Menjadi seorang voice over talent merupakan profesi yang paling diidamkan oleh sebagian anak muda saat ini. Karena hingga saat ini profesi voice over talent atau biasa disebut dubber, semakin trending bahkan sangat penting dan diperlukan oleh banyak perusahaan startup hingga berbagai perusahaan industri di Indonesia. 

Voice over talent atau pengisi suara adalah seseorang yang memiliki peran dalam seni mementaskan suara latar atau menyediakan suara untuk mewakili sebuah karakter serta dapat menarasikan suatu script, naskah, ataupun dialog, baik itu diperlukan untuk film, animasi, promosi, periklanan, broadcasting, dan juga hasil produksi video. 

Kegunaan voice over talent dalam info komersial, iklan dan video promosi adalah untuk memberikan informasi tentang suatu produk atau layanan. Dalam acara televisi, film dan serial animasi voice over talent berguna untuk menceritakan elemen-elemen plot penting serta memperkuat karakter tokoh dalam film dan serial animasi. Sedangkan dalam jurnalistik, voice over talent berguna untuk memberikan penjelasan dari berita yang ditayangkan. 

So, untuk kamu yang ingin bercita-cita menjadi seorang voice over talent. Sobat harus bisa menguasai kemampuan dasar yang wajib dimiliki oleh seorang voice over talent agar pesan dapat tersampaikan kepada masyarakat. Yuk disimak baik-baik yah Sobat penjelasannya. 


1. Artikulasi 

Artikulasi merupakan tindakan mengucapkan kata-kata sesuai narasi yang tertera pada naskah. Kejelasan dalam mengucapkan kata-kata itu sangat penting lho Sobat, karena masih banyak sebagian voice over talent pemula yang kurang menyadari bahwa ucapan atau kata-kata yang disampaikan itu kurang terdengar jelas oleh audience. Maka sangat dipastikan artikulasi itu penting dalam dunia voice over

So, Sobat bisa melatihnya dengan latihan yang paling basic seperti melafalkan huruf A I U E O dengan baik secara berulang. Untuk huruf A Sobat bisa ucapkan dengan mulut terbuka dan lebar, untuk huruf I dengan cara menarik bibir kanan dan bibir kiri sehingga terlihat tersenyum, untuk huruf U bibirnya agak dimonyongkan, untuk huruf E sama seperti huruf I dengan cara menarik bibir kanan dan bibir kiri, sedangkan huruf O mulutnya membulat. 


2. Intonasi 

Intonasi merupakan elemen suara yang vital dan tidak hanya penting dalam pengisian latar suara tapi juga dalam segala bentuk komunikasi verbal lainnya, seperti dalam mengatur tinggi dan rendahnya nada suara pada kalimat untuk mencapai titik yang equal atau setara. Selain itu intonasi juga dapat melatih cara bicara seorang voice over talent agar tidak datar atau flat sehingga dapat membuat para audiens menjadi sangat antusias untuk mendengarkannya. 

Sobat bisa melatihnya dengan cara menghitung 1 2 3 4 5 ataupun dengan cara membaca script dengan intonasi atas naik turun, naik turun seperti itu. Tentunya dengan berlatih seperti itu gunanya untuk memperjelas dan memperlancar kalimat atau angka yang akan dibacakan agar tidak keserimpet. 


3. Smiling Voice 

Smiling voice ini artinya adalah suara tersenyum, yaitu berbicara sambil tersenyum agar dapat memberikan kesan semangat ketika berbicara, friendly, ramah, hangat dan enak untuk didengar. Smiling voice umumnya hadir secara alami pada nada bicara seseorang, Sobat dapat berlatih menumbuhkan smiling voice saat bercakap-cakap dengan lawan bicara dalam kehidupan sehari-hari. Dan dengan terus melatih smiling voice, pesan yang Sobat sampaikan dapat memikat hati sang pendengar atau audiens lho. 


4. Power 

Power atau bisa kita katakan juga sebagai pernafasan merupakan kemampuan yang tidak kalah penting dalam dunia voice over. Karena pastinya untuk menjadi seorang voice over talent sangat memerlukan power terhadap pernafasan, agar dapat memberikan kekuatan pada setiap kata yang ingin disampaikan. 

So, Sobat bisa melatihnya dengan tarik nafas dari hidung, kemudian tahan di perut dan keluarkan secara perlahan-lahan. Latihan pernafasan ini sangatlah penting, karena akan berpengaruh pada power Sobat dalam melakukan voice over


5. Emphasizing 

Emphasizing merupakan salah satu jenis kata kerja bantu yang digunakan untuk memberikan tekanan atau kesungguhan pada suatu tindakan kalimat atau peristiwa. Dan dalam dunia voice over, emphasizing digunakan untuk menekankan kalimat-kalimat penting ketika menyampaikan pesan. Contoh kata-kata yang termasuk didalam kata kerja emphasizing seperti kata benar-benar atau sungguh-sungguh. 


6. Emosi 

Emosi merupakan perasaan intens atau reaksi yang dapat ditunjukkan kepada seseorang ketika merasa senang, marah, ataupun takut terhadap seseorang atau sesuatu. Di dalam dunia voice over, emosi sangat berpengaruh terhadap proses penyampaian pesan atau informasi dan juga dapat berguna saat melatih intonasi sehingga ketika penyampaian pesan yang emosional dan  ekspresif, pesan dapat tersampaikan dan terasa kepada setiap pendengar atau audiens. Selain itu idealnya voice over talent harus memahami karakteristik suara agar dapat memasukan perasaan intens atau reaksi yang dapat menunjukkan suatu hal. 

Nah, inilah beberapa kemampuan dasar yang harus Sobat miliki jika ingin menjadi seorang voice over talent. Dan perlu diingat Sobat jadi seorang voice over talent itu kerjanya bukan cuma baca naskah doang, akan tetapi banyak hal yang harus dikuasai agar pesan dapat benar-benar tersampaikan kepada masyarakat atau audiens. Semoga bermanfaat untuk kamu yang sedang meningkatkan kemampuan dalam profesi voice over talent ini.