Kalian tipe introvert atau ekstrovert nih? Kalau saya sih tipe introvert. Menurut saya, introvert dapat diartikan sebagai tipe yang menyukai waktu menyendiri, lebih berfokus pada pikiran, suasana hati serta perasaan yang internal

Penyebab introvert karena berasal dari lingkungan dan keseharian yang sering dilakukan serta bisa juga berasal dari faktor gen. Ciri-ciri introvert yang sering dijumpai ketika bertemu dengan orang baru pasti merasa malu, tidak mau memulai pembicaraan, dan duduknya sering menjauh dari keramaian. 

Jika kebiasaan tersebut terus dilakukan maka tidak akan ada perubahan dan perkembangan. Tetapi, jika sudah menemukan orang yang tepat seperti sahabat dan pasangan kekasih sifat introvert akan hilang dengan sendirinya.

Dalam keseharian yang dilakukan seorang introvert pasti selalu identik dengan kegiatan individu. Selalu menyendiri ketika berada di tempat umum maupun di rumah. Hal ini sering dianggap oleh orang lain kalau orang introvert susah untuk bergaul dengan orang lain. 

Dianggap sulit untuk melakukan kegiatan apapun yang berhubungan dengan banyak orang. Tetapi faktanya introvert juga tetap dapat melakukan kegiatan yang terdapat banyak anggota. 

Namun, hal ini juga tergantung dengan suasana yang ada dalam kegiatan tersebut. Memang juga ada benarnya dari anggapan orang lain tetapi tidak semua orang introvert tidak mampu bergaul dengan orang lain, semua itu juga tergantung pada diri sendiri. 

Tetapi introvert sebenarnya sering menjadi pendengar yang baik dan selalu memberikan motivasi, kritik dan saran kepada lawan bicaranya. Namun, tidak semua orang yang direspon kecuali orang terdekat saja.

Banyak orang introvert yang bekerja di kantor, mereka juga mampu mengerjakan tugasnya dengan baik. Banyak juga yang mengikuti kegiatan organisasi dan kepanitiaan jika orang tersebut mempunyai tanggung jawab atas tugasnya dan pastinya mampu bekerja secara tim. Tergantung dari pribadi masing-masing. 

Jika memiliki tujuan yang ingin dicapai pasti akan melakukan apapun dengan segala cara agar dapat tercapai tujuan tersebut. Nah, pastinya tidak semua dilakukan dengan individu tetapi juga ada yang harus dilakukan dengan kelompok atau kerja sama yang memerlukan banyak anggota. 

Harus bisa menempatkan sifat introvert tersebut di suasana seperti apa agar tidak mengganggu kegiatan yang sedang dilakukan dan tidak membebani orang lain. Dengan ini pasti tidak akan menghalangi semua kegiatan yang membutuhkan banyak orang.

Dari hal tersebut terdapat beberapa dampak positif dan dampak negatif yang kerap dialami seorang introvert, antara lain :

Dampak positif yang dialami introvert :

1) Mampu berpikir secara kritis, sering memikirkan apa yang ada di sekitarnya. Mampu mengerjakan tugas dengan baik dan selalu tepat waktu ketika mengerjakan tugas.

2) Selalu berhati-hari ketika berbicara, ketika akan berbicara selalu berpikir terlebih dahulu apakah pantas dibicarakan atau tidak, jadi dapat menentukan mana pembicaraan yang baik dan yang tidak baik untuk dibahas.

3) Memiliki fokus yang tinggi, selalu fokus pada lingkungan sekitar dan fokus terhadap yang sedang dipikirkan.

Dampak negatif yang dialami introvert :

1) Sering merasa takut ketika di tempat umum, tidak jarang orang introvert yang takut ketika di tempat umum, selalu merasa tidak percaya diri ketika berhadapan dengan orang banyak maupun orang baru.

2) Takut untuk mengeluarkan pendapat, sebenarnya introvert mampu berpikir secara kritis tetapi ketika ditunjuk atau ketika rapat tidak berani mengeluarkan pendapatnya, berani mengeluarkan pendapat ketika terdapat satu atau dua orang saja dan hanya mampu mengeluarkan pendapat melalui tulisan.

3) Sering merasa khawatir, merasa khawatir dan gelisah ketika berada pada keramaian maupun ketika sedang melakukan kesalahan.

4) Selalu pesimis dan tidak percaya diri ketika di depan umum, selalu merasa tidak pantas di hadapan orang banyak dan berpikiran bahwa tidak bisa melakukan kegiatan secara maksimal.

5) Relasi yang sedikit, selalu menyendiri yang mengakibatkan jarang bergaul dan bergabung dengan orang lain jadi tidak banyak memiliki teman.

Terdapat beberapa cara yang harus dilakukan jika ingin mengubah kepribadian introvert :

1) Mencoba untuk selalu berpikiran positif selalu optimis buktikan kalau bila melakukan dengan maksimal.

2) Mencoba berlatih berbicara di depan cermin agar percaya diri ketika berbicara di tempat umum dan dapat menyampaikan pendapat di depan semua orang.

3) Mencoba menjadi diri sendiri harus percaya diri perlihatkan pada orang lain bahwa kamu bisa dan mampu melakukannya.

4) Mencoba keluar dari lingkunganmu dan carilah lingkungan yang baru agar dapat merasakan lingkungan yang berbeda dan dapat beradaptasi dengan orang baru serta dapat merasakan suasana yang baru.

5) Mencoba untuk bergabung dan bergaul dengan orang lain agar mendapatkan teman baru dan banyak. Hal ini dapat menambah relasi agar lebih banyak mengenal orang lain di luar sana dan berguna ketika sudah bekerja tidak akan merasa kesulitan untuk beradaptasi dengan orang lain.

6) Mencoba untuk ramah dan jika bertemu orang lain usahakan untuk menyapa.

Nah, dari sini kita dapat mengetahui introvert itu apa, kesehariannya bagaimana, dampak yang diperoleh apa saja dan juga cara untuk mengubah kebiasaan tersebut agar menjadi lebih baik lagi. 

Bagi yang ingin mengubah sifat introvert semangat pasti kalian bisa dan jika tidak ingin mengubah tetap semangat. Tunjukkan bahwa sifat introvert kalian dapat menjadi kekuatan bagi diri kalian jangan jadikan sebagai ancaman.