Mahasiswa
3 minggu lalu · 89 view · 5 min baca menit baca · Tips & Trick 97346_48192.jpg
Ilustrasi: paulipu.com

Ini Cara Hasilkan Uang Rutin agar Gak Melarat

Banyak kawan kuliah saya yang bingung cara hasilkan uang, padahal sebagian besar dari mereka menggunakan smartphone Android ataupun iOS.

Dari sini, saya menyimpulkan bahwa mereka masih bergantung penuh dari kantong orang tua. Kalau orang tua gak ngirim uang, ya melarat.

Sebagian dari mereka, terutama yang perantau sebelah pulau, selesai kuliah harus bekerja sampingan, menjadi kasir di minimarket ataupun menjadi kuli bangunan.

Pekerjaan kuli bangunan ini cukup digemari oleh kawan-kawan saya ini. Bagaimana tidak? Dari sini mereka bisa menghasilkan uang Rp. 125.000 per harinya. Itupun kalau masuk kerja dari pagi hingga sore. Jika tidak, seandainya ada jam kuliah, dibayar 70.000 rupiah kerena mereka kerja setengah hari.

Pendapatan ini sudah cukup untuk ongkos makan selama beberapa hari. Jadi, setiap kali mereka kekurangan uang, atau sudah kere sama sekali, mereka menjadi kuli bangunan.

Padahal, ada banyak cara menghasilkan uang dari internet hanya menggunakan gadget. Dan ini sudah saya lakoni dalam beberapa tahun terakhir. Dan syukurlah, saya bisa menghasilkan uang yang cukup untuk jajan dan untuk membayar uang kuliah satu semester.

Sedari pengalaman, ada beberapa cara hasilkan uang hanya bermodalkan smartphone. Dan ini cocok untuk para mahasiswa. Sebab, sebagian besar waktu di perguruan tinggi, difokuskan untuk kuliah dan bukan untuk hal yang lain.

Sehingga, tidak perlu lagi minta orang tua untuk bayar ini itu. Penghasilan pun cukup stabil setiap bulannya. Yang penting fokus dan sabar saja.

1. Menjadi blogger

Dengan menggeluti pekerjaan ini, anda harus memiliki kemampuan menulis. Menulis artikel. Saya yakin, sebagian besar dari anda, terlebih mahasiswa, wajib memiliki kemampuan ini.

Mengapa? Sebab diakhir kuliah anda akan membuat skripsi. Tugas akhir ini ditekankan pada kemampuan teknis dalam menulis dan mengolah data.


Kemampuan ini bisa anda perluas sejak dini. Salah satunya adalah dengan menulis artikel-artikel lalu mempostinganya pada blog.

Anda bisa menggunakan blogger, wordpress dan juga platform blogging gratis lain seperti misalnya Squarespace atau Wix.

Berapa penghasilan seorang blogger? Tidak dapat dipastikan nominalnya. Dan penghasilannya naik turun karena dipengaruhi oleh banyak faktor mulai dari page views, biaya per klik dan faktor lain. Tapi kalau sudah bisa gajian setiap bulan, kan lumayan buat nambah-nambah uang saku.

Lalu dari mana penghasilan seorang blogger? Banyak. Mulai dari menjadi mitra penayang AdSense, menjadi influencer, jasa pembuatan blog, dan lain sebagainya.

Jika ditelaah, ada sekitar 16 cara hasilkan uang dari blog. Jika anda terus meningkatkan kemampuan anda, maka blog anda bisa menjadi gudang uang.

Sehingga, anda tidak perlu lagi bingung cara hasilkan uang untuk membiayai uang kos-kosan, biaya hidup, tugas, dan keperluan lain.

Tapi, untuk bisa menghasilkan uang dari blog dibutuhkan proses yang agak panjang dan tidak sedikit. Proses ini bisa memakan waktu 6 bulan sampai satu tahun.

Disini, anda hanya perlu meningkatkan terus kemampuan menulis anda. Belajarlah menulis mulai dari dasar, lalu tingkatkan kemampuan tersebut dan mulailah teknik menulis yang baik dan benar.

2. Menjadi Youtuber

Kalau yang ini, anda harus punya beberapa kemampuan mendasar mulai dari membuat video, mengeditnya, dan mempublikasikannya di platform berbagi video.

Anda mungkin pernah membuka Youtube atau mungkin menjadi salah satu pengguna aktifnya. Tapi, tahukah anda, bahwa anda bisa menghasilkan uang dari Youtube?

Ya, Youtube memungkinkan anda untuk bisa memperoleh penghasilan dari Platform mereka. Mulai dari menjadi penayang iklan Video AdSense hingga menjadi Influencer.


Hari ini, perilaku pengguna internet sudah berubah. Orang-orang lebih suka membuka Youtube ketimbang membuka Blog. Itu berarti, ada jutaan orang yang berlomba-lomba untuk bisa menghasilkan uang dari Youtube.

Syarat untuk bisa menayangkan iklan juga cukup berat, dimana anda harus memiliki 1000 subscriber aktif dan juga video anda sudah ditonton lebih dari 4000 jam.

Tapi, penghasilan di Youtube jangan main-main. Anda mungkin pernah mendengar Atta Halilintar, yang kini menjadi Youtuber dengan jumlah Subscribe terbanyak di ASEAN. Coba lihat penghasilannya? Ratusan juta per bulan.

Atau mungkin Ria Rici,  Youtuber dengan 12 juta lebih subscriber berapa penghasilannya? Social badge menyebutkan Adik Oki Setiana ini meraup pendapatan sekitar 1,2 miliar setiap bulan hanya dari Youtube.

Daripada anda hanya mengharapkan duit dari orang tua, yang dikirim tiap bulan, atau mungkin lebih, coba hasilkan uang dari platform ini. Setidaknya, itu bisa membantu menambah isi kantong anda tiap bulan.

3. Jual foto

Menghasilkan uang dari foto emang bisa? Bisa. Kalau anda hobi fotografi, anda bisa menghasilkan uang dengan menjual foto anda di internet.

Ada banyak situs tempat menjual foto saat ini. Bahkan, satu foto anda bisa dihargai sekitar $100. Lumayanlah untuk tambah duit di kantong. Namun, asalkan foto-foto anda memenuhi kriteria dan anda punya kemampuan fotografi yang mumpuni.

Tiga hal pertama diatas fokus pada upaya untuk menghasilkan uang dari hobi dan bakat yang diperoleh. Jangan sia-siakan itu.

Saat anda menjadi mahasiswa merupakan saat yang tepat anda mengenali diri anda sendiri dan potensi yang anda. Dan ini juga merupakan saat yang tepat dimana anda harus belajar mandiri dan mulai melonggarkan ketergantungan anda pada orang tua.

4. Bisnis Affiliasi

Bisnis affiliasi juga marak digunakan sekarang ini. Bahkan, anda tidak perlu memiliki blog ataupun Chanel Youtube untuk bisa berbisnis affiliasi.


Cukup gunakan akun media sosial anda. Asalkan anda pandai melakukan promosi, maka uang akan mengalir tiap saat.

Misalnya begini, anda menjadi admin grub atau pemilik Halaman Facebook ataupun follower dengan jumlah ribuan, maka anda bisa menghasilkan uang dari sini.

Jangan salah, penghasilan afiliasi juga cukup tinggi. Setidaknya, anda bisa memperoleh penghasilan yang bisa menambah kantong anda sambil menunggu kiriman dari ortu.

5. Menjadi Influencer

Social Badge pernah merilis Influencer dengan penghasilan tertinggi pada awal tahun 2019 kemarin. Di peringkat ke 10 ada nama Raditya Dika, yang bisa memperoleh penghasilan hingga 600 juta dari Influencer. Angka ini hanya perkiraan saja. Bagaimana mengapa anda tidak bisa memperoleh penghasilan dari sini?

Instagram saat ini sudah menjadi platform media sosial yang menjadi sarang para influencer. Penghasilannya juga termasuk Wow.

Coba lihat influencer seperti Gisel yang bisa menghasilkan uang ratusan juta hanya dari promosi produk berupa foto atau video.

Anda juga bisa melakukan hal ini. Bahkan, kalau follower anda masih sedikit alias masih dibawah 5000-an, anda bisa menggunakan platform infulencer seperti Sosiago.

Yang penting, anda bisa menghasilkan uang yang meskipun kecil, tapi bisa membantu anda saat-saat kritis dimasa kuliah.

Penutup

Masa-masa kuliah adalah masa yang penuh perjuangan. Dimasa ini, semua energi anda terkuras habis guna melakukan banyak hal.

Dimasa ini anda harus bisa mandiri, belajar hal-hal baru, bagaimana membangun hubungan, dan juga dimana mulai memikirkan karir anda setelah kuliah nanti.

Tetapi, ada satu hal pentign yang harus anda mulai saat kuliah, harus bisa belajar menghasilkan uang sendiri dan belajar mengolah uang tersebut.

Menghasilkan uang secara rutin tiap bulan dari internet mungkin sulit, tetapi kalau anda serius dan menikmati prosesnya pada akhirnya akan membuahkan hasil.

Sehingga pada akhirnya, anda tidak perlu lagi berharap uang dari orang tua. Anda sudah bisa mandiri dan ini akan menjadi bekal yang berharga di masa mendatang.

Artikel Terkait