Siapa disini yang sering menerapkan SKS alias Sistem Kebut Semalam? Kebiasaan buruk ini sayangnya sering terjadi tidak hanya di kalangan anak sekolah saja tetapi juga di kalangan anak kuliah. Padahal menjadi seorang pelajar yang teladan dan rajin itu tidaklah sulit. Meskipun terkadang akan memberikan kesan culun atau kutu buku, tapi percayalah bahwa menjadi cerdas di bidang akademik itu akan memberikan banyak keuntungan untuk dirimu sendiri. Yuk simak beberapa tips agar tidak perlu sering-sering mengulang mata kuliah.


1. Jangan Sekedar Menghapal, Tapi Pahami Baik-Baik Materinya


Belajar sejatinya adalah suatu proses memahami, bukan hanya sekedar membaca tulisan dari papan lalu menelannya mentah-mentah. Pahami apa yang sedang dipelajari lalu resapi makna dari materi kuliahnya, sehingga kamu bisa benar-benar paham dan tidak hanya sekedar tahu saja. Selain itu, munculkan juga rasa ingin tahu yang besar agar kamu bisa semakin tertarik untuk mempelajari dan memahami hal baru.


2. Buat Kata-Kata Kunci


Terkadang memahami materi tidaklah mudah, pasti kita akan selalu membutuhkan bantuan dosen untuk lebih menjelaskan secara rinci tentang materi yang sedang dibahas. Atau kamu juga bisa menulis kata-kata kunci untuk kemudian dibaca kembali di lain waktu misalnya di rumah atau di kosan. Daftar kata-kata kunci ini juga akan berguna ketika kamu sedang menghafal suatu materi sehingga kamu akan lebih mudah untuk mengingat kembali materi yang sudah pernah dipelajari.


3. Pilih Waktu Yang Tepat Saat Belajar


Pemilihan waktu belajar yang tepat akan mempengaruhi produktivitas kamu dalam belajar. Pilihlah waktu yang pas agar kamu bisa lebih siap. Biasanya ketika otak dan tubuh sedang dalam keadaan segar, otak akan lebih siap untuk belajar dan menyerap materi pembelajaran. Biasanya subuh atau pagi hari adalah waktu yang direkomendasikan untuk memulai proses belajar.


4. Buat Suasana Belajar Yang Nyaman




Terkadang, mood belajar dapat dipengaruhi oleh suasana dari kondisi dari tempat belajar itu sendiri. Jika kamu belajar di kamar yang berantakan dan tidak bersih, bisa jadi kamu pun akan kehilangan konsentrasi belajar. Buatlah tempat belajarmu lebih rapi dan rapikan semua alat dan perlengkapan belajar kamu. Atau kamu juga bisa belajar sambil menyalakan musik favoritmu sehingga suasana belajar bisa lebih kondusif.


5. Jangan Lupa Istirahat Dan Rileks Sejenak




Istirahat adalah hal yang tidak kalah penting selain belajar. Belajar memang harus, namun istirahat juga wajib dilakukan karena kita tidak bisa memaksakan badan kita terus-menerus. Dengan beristirahat, otak kita juga akan diistirahatkan sejenak untuk kemudian siap dipakai lagi. Alangkah baiknya jika kamu beristirahat setiap 30 menit sekali setiap setelah kamu membaca. Setelah istirahat, badan menjadi segar dan otak pun siap menerima materi baru.


Pada dasarnya tidak ada kerja keras yang akan mengkhianati hasil. Kamu tentunya akan mendapatkan hasil yang sepadan dengan kerja keras dan usaha kamu. Seperti apa yang pernah dikatakan oleh Phytagoras : Jika engkau tidak sanggup menahan lelahnya belajar, engkau harus menanggung pahitnya kebodohan. Jadi, ini bukan hanya sekedar menaikkan IPK tapi juga bagaimana kamu bisa menjadi mahasiswa yang dapat mempertanggungjawabkan peran kamu sebagai pelajar.