Penerimaan diri dengan menerima apa yang kita lakukan dan apa yang kita miliki sangatlah penting. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk merangkul diri kita sendiri saat kita ingin berjalan menuju kata bahagia yang kita yakini dan ingin jalani. Menjadi bahagia dengan melakukan apa yang kita sukai adalah salah satu cara untuk menerima apa yang kita miliki.

Ada banyak hal yang membuat kita dapat menerima atau menghargai sesuatu yang telah Tuhan berikan kepada kita. mensyukuri semua yang kita miliki sekarang adalah kebahagiaan yang seharusnya. Namun terkadang ada banyak hal yang membuat sulit untuk kita menerima diri sendiri dan tanpa sadar kita sudah kehilangan diri sendiri.

Self love adalah mencintai diri kita sendiri dengan cara menerima apapun yang ada di dalam diri kita masing-masing. Self love dengan menerima apapun yang ada dalam diri kita walaupun semua keinginan tak harus dipenuhi.

Banyak orang yang masih sulit untuk menerima diri sendiri, karena biasanya mereka melihat atau membandingkan diri mereka sendiri dengan orang lain. Hal itu akan membuat kita menjadi tidak bersyukur atau merasa kurang dengan apa yang kita miliki.

Istilah self love pastinya sudah tidak asing ditelinga kita, banyak orang yang sudah mengetahui hal tersebut. Tak hanya itu, banyak orang juga yang sudah melakukannya juga. Biasanya self love lebih mengarah kearah yang positif. Karena, yang kita tahu bahwa setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Biasanya orang yang mengerti dan memahami dirinya sendiri jauh lebih bahagia. Karena dia bisa menerima segalanya dan mensyukuri apa yang ada pada dirinya. Memahami diri sendiri bukanlah tugas yang mudah. Masih banyak orang yang merasa kehilangan diri sendiri karena telah terjadi sesuatu di masa lalu seperti masalah kepercayaan.

Trust Issue atau masalah kepercayaan adalah suatu kondisi di mana kepercayaan hilang karena apa yang terjadi di masa lalu. Misalnya, jika kita memiliki keraguan tentang lingkaran sosial terdekat, seperti teman, sahabat, pasangan, saudara, atau bahkan anggota keluarga. Masalah kepercayaan cenderung mengarah ke hal negatif. Karena sangat sulit untuk membangun kepercayaan kepada orang lain.

Ketika seseorang melukai orang lain, orang itu mungkin tidak tahu apakah hal itu melukai orang lain dan orang yang terluka itu mungkin memilih untuk tetap diam. Perilaku ini meninggalkan bekas luka pada yang terluka, yang bahkan dapat menyebabkan masalah kepercayaan. 

Masalah kepercayaan biasanya terjadi ketika kita sedang berharap berlebihan pada sesuatu, namun pada kenyataannya sesuatu yang kita harapkan tidak sesuai. Mengharapkan sesuatu bukanlah suatu kesalahan, namun hal tersebut juga tak bisa dibenarkan. Karena, hal tersebut dapat membuat kita merasa kecewa.

Trust issue biasanya tak hanya muncul karena orang terdekat kita saja seperti, teman, keluarga, dan seseorang yang menurut kita dapat kita percaya. Trust issue dapat muncul karena siapa pun dan kapan pun. Ketika kita merasa kecewa atau menghadapi sebuah masalah, tapi kita tidak tahu jalan keluar untuk masalah tersebut karena kita terlalu terjebak di dalam zona nyaman yang ternyata hal tersebut tidak membuat kita Bahagia.

Zona nyaman adalah sebuah keadaan di mana seseorang merasa terbiasa dan nyaman terhadap lingkungannya. Banyak orang dikatakan terjebak di zona nyaman ini karena merasa situasi dan lingkungan nyaman. Terkadang kita tidak ingin keluar dari zona nyaman karena takut akan dampak dari masalah kepercayaan yang terus mengganggu kita dan menghalangi kita untuk maju. Situasi di mana kita selalu terjebak di zona nyaman dan enggan mencoba hal baru.

Memahami apa yang kita inginkan, sebenarnya bukan perkara hal yang sulit. Kita harus mampu memahami apa yang sebenarnya kita inginkan, terkadang ketika kita menginginkan sesuatu kita terlalu berfokus pada dampak masalah tersebut padahal kita belum mencoba hal tersebut. Hal itu akan membuat kita ragu.

Memang kita tidak boleh melakukan semua keinginan yang kita lakukan, namun alangkah baiknya kita mencoba dasar hal tersebut. Ketika kita sudah mencoba pasti hal tersebut akan memberikan sebuah pelajaran apakah hal tersebut benar atau tidaknya.

Ada beberapa tips atau solusi yang seharusnya kita lakukan untuk lebih dapat memaafkan diri kita sendiri, karena apa yang telah terjadi dan kita lalui, kita sebenarnya telah melalui semuanya sendirian, tanpa bantuan dan dorongan dari orang lain. Sebenarnya, kita hanya perlu meminta bantuan dan dorongan dari diri sendiri, agar lebih kuat untuk menghadapi semua hal.

Pertama, Cintai diri sendiri lebih dulu. Ingat sebelum kita mencintai atau memprioritaskan orang lain kita harus paham bahwa memprioritaskan atau mencintai diri sendiri lebih dulu jauh lebih penting. Karena, kebahagiaan dan kesedihan diri sendiri adalah tanggung jawab yang harus kita lakukan.

Kedua, Jadilah dirimu sendiri untuk diri sendiri. Jangan naikan standarisasi yang kita miliki demi orang lain. Kita tidak boleh terlalu keras kepada dirimu sendiri karena orang lain. Kamu hidup untuk dirimu sendiri, bukan untuk orang lain.

Ketiga, Jangan memaksakan suatu kehendak. Kita tidak boleh terlalu terpaku atau memaksa suatu hal yang nyatanya hal tersebut tidak bisa menjadi milik kita. Kita harus mampu mengendalikan diri kita sendiri bahwa ada kalanya tidak semua hal mampu kita raih.

Keempat, Tetaplah menjadi maaf dan tidak boleh dendam. Kita sebagai manusia harus mampu memaafkan satu sama lain. Kita tidak boleh menyimpan dendam kepada orang lain. Karena, pembalasan terbaik untuk orang yang telah menyakiti kita adalah memaafkan.

Kelima, Perbanyak bersikap bodo amat. Bersikap bodo amat bukanlah suatu hal yang salah, terkadang kita harus bersikap bodo amat untuk orang lain. Karena, kita tidak boleh ikut campur atau mengurusi hal yang bukan menjadi ranah kita

Jadi, untuk sekarang hal yang perlu kita lakukan adalah mencoba berdamai dengan diri kita sendiri. Kita harus mampu memahami apa yang sebenarnya kita inginkan, kita harus mampu mengutamakan diri kita sendiri dibandingkan orang lain, dan kita harus mampu memaafkan semua hal yang pernah terjadi dimasa lalu walaupun hal tersebut pernah menyakiti kita.