Apabila kita tidak masuk sekolah karena suatu keperluan ataupun halangan, biasanya kita diwajibkan untuk memberikan surat izin tidak masuk. Surat izin tersebut biasanya kita sampaikan kepada sekolah dengan cara dititipkan teman. Selain dengan surat izin, ketika kita tidak masuk sekolah biasanya kita juga titip izin secara lisan melalui teman untuk disampaikan kepada guru.

Namun ketika kita izin tidak masuk sekolah melalui teman dengan cara tertulis maupun lisan, kita tidak boleh menitipkan izin tersebut kepada sembarang teman dan sembarang cara. Karena hal tersebut bisa berakibat fatal untuk diri kita sendiri dan orang lain, alias merugikan. Kejadian tersebut pernah saya alami ketika saya masih sekolah.

Ada dua cara yang tidak boleh kita gunakan untuk titip izin tidak masuk sekolah kepada teman. Karena cara tersebut sangat merugikan dan bahkan memalukan.

Cara#1 Titip izin lewat kolom komentar sosial media teman.

Kejadian titip izin lewat kolom komentar di salah satu postingan sosial media teman, pernah saya alami langsung pada saat  masih sekolah. Kejadian tersebut bermula saat teman saya mengalami sakit diare dan baru saja memiliki hp android. 

Teman saya waktu itu masih gaptek tentang hp android dan sosial media. Pada awalnya teman saya mencoba titip izin tidak masuk sekolah dengan saya lewat aplikasi  WhatsApp.

Namun pada waktu itu WhatsApp saya eror dan tidak bisa dihubungi. Maka teman saya mencoba titip izin tidak masuk sekolah lewat akun Instagram saya. Pada saat itu dia juga belum paham sepenuhnya tentang aplikasi Instagram. Maka terjadilah kejadian yang luar biasa bagi saya. Teman saya titip izin tidak masuk sekolah lewat kolom komentar di salah satu postingan saya.

Kurang lebih tulisannya seperti ini, “Nda, aku sesok izinke ora mlebu sekolah mergo wetengku iseh loro, mencret”. Arti dalam bahasa Indonesianya kurang lebih seperti ini, “Nda, besok aku izinin tidak masuk sekolah karena perutku masih sakit, diare”.

Coba bayangkan, dia menulis seperti itu di kolom komentar salah satu postingan saya dan dapat dibaca oleh banyak orang. Tulisan tersebut membuat saya malu sendiri.

Dan sialnya lagi saya baru menyadari tulisan tersebut di kolom komentar postingan saya setelah satu hari. Itu pun setelah saya diberitahu dan ditertawakan oleh teman-teman saya yang lain karena mereka membaca tulisan yang ada di kolom komentar postingan saya itu.

Tulisan tersebut membuat saya malu dan ditertawakan oleh teman-teman saya yang lain. Baik teman saya di kampung, sekolah, maupun organisasi, semuanya membicarakan dan menertawakan tulisan yang ada di kolom komentar postingan saya. Rasanya seperti menanggung malu tujuh turunan nenek moyang sekaligus.

Namun izin tidak masuk sekolah teman saya tersebut tetap saya sampaikan kepada ibu guru. Mau tidak mau saya harus menyampaikannya, karena semua orang sudah tahu kalau saya diberikan amanah oleh teman saya untuk menyampaikan pesan tersebut. Seandainya saya tetap tidak menyampaikan izin tersebut, repurtasi saya sebagai orang baik dan amanah akan turun drastis di mata teman-teman saya.

Cara #2 Titip izin dengan teman yang pelupa

Kejadian ini juga pernah saya alami saat masih sekolah. Pada waktu itu saya tidak bisa masuk sekolah karena sakit. Maka saya periksa ke puskesmas dan meminta surat dari dokter untuk izin tidak masuk sekolah karena sakit. Keesokan harinya saya menitipkan surat tersebut kepada teman saya untuk diberikan kepada bapak/ibu guru.

Namun pada hari berikutnya lagi, teman saya mendatangi rumah saya dan bilang kalau dia lupa memberikan surat izin saya kepada guru. Dia juga mengatakan kalau surat izinya lupa dia taruh dimana. Pada saat itu juga sebenarnya saya ingin marah dan berburuk sangka kepada teman saya.

Pada saat itu saya ingin berburuk sangka kepada teman saya, kalau sebenarnya dia tidak lupa, tetapi memang sengaja menghilangkan surat izin saya karena suatu hal tertentu, misalnya dendam dan benci. Namun dugaan buruk tersebut tetap tidak bisa saya munculkan, karena saya tahu kalau teman saya orangnya jujur dan polos, meskipun sering ngeselin juga sih.

Itulah cara-cara titip izin tidak masuk sekolah yang harus kalian hindari. Karena cara tersebut sangat merugikan dan memalukan orang lain. Mungkin cara-cara tersebut terlihat sepele, namun ketika kalian mengalaminya sendiri, rasanya bukan main.