Mungkin sulit untuk menuliskan sesuatu mengenai hal yang berhubungan dengan kata jangan pernah menyerah, karena pasti setiap orang pernah berada dalam fase di paling bawah.

Khususnya bagi diri saya sendiri jatuh dan bangun kembali dari keterpurukan itu adalah suatu hal yang sulit. 

Mungkin bagi beberapa orang jatuh bangun itu suatu hal yang biasa. Karena bangkit dari keputusasaan dan kegagalan dalam hidup itu tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan.

Pada kenyataannya untuk bangkit kembali itu sulit apalagi di saat itu tidak ada tangan yang dapat membantu dan keadaan lingkungan, keluarga yang tidak mendukung.

Butuh waktu yang sangat lama untuk kembali pada fase yang baik atau pada fase di mana bahwa sebenarnya gagal itu bukan suatu masalah besar.

Kita di tuntut untuk kuat, kita di tuntut untuk tegak meski badai menerjang dan kita di tuntut untuk tidak menyerah. Meski pada kenyataannya kita lemah, kita sesak, kita rapuh, dan kita lelah.

Apa daya dari kehidupan yang berat, penuh beban dan menyedihkan ini tetapi kata jangan pernah menyerah memberikan kita gambaran bahwa kita harus semangat.

Yakinlah bahwa kita bisa melaluinya meski dari air mata terlebih dahulu. Semua berawal dari pahit lalu berubah menjadi manis, akankah kita terus dalam kepahitan? Tentunya tidak. Kita harus melalui kepahitan itu meski kita tidak tahu sampai kapan kepahitan itu berlalu dan di gantikan oleh kemanisan.

Berusaha tidak seberat itu, semangat tidak secapek itu, dan berjuang tidak segagal itu. Kita hanya kurang dalam berusaha, berjuang dan semangat. Kita mudah menyerah, kita mudah lelah, dan kita mudah patah.

Kita tidak tahu arti dari menyerah yang membuahkan hasil dari perjuangan dan kita tidak tahu dari lelah yang membuahkan hasil dari semangat.

Kita punya mimpi untuk jadi nyata, kita punya cita-cita yang harus dicapai, jadi jangan pernah menyerah.

Menyerah hanya membawa kita kepada sebuah penyesalan, karena penyesalan itu untuk orang-orang yg mudah menyerah.

Apa yang kita lalui sekarang hanyalah segelintir beban yang dihadapi, masih banyak hal yang kita tuntaskan tapi tidak dengan kata menyerah yang kita pikirkan sekarang. Kita harus lebih melihat jauh lagi di mana sebuah kesuksesan di gapai dengan keringat dan perjuangan yang sangat panjang.

Kita tidak perlu menghabiskan kekuatan  untuk memulainya, kita hanya perlu sedikit demi sedikit tetapi tidak berhenti. Mau ke mana terburu-buru? Tidak perlu secepat itu, tidak perlu segesit itu.

Kita perlu bernafas dan memulainya lagi, tak perlu melihat proses seseorang karena kita bukan mereka. Mereka sama merasakan bagaimana lelahnya, bagaimana pahitnya dunia tetapi mereka tidak menyerah seperti kita.

Untuk sekarang mari berusaha terlebih dahulu, Kita tidak akan menyerah kalau kita tidak mengeluh kepada keadaan. Tak perlu bersusah payah menjadi pengecut karena mereka sudah menjadi pengecut ketika menyerah. 

Jangan di perbudak oleh diri sendiri dan pikiran sendiri jangan terlena akan kehidupan yang begitu mulus karena kita tidak tahu buruknya perjalanan.

Kita punya tujuan yang harus di gapai dan di capai, jika kita menyerah terlebih dahulu bagaimana akan mencapai tujuan kita. Boleh istirahat sejenak karena Kita manusia punya titik lelah, tetapi jangan menyerah.

Sewajarnya saja bila kita ingin berhenti di perjalanan tapi kita harus melanjutkan perjalanan itu, sedikit lagi kita akan mencapainya, sedikit lagi usaha yang kita butuhkan. Jangan menyerah atur langkah kita kumpulkan semangat kita, dunia itu kejam untuk orang yang mudah menyerah.

Banyak yang di luar sana yang lebih hebat dari pada kita, apa kita akan tetap menyerah dan terkalahkan oleh mereka? Apa tidak malu sudah sangat dekat tujuan kita dan kita masih menyerah, ayo Semangat!

Tidak apa-apa ngeluh karena capek, itu hal yang wajar. Masih banyak hal yang harus kita selesaikan, banyak hal yang harus kita gapai, jangan dulu menyerah sedikit lagi terbayarkan. 

Kasihan diri kita yang telah membuang-buang waktu demi menemui hari ini, kasihan diri kita bila nanti menyesal karena sudah menyerah.

Jika kita bersungguh-sungguh kita kan mendapatkan harapan yang kita inginkan. Selain itu kita bisa mengutarakannya sebagai hal yang bermanfaat bagi orang lain.

Suatu impian yang bisa tercapai akan berdampak pada kehidupan dilingkungan kita, jika impian itu dapat kita aplikasikan kepada masyarakat.

Tentu saja jika kita bisa menggapai impian sesuai dengan harapan pastinya keluarga, orang yang kita sayangi atau orang yang kita kenal dengan kita, akan merasa bahagia dan jika dari impian ini bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk keluarga, orang lain bahkan diri kita sendiri.

Kita akan merasa kebahagiaan atas apa yang sudah kita capai, kebahagiaan karena usaha dan perjuangan selama ini tidak sia-sia. Hal ini bisa dirasakan juga pada orang yang telah mendukung kita selama ini. 

Jika kita menyerah ingat lagi kenapa kita berjuang sudah sampai titik ini, lihat lagi motivasi diri supaya kita tidak menyerah. Motivasi diri adalah dorongan untuk kita melakukan sesuatu. 

Jika kita memotivasi diri dan membuat kita tidak menyerah, karena Motivasi bersumber dari diri kita sendiri. Memotivasi diri sangat berguna jika kita sedang menyerah, karena motivasi akan membuat kita bergerak lagi karena suatu dorongan dan menyelesaikan tujuan.