Soft Power umumnya dikenal sebagai kemampuan suatu negara untuk membuat aset yang dimiliknya menjadi daya tarik bagi negara tersebut. Aset yang dimiliki setiap negara memiliki ciri khas tertentu sebagai jati diri dan menjadi “centre” dalam melihat negara tersebut. 

Salah satu bentuk soft power yang berkembang dalam era masa kini adalah industri hiburan. Negara Thailand yang mendapat julukan sebagai “The Land Of Smiles” menggunakan media ini sebagai bentuk daya tariknya.

Salah satu bagian dari industri hiburan Thailand yang sedang dikembangkan adalah industri perfilman yang berawal dari genre film horor dan komedi. Kedua genre tersebut menjadi pembuka dalam sejarah perfilman Thailand sebelum dikenal publik lebih luas. Alur cerita yang unik dan komedi yang mengundang tawa membuat film Thailand cepat digemari.

Berawal dari populernya fim horor Shutter (2004) yang pertama kali mendapat perhatian dunia hingga menebus nominasi dalam kategori film terbaik di Festival Film Internasional Bangkok dan dibuat ulang versi Hollywood dan Bollywood

Lalu ada film komedi romansa selanjutnya yaitu Crazy Little Thing Called Love (2010) yang mampu memenangkan kategori Film Of The Year dalam Thailand Film Festival Awards 2011. Serta film Pee Mak (2013) yang mampu merajai Top Box Office Movie dengan penjualan sekitar 16 juta tiket di seluruh dunia.

Melihat kepopuleran filmnya pada masa itu, Thailand berusaha memperbarui genre film agar tidak terpaku pada horor dan komedi. Percobaan genre baru tersebut terbilang sukses dengan film Bad Genius (2017) yang mampu menghasilkan pendapatan sekitar $30 million membuat film ini termasuk dalam film Thailand terlaris sepanjang masa. Tak berhenti di situ, kesuksesan dilanjutkan oleh The Medium (2021) dengan diperolehnya Best Cinematography dalam Mollins Horror Film Festival 2021.

Dengan kemajuan teknologi yang pesat ini, mengantarkan industri hiburan terutama pada industri perfilman yang memiliki konsep nilai jual yang bagus untuk dikembangkan ke arah yang lebih baik. Akses untuk menonton film sangat dipermudah dengan adanya layanan streaming online berbayar yang sedang marak digunakan. Dengan begitu, Negara Thailand menggunakan kesempatan ini untuk semakin memperluas industri perfilmannya.

Oleh karena itu, Thailand semakin memperkuat industrinya dengan konsep series di mana terdapat beberapa episode dalam satu judul. Contoh salah satu series yang sedang populer secara global akhir-akhir ini adalah KinnPorsche The Series yang mampu merajai top worlwide topics dalam sosial media serta memiliki 1 juta cuitan dalam twitter di 30 negara tiap minggunya selama 3 bulan berturut-turut pada pertengahan tahun 2022.

Contoh lain adalah GMMTV yang merupakan rumah produksi dan agensi yang menaungi para aktornya menggunakan kanal youtube nya sebagai wadah untuk menyalurkan beberapa karya berupa series yang mereka produksi agar para penggemar mampu menonton dengan mudah. Karena kemudahannya itu, series nya pun mendapat jumlah penayangan yang fantastis. Agensi lain pun berlomba-lomba membuat kanal youtube juga. 

Karena kepopulerannya secara global, membuat para turis mancanegara tertarik untuk mengikuti apa yang selama ini mereka lihat. Mereka berbondong-bondong untuk memilih Thailand sebagai destinasi wisata mereka. Kebanyakan dari mereka juga ingin merasakan suasana seperti yang tergambar dalam film maupun series.

Contohnya adalah mereka ingin pergi ke GMM Building di mana tempat tersebut mereka mampu melihat aktor maupun aktris favorit mereka secara langsung pada event-event tertentu. Mereka juga akan membeli merchandise impian mereka sebagai buah tangan.

Makanan pun tak luput dari pandangan para turis. Street food yang tergambar pada tontonan yang mereka lihat dapat dirasakan secara nyata. Hal ini mampu membuat makanan lokal Thailand dapat dikenal di seluruh dunia. Tradisi songkran juga tak ingin dilewatkan oleh mereka. Tradisi yang dirayakan tiap tanggal 13-15 April hingga seminggu tiap tahun sekali ini menjadi ciri khas dari negara Thailand.

Kebiasaan seperti “Wai” atau memberi salam sapaan dalam Thailand juga mulai dikenal secara global bahwa sapaan itu adalah kebiasaan dari orang Thailand jika ingin menyapa. Kuil-kuil yang indah juga menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi karena kuil tersebut sebagai tanda masyarakat Thailand yang mayoritas penganut agama Buddha.

Secara garis besar, soft power dalam suatu negara penting untuk dikembangkan. Dalam arti jika sebuah negara berhasil membuat aset yang dimilikinya berkembang bahkan memajukan maka akan memiliki jati diri yang tertanam dalam negara tersebut. Hal itu juga dapat memajukan aspek yang lain seperti makanan, tradisi, tempat wisata, perekonomian, dan lain-lain.

Masyarakat mampu mengenal lebih dalam apa yang menarik dari suatu negara tersebut. Thailand berhasil membuat industri perfilmannya sukses dan membuat negara tersebut dikenal sebagai negara pembuat film yang bagus. Citra mereka dibangun dengan baik dan dipandang sebagai hal yang menakjubkan oleh negara lain dalam segala aspek.