Arsiparis
1 tahun lalu · 49 view · 2 menit baca · Media 89103_11821.jpg
http://maxpixel.freegreatpicture.com/Blogging-Notebook-Blogger-Office-Business-3094201

Jadilah Blogger Yang Jujur

Sekarang semua orang bisa dengan mudah berbagi tulisan maupun informasi degan orang lain secara cepat dan mudah. Internet memudahkan hal itu. Salah satu pilihannya adalah mejadi blogger. Meski bersifat pribadi, blog menjadi alternatif pilihan bagi orang orang yang haus informasi.

Menjadi blogger adalah menjadi kacamata orang lain. Untuk itu blogger harus bisa memberikan ide dan tulisan di luar sajian berita yang disajikan media massa arus utama. Bila blogger hanya mengulang berita dari media massa arus utama maka publik akan mengabaikannya.

Nah, tantangan yang harus dihadapi para blogger itu adalah bagaimana agar alamat blog kita dikenali dan mempunyai hit yang tinggi. Karena kita bukan media mainstream tentunya kita harus mempromosikan situs kita itu kepada netizen (pegguna internet). Media sosial bisa menjadi alternatif mudah untuk mengenalkan blog kita dengan cara berbagi link di akun akun teman kita di medsos tersebut.

Bagaimanakah Agar Tulisa Kita Diterima Publik?

Agar tulisan blogger diterima publik, para blogger pemula itu harus  harus jeli mengungkap suatu peristiwa yang sedang hot dengan sudut pandang yang berbeda dengan media lainnya sehingga publik merasakan hal baru yang mungkin bermanfaat baginya. 

Tulisan di sebuah blog, meski diolah secara pribadi oleh pemilik akun blog tersebut, setidaknya harus mengacu pada prinsip jurnalisme yaitu mengungkap fakta bukan malah menjadi ajang bergosip ria. Cek dan  ricek harus selalu dilakukan oleh blogger agar tidak menyajikan kebohongan pada masyarakat.

Selain itu, blogger harus berwawasan luas, banyak membaca, agar isi tulisan tidak monoton dan dangkal atau  itu itu saja.

Biar bagaimanapun, blog adalah media yang diakses publik, tentu para blogger harus memperlakukannya juga sebagaimana media massa konvensional lainnya. Blogger harus menghindari konten berbau SARA agar blognya kredibel karena dianggap pembacanya isinya adil dan berimbang.

Menulislah Sesuai Passion Anda atau Keahlian Anda.

Informasi yang kredibel akan dilihat dari siapakah sumber tulisan tersebut. Untuk itu kita harus mengenalkan secara jujur profil kita agar pembaca memahami kualitas pribadi kita dan memahami latar belakang kita. Tentunya akan terasa lucu bila latar belakang kita seorang ekonom namun tulisan kita banyak menjelaskan unsur teknis bidang lainnya. Orang akan mudah sangsi dengan apa yang kita tuliskan karena tahu background kita itu apa. 

Tulislah apa yang kamu kuasai dan  jangan mencoba ikut ikut latah menuliskan suatu hal yang kita sendiri dangkal dalam menguasainya. Biar bagaimanapun  kejujuran dalam sebuah tulisan lebih utama untuk menunjukkan kredibilitas kita sebagai penulis. Dan aturan yang harus diperhatikan isilah blog dengan tulisan yang orisinil karya kita jangan Copas karena, meski bebas aturan, sebagai blogger juga harus beretika. 

Menjadi kacamata bagi orang lain itu penuh tanggung jawab besar; reliabel dan terpercaya. Untuk sampai ke titik itu blogger harus jujur dan selalu berniat memberikan informasi yang bermanfaat buat pembacanya. Selamat ngeblog!

Artikel Terkait