemudian, mencubit kulit jeruk tadi sehingga cairannya keluar. Pastikan anda mengarahkan cairan itu ke hidung saar ia membesut.

4. Kegemukan

Perahan jeruk kalamansi yang di campur dengan teh tanpa gula dan di minum setiap hari. Sebaiknya biarkan teh yang di minum itu teh panas, efeknya lebih cepat. Amalkan meminum air ini dan insyaAllah perut anda yang buncir akan menjadi kempis dan kemas ulang.

5. Ketombe

Biasakan mencuci rambut dengan beberapa helai daun rambutan yang di remas bersama setengah cangkir air sampai mengeluarkan lendir. Kemudian basuh sebati lendir daun rambutan bersama dua cangkir santan dan sebiji air jeruk kalamansi. Lumurkan pada seluruh kepala dan bungkus menggunakan handuk basah. Biarkan sebentar sebelum di bilas bersih, Lakukan seminggu sekali.

6. Kepala berbau

Ambil beberapa biji jeruk kalamansi dan hiriskan. Kemudian gosokkan ke seluruh kepala. Biarkan beberapa menit, kemudian barulah cuci sampai bersih. Selain mewangikan rambut, jeruk kalamansi juga bisa menghilangkan rasa pusing dan menyejukkan sakit kepala.

7. Lelah

Ambil sesendok madu, kemudian campurkan dengan 5 titik jus jeruk kalamansi. Minumlah campuran madu dan jus jeruk kalamansi tadi. Amalkan cara ini seminggu sekali.

Setelah mengetahui manfaat-manfaat dari jeruk kalamansi di atas, pasti kamu mulai ingin mencoba rutin mengonsumsi buah ini bukan.

Yakin ga mau coba?