Bicara tentang hal gaib, pasti yang muncul di kepala kita adalah makhluk halus, supranatural, dan hal-hal tak nampak lainnya. Tetapi, walau tidak tampak bukan berarti hal itu tidak ada. Hal-hal yang gaib tidak bisa dijelaskan dengan hukum alam atau berada di atas dan di luar alam.

Hal gaib sering disalahgunakan oleh dukun. Banyak dukun yang mengaku bisa menggandakan uang, bisa mengirimkan dan menghilangkan santet, dan sebagainya. Ada juga orang yang membongkar trik-trik dukun, Siapa sih yang ga kenal sama Pesulap Merah?

Marcel Radival atau lebih dikenal dengan nama panggung Pesulap Merah yang bernama asli Haris Setianto adalah seorang pesulap dan YouTuber. Pesulap Merah sempat jadi sorotan publik karena aksinya membongkar sejumlah kedok palsu dari para dukun di Indonesia.

Pasti masih banyak yang menganggap kalau mas Radival atau lebih populer dikenal sebagai Pesulap Merah adalah orang kebarat-baratan. Semua harus logika, akal pikiran dan sesuai dengan hal-hal yang nyata, dan tidak percaya adanya hal gaib.

STOP... Anggapan tersebut sangat keliru, Pesulap Merah membantah dirinya tak percaya dengan adanya hal gaib meskipun dirinya kerap membongkar trik-trik perdukunan. Yang dibongkar oleh Pesulap Merah bukan hal gaib, melainkan hal yang bukan gaib, tetapi dianggap gaib.

Di video-video dari channel YouTube Pesulap Merah dia menjelaskan kalau hal gaib itu ada. Cukup hanya sebatas menyakini, tidak harus ada pembuktian. Seperti kebal terhadap senjata tajam, tahan api, tahan disiram air keras, dan sebagainya. Sebab hal gaib tidak dapat dibuktikan secara kasat mata karena panca indera manusia tidak mampu menjangkaunya.

Mari kita lihat sejarah yang tercantum dalam Alquran pada Surat Al-A'raf ayat 109-126. Ayat tersebut mengisahkan nabi Musa melawan para penyihir utusan Fir'aun, sebut saja tukang sulap sebab sihirnya menggunakan trik dan hanya tipu daya.

Ketika ditantang untuk duel kesaktian yang mana tongkat para Penyihir Fir'aun berubah menjadi ular. Kemudian dilemparkanlah tongkat nabi Musa yang dengan tiba-tiba menelan seluruh kepalsuan para Penyihir Fir'aun. Para Penyihir pun kaget dan bersujud.

Mereka mengakui Tuhannya nabi Musa tanpa memperdulikan hukuman Fir'aun terhadapnya. Sebab apa yang dilakukan nabi Musa di luar kendali manusia. Pengakuan para Penyihir itu, semua perbuatan sihirnya adalah tipu daya mata bukan sungguhan tidak sampai bisa memakan benda.

Perlu kita ketahui, mukjizat para nabi bukan atas kehendaknya sendiri. Mukjizat itu terjadi atas kehendak Allah dan hanya terjadi sekali ketika dibutuhkan. Seperti halnya ketika nabi Musa dikejar pasukan Fir'aun. Hingga tibalah nabi Musa beserta pengikutnya sampai di tepi laut.

Semua pengikut nabi Musa pun seraya berkata, “mati kita, tidak ada jalan lari lagi”. Jika dipikir secara logika, mereka tidak mungkin lagi bisa lari dari kejaran Fir’aun dan bala tentaranya. Tetapi nabi Musa berdoa dan diperintahkan Allah untuk memukulkan tongkatnya ke air laut, lalu terbelahlah air laut itu.

Contoh yang lain, nabi Muhammad membelah bulan. Begitu juga dengan Al-Quran yang dulu isinya dianggap tahayul oleh orang orang kafir, ternyata terbukti secara logis di zaman sekarang. Kemudian nabi Ibrahim yang tidak mati ketika dibakar hidup-hidup.

Semua itu hanya terjadi sekali dan terjadi atas kehendak Allah, bukan atas kehendak manusia yang bisa kita minta setiap saat. Mukjizat tidak bisa seenaknya di buktikan, apalagi karomah dan yang lainnya. Yang mana keistimewaan tersebut tingkatannya di bawah mukjizat dan diperuntukkan orang-orang sholeh.

Ketika ada seseorang yang mengaku bisa menunjukkan karomah, dimana seseorang bisa menghadirkan pasukan jin, mengambil suatu pusaka ditempat tempat tertentu, bahkan bisa memindahkan penyakit ke media hewan seperti kambing. Sudah dipastikan kalau dia seorang pendusta.

Agustus lalu, Dokter Richard Lee membuat sayembara melalui unggahan video akun TikTok pribadinya. Bagi siapa saja yg mampu memindahkan jerawat saja ke media binatang lain maka akan diberi 1 Miliar Rupiah dan dijadikan karyawannya dengan gaji yang sangat fantastis.

Tetapi dari sekian banyak orang-orang yang mengaku bisa memindahkan penyakit ke media lain tidak ada yang berani menerima tantangan Dokter Richard. Bahkan orang-orang yang mengaku kebal senjata tajam pun tidak berani ditantang Dokter Richard untuk ditusuk memakai jarum suntik.

Masih banyak lagi cerita-cerita serupa yang dapat menjadi gambaran sekaligus pengetahuan yang menambah wawasan untuk kita. Tentunya wawasan itu bisa membantu kita menjadi lebih jeli sehingga dapat terhindar dari segala bentuk penipuan.

Pesulap Merah mencontohkan kita bagaimana seharusnya ilmu itu dimanfaatkan. Maka di akhir videonya, Pesulap Merah sering mengatakan "Jadilah lebih pintar dari orang pintar, Jadilah lebih normal dari paranormal, dan Jadilah lebih natural dari ahli supranatural".

Kata-kata itu sering disampaikan untuk mengingatkan pada kita agar tidak mudah percaya pada paranormal, ahli supranatural, maupun orang-orang yang dikatakan pintar. Jadilah seseorang yang lebih pintar dan lebih normal dari mereka.

Allah SWT sudah mengingatkan barangsiapa yang mendatangi seorang dukun atau seorang tukang ramal, kemudian membenarkan apa yang dikatakannya, maka dia telah kafir terhadap wahyu yang diturunkan kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Maka dari itu jangan pernah sekalipun percaya pada ucapan dukun. Janganlah kita menganggap bahwa sang dukun atau tukang ramal tersebut mengetahui hal-hal yang gaib. Padahal hanya Allah yang mengetahui dan tidak memperlihatkan kepada seorang pun tentang hal yang gaib itu, kecuali atas ijinnya.

Jadikan hari ini lebih baik dari hari kemarin dan jadikan hari esok lebih baik dari hari ini.