Jangan dulu bilang merdeka. Kita masih terjajah, Kementerian Keuangan mencatat utang negara kita pada tahun ini naik 8,1 persen, dari RP4.227,78 triliun menjadi RP4.570,17 triliun.

Jangan dulu bilang merdeka. Survei Sosial Ekonomi Nasional atau Susenas mencatat angka putus sekolah masih sangat mengkhawatirkan. Di tahun lalu, angka siswa putus sekolah di Indonesia berjumlah 187.828 orang.

Jangan dulu bilang merdeka. Pada Maret 2019, secara rata-rata rumah tangga miskin di Indonesia memiliki 4,68 orang anggota rumah tangga. Artinya, besarnya Garis Kemiskinan per rumah tangga miskin secara rata-rata adalah sebesar Rp1.990.170/rumah tangga miskin/bulan.

Jangan dulu bilang merdeka. Kekerasan seksual di Indonesia makin parah. Komisioner Komnas Perempuan Mariana Aminuddin di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (6/3/2019), berkata:

"Tahun 2018 mengalami kenaikan sebanyak 14 persen dari tahun sebelumnya, yaitu 406.178 (kasus). Pola kekerasan yang terjadi masih sama, lagi-lagi yang paling tinggi di ranah personal atau ranah privat, ranah yang paling dianggap tabu untuk diungkapkan di ruang publik atau di ruang-ruang politik sebanyak 71 persen, yaitu 9.637 kasus, di antaranya adalah KDRT atau relasi personal atau relasi pribadi."

Jangan dulu bilang merdeka. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) per Februari 2019 ada di angka 5,01 persen dari tingkat partisipasi angkatan kerja Indonesia. Pada Februari 2019, jumlah pengangguran masih mencapai 6,82 juta orang.

Jangan bilang merdeka dulu. Masih ada 10 kasus pelanggaran HAM berat yang belum terselesaikan, di antaranya: Kerusuhan Mei 1998, tragedi Trisakti, tragedi Semanggi 1 dan 2, hilangnya aktivis pada 1997 hingga 1998, kasus Wasior dan Wamena, kasus Talangsari Lampung, kasus penembakan misterius (Petrus), peristiwa pembantaian massal 1965, peristiwa Jambu Keupok Aceh, dan peristiwa Simpang KKA Aceh. Belum kasus pelanggaran HAM lainnya.

Jangan bilang merdeka dulu. Dirjen rehabilitasi sosial Kementerian Sosial, Edy Suharto, pada akhir 2018 lalu mengatakan bahwa masih ada 16.290 anak jalanan di Indonesia. Angka itu, bagi saya, tak bisa dibilang sedikit.

Jangan bilang merdeka dulu. Sepanjang 2019 sampai 2019, tercatat 105 kasus korupsi melibatkan pejabat tinggi. Menurut KPK, pada tahun ini potensi kerugian negara mencapai 200 triliun.

Dan, menurut Indonesian Corruption Watch (ICW), ada 18 kasus besar belum dituntaskan. Dari 18 kasus itu di antaranya: Kasus suap perusahaan Inggris, Innospec, ke pejabat Pertamina; bailout Bank Century; proyek pembangunan di Hambalang; suap pemilihan Deputi Gubernur Bank Indonesia; proyek Sistem Komunikasi Radio Terpadu di Kementerian Kehutanan.

Juga kasus hibah kereta api dari Jepang di Kementerian Perhubungan; proyek pengadaan alat kesehatan di Kementerian Kesehatan; suap Rolls Royce di pejabat PT Garuda Indonesia; Bantuan Likuidasi Bank Indonesia (BLBI); proyek E-KTP; dan kasus Pelindo II.

Jangan dulu bilang merdeka. Data Lembaga Bantuan Hukum (LBH), pada tahun 2018 penggusuran paksa terjadi di 79 titik dan menimpa 277 keluarga. Itu baru di Jakarta, belum di tempat-tempat lain.

Jangan dulu bilang merdeka. Di Indonesia, kelompok Syiah dan Ahmadiyah masih sulit diterima oleh dan masyarakat dan mereka masih merasa tertekan. Pengkafir-kafiran pun masih ramai di Indonesia, terutama menimpa mereka yang bukan beragama Islam.

Jangan dulu bilang merdeka. Berdasarkan data Sensus Penduduk 2010 (SP2010), jumlah penghayat kepercayaan di luar dari agama-agama negara di Indonesia masih tercatat sebanyak 299.617 orang, atau sekitar 0,13 persen dari total penduduk. Mereka masih belum dianggap sepenuhnya warga negara.

Jangan dulu bilang merdeka. Biaya pendidik di Indonesia masih mencekik rakyat biasa. Kendati biaya pendidik makin naik tiap tahunnya, kualitas pendidikan masih belum jauh berubah. Pelajarannya masih itu itu saja, tugasnya pun masih itu itu saja, polanya belajarnya pun masih itu itu saja.

Jangan dulu bilang merdeka. Masih banyak rakyat yang memandang pemilihan umum bukan jalan apalagi bukti bahwa negara ini menganut sistem demokrasi. Ada banyak orang yang memilih tidak terlibat dalam pemilihan umum.

Jangan dulu bilang merdeka. BPS, mencatat kebebasan sipil mengalami penurunan sebesar 0,29 poin dari 2017 menjadi 78,46 di tahun 2018. Aspek hak-hak politik mengalami penurunan sebesar 0,84 poin dari tahun sebelumnya menjadi 65,79.

Jangan dulu bilang merdeka. KPPS yang meninggal tidak meninggalkan bebas. Menurut Kementerian Kesehatan melalui dinas kesehatan tiap provinsi mencatat petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang sakit sudah mencapai 11.239 orang dan korban meninggal 527 jiwa. Pemilu usai, jasa mereka ikut berlalu dan terlupakan.

Jangan dulu bilang merdeka. Jumlah Tenaga Kerja Asing (TKA) di Indonesia menurut Izin Memperkerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTA) Kementerian Ketenagakerjaan hingga akhir tahun 2018 mencapai 95.335 pekerja. Jumlahnya hampir sama banyak dengan jumlah masyarakat Indonesia yang menganggur, tidak memilih pekerjaan tetap.

Jangan dulu bilang merdeka, karena kita belum benar-benar merdeka. 74 tahun kita masih porak-poranda, belum rukun dan harmonis.