Di tengah-tengah hangatnya investasi mata uang kripto, para nubi seringkali terbawa arus FOMO alias Fear of Missing Out. Kalau temen-temennya bilang “Ayooo beli Dogecoin! Lagi naek lohhh cepet cepet”, langsung deh ga pikir panjang langsung beli pakai sentuhan jari cantiknya dan bablas sekian juta tanpa banyak pikir. Yah, sebetulnya masih mending juga sih seperti itu, daripada kenalan saya yang belanja sekian puluh, ratus juta rupiah buat mata uang kripto yang gak jelas alias baru muncul, baru diciptakan namun memang masih murah meriah harganya.

Pastinya, investasi mata uang kripto bukanlah sesuatu yang tidak bisa dievaluasi dengan seksama, dan juga, tidak perlu “panic buying”. Ada pe er yang harus dilakukan oleh para investor nubi ini sebelum melakukan investasi mata uang kripto tanpa banyak pikir panjang. Mungkin jika anggaran bukan merupakan isu, dan juga secara mental siap untuk “total loss” sebetulnya bukan masalah besar. Namun demikian, tidakkah uang yang telah kita dapatkan secara jerih payah, mungkin dari kerja profesional kita dihabiskan begitu saja? Sesungguhnya karena mata uang kripto adalah Asset, perlakukanlah sama seperti anda akan membeli kekayaan lainnya. Nah, ayo perhatikan elemen-elemen berikut sebelum belanja uang kripto:


1. Periksa dulu Business Proposition dia!

Salah satu yang dapat anda periksa dengan seksama Business Proposition mata uang kripto baru tersebut. Sebetulnya mata uang kripto baru itu mirip seperti kita memeriksa potensi sebuah start up. Jadi kalau kita sendiri mau investasi di sebuah start up, pastinya kita akan memikirkan apa sich nilai yang dia tawarkan? Apa fungsi dari mata uang kripto ini? Apa misi dia sebetulnya?

Sebagai contoh, saya ambil Dogecoin,  yang disebut sebagai Meme Coin dengan tampilan Shiba Inu (sejenis anjing) pada logonya. Kalau dilihat dari rencananya, sebetulnya Dogecoin dirancang sebagai alternatif crypto yang ringan, mudah untuk ditambang, dengan fungsi untuk pembayaran atau pembelian.

Kalau dari pandangan saya, Dogecoin saat ini kurang berharga, dan memang di awal kelahirannya nilainya sangat kecil. Namun Dogecoin cukup beruntung untuk disebut oleh tokoh terkenal kita Elon Musk sebagai koin favoritnya sehingga nilainya tiba-tiba melejit. Untuk saya pribadi, saya tidak terlalu berminat investasi Dogecoin karena kurang melihat nilai yang ditawarkan.


2. Cek Supply vs. Demand sebagai Tolok Ukur Potensi Nilai Masa Depan

Persediaan dan permintaan. Konsep ini sederhana, kalau banyak yang berminat tapi supplynya sedikit, harga akan naik, dan kalau sedikit yang berminat sedangkan supplynya banyak, maka harga akan turun. Mata uang kripto sama saja, jadi bagaimana kita melihat potensi nilai masa depan adalah berapa persediaan yang berada dalam sirkulasi.

Bagaimana kita memperhatikan hal ini? Sebetulnya kebanyakan mata uang kripto itu ditambang dan sekian persen disimpan oleh penciptanya. Total persediaan mata uang kripto adalah jumlah koin maksimum yang bisa beredar di pasar atau bisa ditambang. Total sirkulasi mata uang kripto adalah jumlah yang saat ini sedang beredar di pasar.

Kita sebut nilai semua mata uang kripto tertentu yang sedang beredar sebagai Market Cap atau Market Capitalization atau Kapitalisasi Pasar. Contoh misalnya saya ambil mata uang kripto BTC atau Bitcoin yang paling mayor di pasar mata uang kripto. Jadi saat saya menulis artikel ini (16 Sep 2021), total persediaan ada 18,814,678 BTC. Nilai 1 BTC adalah Rp 680 juta (dibulatkan). Berarti Market Cap adalah Rp 12.793.981.040 (dari total persediaan x nilai sekarang). Mengingat persediaan BTC total adalah 20.9972 Juta jika semua sudah ditemukan, maka saat ini di peredaran baru ada hanya 89.606% persediaan saja. Tersisa sedikit saja kalau bisa dikatakan.

Persediaan Bitcoin yang terbatas dan hanya tersisa sedikit lagi saja yang belum dikeluarkan inilah, yang membuat harga Bitcoin menjadi terdorong sangat tinggi. Konon bahkan beberapa expert mengatakan nilai BTC bisa mencapai $300,000 di akhir tahun 2021! Coba hitung berapa Market Capnya jika benar-benar tercapai nilai ini!

Jadi, selayaknya hukum “Supply and Demand”, keterbatasan persediaan ini akan terus menaikkan harga ketika semakin banyak permintaannya. Walaupun fluktuatif, saat ini Bitcoin adalah salah satu koin mayor yang memimpin di dunia uang kripto. Dengan demikian, mata uang kripto yang memiliki fixed supply (persediaan tetap) seperti Bitcoin pasti akan lebih berpotensi naik nilainya daripada yang tidak terbatas.


3. Perhatikan Siapa Tim Pengembang di Balik Layar!

Satu hal yang harus diperhatikan adalah tim pengembang yang ada di balik layar dalam pembuatan mata uang kripto. Selalu diasumsikan saja dahulu bahwa jika pengembangnya memiliki track record yang baik, tentunya akan sangat berpotensi juga memiliki perkembangan koin yang baik.

Saya ambil contoh untuk mata uang kripto Cardano, sebetulnya pengembangnya bernama Charles Hoskinson yang merupakan bagian dari tim pembuat Ethereum di tahun 2015. Walaupun ada banyak faktor lain yang menentukan, dengan mengetahui setidaknya Charles adalah salah satu bagian dari pengembang Ethereum yang sukses, Cardano ini menjadi mata uang yang cukup menjanjikan untuk masa depan yang cerah.


4. Amati Keaktifan Komunitasnya!

Pengembang dengan komunitas yang aktif juga dapat dikatakan sebagai ukuran untuk melihat bagaimana proyek ini akan memiliki potensi pengembangan ke depan. Ini berarti melihat bagaimana respon dari para anggota komunitas mata uang kripto yang bersangkutan. Bagaimana cara mengetahui hal ini?

Ini dapat dilakukan dengan cara memeriksa beberapa hal, misalnya Twitter account mereka, apakah banyak update tentang proyek yang mereka jalankan? Kemudian bisa juga melihat aktivitas mereka pada GitHub, yang merupakan portal publik untuk para pengembang bisa berbagi. Juga bisa dilihat dari Reddit yang biasanya merupakan titik awal untuk para pengembang mata uang kripto memberitakan sebuah pengumuman, atau hanya sekedar mengobrol santai. Jika aktif, ini tanda yang positif ya!

Jadi ingatlah, berinvestasi mata uang kripto itu mirip saja seperti anda akan membeli harta kekayaan untuk diri anda, sebagai investasi untuk masa depan, atau untuk perdagangan yang menguntungkan. Maka, tidaklah semata-mata “FOMO” juga tidak sembarangan mendengar apa kata teman. Buatlah pertimbangan dengan melihat potensi nilai dan potensi perkembangan masa depan dari 4 elemen di atas.

Ingat! Jangan Ngawur! Belanja mata uang kripto ini dengan perhitungan seksama. Belilah karena memang ada nilai potensialnya!