Manusia merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain untuk saling berinteraksi, hal itu sudah menjadi kodrat ilahi yang tidak bisa dibantah. Karena itulah jati diri makhluk sosial perlu adanya suatu timbal balik sesama makhluk. Bukan hanya dengan manusia saja akan tetapi dengan semua ciptaannya salah satunya yaitu dengan hewan.

Hewan selain untuk dikonsumsi, ditunggangi, dan untuk dijadikan sarana ekonomi oleh manusia, yaitu untuk dipelihara (teman hidup). Memelihara hewan sudah menjadi kepuasan tersendiri bagi manusia yang hobi memeliharanya. Walaupun manusia tidak dapat melakukan interaksi lewat perkataan (dialog) dengan hewan.

Tetapi hewan mempunyai cara sendiri untuk berinteraksi dengan manusia. Seperti perilakunya yang begitu setia dengan sang majikan. Salah satunya adalah anjing. Karena sudah menjadi rahasia umum manusia memelihara hewan anjing dengan alasan, anjing memiliki kesetiaan yang tinggi dan tergolong hewan yang pintar.

Anjing adalah spesies atau mamalia yang memiliki keturunan dari serigala sejak 15.000 tahun yang lalu. Anjing telah berkembang menjadi ratusan bahkan ribuan ras yang tersebar di seluruh dunia. Anjing memiliki warna rambut, tinggi badan, kaki, mata, dan sifat yang berbeda-beda di setiap jenisnya.

Namun yang menjadikan spesies ini spesial adalah karakteristiknya yang setia terhadap sang majikan. Bahkan sering kali para penyayang binatang menganggap bahwa anjing adalah sahabat yang paling setia di antara makhluk ciptaan Tuhan yang lainya.

Anjing sendiri adalah jenis hewan sosial. Sama halnya dengan manusia. Kedekatan pola perilaku anjing dengan manusia menjadikan hewan ini dapat dilatih untuk bersosialisasi layaknya manusia, serta menjadi keluarga. Kesetiaan anjing sendiri memiliki pola yang mirip terhadap manusia yang memiliki konsep tentang cinta dan persahabatan.

Anjing merupakan hewan peliharaan yang memiliki hubungan paling dekat dengan manusia. Tingkat kecerdasan anjing rata-rata lebih tinggi dibandingkan hewan lain yang dapat dilatih untuk membantu manusia. Anjing juga terkenal sebagai sahabat yang setia bagi manusia dan memiliki kepatuhan yang luar biasa.

Hubungan anjing dan manusia sudah terjalin sejak ratusan tahun silam. Manusia pada masa itu memanfaatkan anjing-anjing liar untuk membantu aktivitas berburu. Selain itu, anjing juga dipelihara untuk menjaga harta majikan sehingga tercipta hubungan yang akrab.

Anjing merupakan hewan yang banyak dipelihara oleh manusia. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam aspek pemeliharaan anjing, terutama aspek kesehatan. Hal ini menjadi sangat penting karena kesehatan yang baik akan membuat anjing menunjukkan penampilan dan kondisi yang prima.

Memiliki seekor anjing adalah cita-cita sebagian orang sejak lama. Setelah memilikinya, tak sedikit pemilik yang bingung bagaimana cara melatih hewan berkaki empat ini. Kadang, kita kesal karena anjing semakin bandel dan tidak kunjung patuh.

Dalam memelihara anjing, setidaknya ada dua kemungkinan yang biasa ditemui oleh pemilik anjing peliharaan di rumah. Pertama, melatih anak anjing alias puppy mulai mengenalkannya dengan berbagai perintah sedini mungkin. Kedua, melatih anjing yang baru diadopsi tentu membutuhkan penanganan khusus apabila belum dilatih oleh pemilik sebelumnya.

Memelihara dan melatih anjing adalah hal yang sangat penting jika anda memutuskan untuk memelihara seekor anjing, jangan sampai anjing tersebut bisa melakukan hal yang dapat merugikan atau membahayakan orang lain karena perbuatannya.

Peneliti Bidang Hukum Kesehatan UGM, Tri Aktariyani mengingatkan agar setiap masyarakat yang memiliki hewan piaraan wajib menjaga piaraan itu dengan baik. Sebab, kesalahan dalam pemeliharaan yang mengakibatkan korban, akan dituntut secara hukum.

Dalam ketentuan baik kitab Undang-Undang Hukum Perdata atau Pidana, memiliki konsekuensi bagi pemilik hewan piaraan yang tidak menjaga hewannya dengan baik. Pada klausa Pasal 490 KUH Pidana, sang pemilik bisa kena kurungan penjara selama enam hari atau denda, apabila hewan piaraannya melakukan perbuatan yang merugikan orang lain. Seperti hewan tersebut menyerang, menerkam, melukai, menggigit bahkan kotorannya mengotori lingkungan. Jika anjingnya melakukan itu semua yang membawa kerugian maka pemiliknya yang bertanggung jawab.

jika korban merasa tidak puas atau mengalami kerugian yang cukup parah maka dapat korban dapat mengajukan gugatan secara perdata yang harus memenuhi unsur perbuatan melawan hukum. Seperti, harus ada perbuatan (positif maupun negatif). Seperti perbuatan itu harus melawan hukum, ada kerugian, ada hubungan sebab akibat antara perbuatan melawan hukum itu dengan kerugian dan ada kesalahan. Jadi, jaga baik-baik hewan peliharaan Anda agar tidak merugikan diri sendiri nantinya.

Sebelumnya diberitakan, bocah meninggal dunia setelah lehernya digigit oleh anjing Pitbull peliharaan keluarga. Anjing itu menggigit padahal berada di dalam kandang dan dirantai. Anjing peliharaan yang menggigit orang lain, merupakan peristiwa yang dapat menimbulkan konsekuensi hukum bagi pemiliknya.

Pasal 490 butir 2 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (“KUHP”) berbunyi, “Diancam dengan pidana kurungan paling lama enam hari, atau pidana denda paling banyak tiga ratus tujuh puluh lima rupiah barang siapa tidak mencegah hewan yang ada di bawah penjagaannya, bilamana hewan itu menyerang orang atau hewan yang lagi ditunggangi, atau dipasang di muka kereta atau kendaraan, atau sedang memikul muatan.”

Bila serangan anjing berupa gigitan yang menyebabkan kematian, menyebabkan orang lain luka berat, menyebabkan orang lain luka-luka sedemikian rupa sehingga timbul penyakit atau halangan menjalankan pekerjaan jabatan atau pencarian selama waktu tertentu, maka dapat dituntut berdasarkan pasal 359 KUHP dan 360 KUHP.

Ada baiknya Anda mengetahui cara melatih anjing, baik saat Anda memelihara anak anjing baru atau ditugaskan merawat anjing yang menunjukkan perilaku yang “unik”. Orang-orang sering kali merasa kewalahan mengubah anak anjing yang bandel menjadi hewan peliharaan yang rajin, mau mendengarkan, dan patuh.

Melatih anjing sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. Yang Anda butuhkan adalah sikap positif, camilan, dan waktu (beberapa menit) setiap hari. Perlu diingat bahwa latihan merupakan hal yang penting untuk diberikan jika Anda memelihara anjing baru. Latihan merupakan komponen penting dalam membangun ikatan, serta langkah penting yang perlu dilakukan jika Anda ingin membangun hubungan yang positif dengan anjing peliharaan.