Kota-kota yang ada di Indonesia masih banyak yang belum mampu memajukan daerahnya sendiri. Padahal kota-kota tersebut masing-masing memiliki sumber daya alam dan sumber daya manusia yang melimpah. Sumber daya manusia yang seharusnya dapat memanfaatkan dan mengelola sumber daya alam tersebut, tetapi tidak mengerti bagaimana caranya. 

Undang-Undang Dasar 1945 menyatakan bahwa aparatur negara wajib dapat melayani dan memenuhi kebutuhan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan. Pemerintah yang sebagai penyelenggara pemerintahan harus dapat mewujudkan apa yang diharapkan masyarakatnya, seperti pemerintahan yang  transparan, efektif, efisien, dan akuntabel.

Di Indonesia banyak mengalami permasalahan yang kompleks, oknum-oknum pemerintah yang seharusnya menjadi panutan bagi rakyat tetapi malah banyak yang terjerat hukum. Penyelenggaraan pemerintahan saat ini masih sangat jauh dari yang diharapkan masyarakat. Muncullah konsep Good Governance untuk menjalani pelayanan publik yang dapat mewujudkan tata pemerintahan yang baik. 

Dengan konsep ini, sektor pemerintahan, sektor swasta dan sektor masyarakat harus saling bekerja sama dalam mengelola sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada. Pemerintah juga perlu transparansi terhadap aspirasi-aspirasi masyarakatnya dalam membuat keputusan.

Perkembangan konsep ini akan meningkat apabila pemerintah melakukan inovasi.  Inovasi merupakan cara atau  proses yang dilakukan pemerintah untuk adanya perubahan yang dapat dirasakan oleh masyarakat. Perubahan pada proses dalam menyelenggarakan pemerintahan akan dapat memajukan daerah tersebut. 

Pemerintah melakukan inovasi dengan memperhatikan fenomena-fenomena yang terjadi  dalam masyarakat, agar inovasi tersebut sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Penyelenggaraan pemerintahan yang begitu-begitu saja tanpa  adanya inovasi membuat daerah tersebut tidak mengalami kemajuan dan akan tertinggal  dari daerah lain.

Setiap instansi pemerintah dapat melakukan pembaharuan atau perubahan dalam menyelenggarakan pemerintahan untuk mewujudkan Good Governance yang diatur pada Peraturan Pemerintah No. 38 Tahun 2017. Inovasi membutuhkan waktu yang cukup lama, agar menghasilkan perubahan yang maksimal. 

Pemerintah yang menjalani suatu inovasi harus memiliki komunikasi yang baik dengan pemerintah yang baru, agar inovasi dapat terjalani dengan baik. Jika tidak, maka sia-sia saja inovasi yang telah dilakukan akan tidak  berhasil. Dengan Peraturan Pemerintah tersebut, dimaksudkan dapat meningkatkan kinerja pemerintah dan mempercepat  kesejahteraan masyarakat.

Inovasi ini juga didukung dengan adanya Undang-Undang No. 32 Tahun 2014 yang berbunyi : otonomi  daerah merupakan hak, wewenang dan kewajiban daerah otonom untuk  mengurus dan mengatur urusan pemerintahan daerahnya  sendiri demi kepentingan  masyarakatnya dan berpegang teguh pada peraturan perundang-undangan. 

Inovasi juga wujud dari  keberhasilan reformasi birokrasi. Semakin inovatif suatu daerah, maka perekonomian dan kesejahteraan masyarakat semakin maju dengan pesat. Inovasi  ini  bukan hanya  untuk  mengurangi penyelewengan dalam pemerintahan, tetapi inovasi adalah cara untuk menjadikan kepemerintahan lebih efisien  dan efektif.

Pemerintah Kota Palembang melakukan inovasi-inovasi dalam penyelenggaraan pemerintah. Pemerintah membuat inovasi dalam pelayanan publik, seperti Smart Aspiration to Urban City (SMARTUC). Program ini dilakukan oleh dinas komunikasi dan informatika, upaya untuk menjadikan Palembang Kota Pintar. 

Informasi di Kota ini dapat dipantau melalui Command Center Lawang Jabo. Beberapa tempat sudah dipasang CCTV untuk memudahkan pemantauan. Command Center Lawang Jabo ini terdapat aplikasi, seperti E-puskesmas, E-lapor, dan E-kelurahan. Dari masing-masing aplikasi  tersebut memiliki fungsi yang berbeda. 

E-puskesmas dibuat agar dapat membatu masyarakat memantau puskesmas dan dapat mengetahui berbagai informasi yang bersangkutan dengan kesehatan. E-lapor  dapat digunakan oleh masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah kota Palembang. Sedangkan E-kelurahan, aplikasi yang membantu kelurahan memanajemen dokumen pelayanan publik.

Pelayanan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi yang dilakukan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol). Masyarakat dapat membuka website bankesbangpolpalembang.com. Pada website tersebut masyarakat dapat mendaftar secara online untuk mendapatkan perizinan. Pelayanan secara online ini dimaksudnya untuk menghindari terjadinya pungutan liar dan mempercepat pelayanan. 

Pemerintah kota Palembang juga mengharapkan dengan diberlakukannya pelayanan berbasis teknologi informasi dan komunikasi ini dapat mewujudkan program smart city dan mewujudkan visi Palembang.

Sistem Informasi Pegawai Daerah Elektronik (e-SIPD) dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah secara elektronik (e-SAKIP). Dengan e-SIPD pegawai dapat mencatat realisasi pekerjaannya dan pegawai juga dapat mengakses data pribadi hingga mengurus kenaikan pangkat secara otomatis, sedangkan dengan e-SAKIP perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja sampai evaluasi kinerja tersusun pada satu sistem. Sistem ini dibuat untuk dapat membuat kinerja para pegawai menjadi  lebih baik dan disiplin.

Dengan inovasi-inovasi yang dilakukan oleh pemerintah Kota Palembang membuat harapan terjadinya perubahan dalam kehidupan masyarakatnya.  Good Governance dapat tercipta dengan dilakukannya pembenahan pada sumber daya manusia, seperti  kinerja para pegawai dan inovatif sebagai pelaku Good Governance. 

Pemerintah sudah berhasil dalam membuat inovasi untuk sumber daya manusia yaitu dengan membuat sistem e-SIPD dan e-SAKIP yang dapat memantau kinerja para pegawai. Dengan inovasi-inovasi tersebut dapat menjadikan Kota Palembang sebagai kota yang paling berkembang. 

Palembang dinilai sebagai kota yang mampu melakukan inovasi dalam pembangunan, strategi, potensi dan terobosan. Pembangunan yang dimaksud adalah pelayanan terhadap masyarakat yang lebih baik, contohnya mempermudah perizinan. Pemerintah Kota Palembang juga berhasil mewujudkan Good Governance di Palembang melalui inovasi SMARTUC yang mempermudah masyarakat mendapatkan informasi kesehatan, mendapatkan pelayanan yang tidak bertele-tele dan masyarakat juga dapat menyalurkan aspirasinya secara langsung. 

Kerja sama antara pemerintah dengan masyarakat menjadi salah satu cara terwujudnya Good Governance. Dengan inovasi yang dilakukan pemerintah berhasil mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang yang transparan,efisien,efektif dan akuntabel.